Konvensi Pop Culture Terbesar Tahun Ini, POPCON ASIA 2012!

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, POPCON ASIA 2012 ini menghadirkan beragam acara dan mempertemukan beragam pop culture yang sedang digemari di masyarakat kita. Mulai dari komik, game, anime, movie, mainan, dan lain sebagianya, semua dihadirkan di sini. Yang menjadi nilai utama POPCON ASIA 2012 adalah kesempatan untuk bertemu dengan para artis komik baik lokal maupun internasional, sungguh kesempatan langka bertemu dengan mereka semua! Pastinya tiap hari di POPCON ASIA 2012 menghadirkan beragam acara yang berbeda dan menarik.

Di hari kedua (Kamis, 28 Juni 2012), pengunjung bisa melihat lukisan Panda dalam ukuran besar yang ditampilkan di booth Wanara Studio. Lukisan ini diselesaikan oleh Sweta Kartika dalam waktu sekitar sebulan. Pengunjung yang berfoto dengan lukisan tersebut mendapatkan stiker logo Popcon versi Wanara Studio, yang langsung diberikan oleh Sweta. Pengunjung juga bisa mampir ke booth Toko Maya untuk membeli kaos Popcon yang tersedia dalam tiga model, hitung-hitung untuk mengenang serunya POPCON ASIA 2012.

Ada juga perilisan dan book signing ”How to Make Comics”. Hikmat Darmawan selaku penulis buku tersebut (yang diterbitkan Plot Point) meluruskan pendapat bahwa membuat komik tidak hanya menjadi hak mereka yang memiliki kemampuan menggambar jago. Menurutnya, yang terpenting dari komik adalah storytelling. Buku ini mengupas cara membuat komik memanfaatkan teknik para ahli pembuat komik seperti Tezuka Osamu, Jack Kirby, dan lainnya. Perilisan ini dilanjutkan dengan book signing. Terlihat pengunjung bahkan beberapa komikus yang sudah terkenal di level internasional ikut antri untuk meminta tanda tangan Hikmat Darmawan di buku terbarunya ini.

Hikmat Darmawan selaku penulis “How to Make Comics”
Pemberian tanda tangan di buku “How to Make Comics”

Kemudian acara selanjutnya adalah talkshow dan booksigning komik The Raid. Pastinya banyak di antara kamu yang sudah menonton filmnya bukan? Di talkshow ini, tim film dan komik The Raid hadir dan menceritakan beberapa fakta menarik mengenai The Raid.

1. Yayan ‘Mad Dog’ Ruhian menjelaskan sengaja membuat koreografi The Raid terasa indah sehingga penonton seakan lupa mana karakter protagonis dan antagonis.
2. Komik The Raid mencapai cetak ulang ketiga dengan angka penjualan hampir dua puluh ribu eksemplar, wow prestasi luar biasa bukan?
3. Pre-produksi Berandal (yang menjadi sekuel The Raid) dimulai setelah lebaran tahun ini dengan target rilis tahun 2014.
4. Akan ada adegan kejar-kejaran mobil di Berandal.
5.Jive Movies akan merilis DVD The Raid dan re-package DVD Merantau dengan bonus menarik bulan Agustus 2012 mendatang.

Hari ketiga (Jum’at, 29 Juni 2012) juga tidak kalah seru. Mungkin yang menjadi daya tarik hari ini adalah artist alley, tempat para artis ternama berkumpul di POPCON ini.

Sheila Rooswitha atau Lala (Cerita si Lala, Duo Hippo Dinamis : Tersesat di Byzanthium) sedang membuat gambar request pengunjung. Selain komik ada juga pernak-pernik lucu di booth mbak Lala.

Kendrick ‘Kunkka’ Lim mengunjungi booth Admira Widjaya, komikus asal Chekydot Studio yang pernah mengerjakan komik Justice League Dark (DC Comics).

Hari Jum’at dan Sabtu ini juga menjadi ajang langka bagi pengunjung yang ingin meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi maupun komik. Karena ada workshop dari para profesional di bidangnya (baik individu maupun studio) yang dibagi selama dua hari.

1
2

SHARE
Previous articleOuya Datang Bersama Android, Konsol Game Baru Seharga $99!
Next articleAVA Online Road Show Tournament
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.