LG Optimus 4X HD, Quad-core Ketiga yang Nyaris Tak Terdengar

Jika menyinggung smartphone dengan prosesor quad-core yang tahun ini mulai menjadi trend, pasti langsung tertuju pada HTC One X dan Samsung Galaxy S III… Dan inilah Droid quad-core ketiga yang nyaris tak terdengar, LG Optimus 4X HD!

LG Optimus LTE2

Seperti Galaxy S III yang memiliki varian khusus Jepang dan Amerika dengan jatah RAM 2 GB dan bisa berjalan di jaringan 4G LTE,  LG sendiri juga menyiapkan varian Optimus 4X HD lainnya yang mengadopsi teknologi koneksi data 4G LTE khusus untuk negara tertentu, yaitu LG Optimus LTE2. Namun bedanya dengan Samsung yang lebih banyak variannya (ada GSM dan juga CGMA atau bahkan medukung keduanya), Optimus LTE2 ini hanya berkerja di jaringan CDMA saja.

Bedanya dengan Optimus 4X HD selain jaringan dimana dia bisa bekerja adalah chipsetnya. Optimus LTE2 menggunakan Qualcomm MSM8960 dengan prosesor dari keluarga Krait atau jamak disebut Snapdragon S4 yang diklaim lebih hemat daya baterai sekitar 40% dibandingkan varian Tegra 3. Kamu mendapatkan CPU dual-core yang masing – masing berjalan di clock speed 1.5, serta mendapat dukungan olah grafis dari GPU Adreno 225. Penggunaan chipset yang berbeda berujung pada bertambahnya dimensi smartphone ini dibandingkan versi GSM, yaitu menjadi 134.7 x 69.5 x 8.9mm, dengan berat 145g.

Oh ya, Optimus LTE2 sudah dirilis di Korea sejak akhir Mei 2012 lalu, sedangkan versi globalnya belum dipastikan. Ah, seandainya ada versi GSM dari Optimus LTE2 ini ya, RAM 2 GB sangat menggiurkan… hehe! Satu hal lagi, awal Mei 2012 lalu LG Electronics sudah mengkonfirmasikan aktor dan model Korea Jung Il Woo sebagai model untuk mempromosikan Droid mereka tersebut.

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.