Layanan Cloud Storage Box Membuka Akses OneCloud untuk Android

Tidak bisa dipungkiri jika kita bicara layanan cloud storage, pasti identik Dropbox. Apalagi beberapa terobosan mereka, bekerjasama dengan HTC dan juga Samsung menawarkan jatah space gratis hingga 25 dan 50 GB. Namun ada juga layanan cloud storage lainnya yang promonya sama, yaitu Box. Layanan file sharing dan cloud storage ini memang sebelumnya lebih identik untuk pengguna perusahaan.

Namun sejak mereka menggalakkan promo hadiah di awan mulai akhir tahun lalu, dengan memberikan jatah 50 GB gratis untuk banyak brand smartphone dan tablet, nama Box mulai dikenal, dan banyak membantu terutama gadget yang memang tidak memiliki slot micro SD (bisa di cek di sini daftarnya) untuk mendapatkan jatah storage tambahan di awan saat meng-install aplikasi Box. Termasuk di sana juga para pengguna Sony Ericsson Xperia, yang mungkin kurang aware jika Droid mereka memiliki bonus 50 GB di awan.

Dan kini Box berusaha melebarkan sayapnya dengan membuka akses baru bagi Android melalui salah satu layanan yang mereka kenalkan akhir Maret 2012 lalu, yaitu OneCloud, yang menyasar pengguna perusahaan dalam menjaga semua file mereka tetap tersinkronisasi bahkan ketika menggunakan aplikasi pihak ketiga. OneCloud menjembatani aplikasi pihak ketiga sebuah framework untuk sinkronisasi dengan akun Box di dalam aplikasi tersebut. Sebenarnya prinsip kerja OneCloud sama seperti yang diterapkan oleh Dropbox. Dimana kamu bisa membuat file melalui perangkat mobile, meng-upload file, men-sharenya secara umum, atau hanya orang tertentu pengguna akun Box, sehingga meskipun ketika salah satu dari mereka yang bisa mengakses file tersebut melakukan editing di desktop khususnya, kamu masih bisa mengakses copy-nya melalui Box.

Awalnya solusi OneCloud tersebut dibuka untuk iOS, namun hari ini mereka membuka aksesnya untuk Android — dan menyusul kemudian Windows Phone. Box sendiri sudah menggandeng 30 partner pengembang aplikasi yang mau terinterasi dengan OneCloud, termasuk QuickOffice, PDF Expert, Nuance’s PaperPort Notes, hingga Adobe EchoSign. Setelah kamu mengaktifkan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga tersebut, maka semua data pada aplikasi itu bakal ter-backup di server Box. Kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang bisa diintegrasikan dengan Box dengan membuka aplikasi Box melalui smartphone atau tablet iOS dan Android-mu, lalu sentuh logo awan di menu atas.

Sekilas mirip dengan iCloud-nya Apple, namun iCloud lebih terfokus pada pengguna umum daripada perusahaan atau bisnis. Kemudian merilis OneCloud untuk Android ini juga menjadi langkah baik, karena memang 50% dari 11 juta pengguna layanan Box mengakses akun mereka melalui smartphone dan tablet Android. Bersamaan dengan konfirmasi dibukanya akses ke Android, Box juga menyebutkan kini mereka sudah memiliki 50 partner yang siap terintegrasi dengan Box, termasuk diantaranya Folder Sync, OliveOffice, ES File Explorer hingga Dolphin Browser.

Box OneCloud

httpv://youtu.be/WesB742Bbc4

Download Box untuk Android, dan Box untuk iOS.

Sumber: Box


SHARE
Previous articleUpdate Baru Firefox Beta for Android, Mozilla Mengejar Ketertinggalan!
Next articleTonton Keempat Ending Mass Effect 3 Extended Cut di Sini!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.