Samsung Merilis GT-B5330 Galaxy Chat, Galaxy ber-Ice Cream Sandwich Termurah?

Awal Juli 2012 lalu sempat beredar gambar yang memperlihatkan Android baru dari Samsung Electronics. Saat itu disebutkan memiliki kode “B5330” dan berciri fisik memiliki keyboard QWERTY, langsung menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich, selain tentu saja layar sentuh. Dan kemarin Samsung sendiri mengkonfirmasikan kebenaran Galaxy baru tersebut, yang ternyata disebut sebagai Samsung GT-B5330 Galaxy Chat!

Galaxy Chat menjadi smartphone entry level, alias dikhususkan untuk pasar menengah bawah terbaru dari Samsung. Menjadi Android terjangkau, Galaxy Chat tidak memalukan karena langsung datang dengan Ice Cream Sandwich dan juga menjalankan antar muka TouchWiz UX. Samsung sendiri mendesain smartphone ini untuk pengguna sosial aktif, dan dengan keyboard QWERTY terintegrasi bakal memudahkan penggunanya untuk berhubungan dengan orang lain di sekitarnya.

Smartphone yang bakal segera dijual di Spanyol, dan kemudian menyusul selama Juli 2012 ini di Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Asia Tenggara ini memiliki dimensi yang kompak, dengan ukuran hanya 118.9 x 59.3 x 117mm dan berat 112g. Layar sentuh kapasitifnya berukuran 3 inchi serta beresolusi QVGA alias 240×320 pixel dengan tingkat pixel tiap inchinya 133 PPI. Keyboard-nya sendiri diatur 4 baris, dan di sana kamu mendapati beberapa shortcut untuk akses langsung ke layanan sosial dan chatting, seperti aplikasi chatting dari Samsung, yaitu ChatON — semacam What’s App, dan juga shortcut akses email.

Tidak hanya Galaxy S III saja yang mendapatkan efek alam melalui wallpaper dan ringtone-nya, karena sedikit nuansa antar muka flagship tersebut juga dimasukkan Samsung ke dalam Galaxy Chat ini. Antar mukanya pun sedikit dihiasi dengan efek 3D pada ikon – ikonnya, serta kolom aplikasi favorit yang bebas dikustomisasi, dan juga widget yang bisa di-ubah – ubah ukurannya menjadi beberapa kelebihan TouchWiz.

Satu yang menarik dan juga dimiliki TouchWiz dalam Galaxy S III, kamu bisa menjalankan aplikasi kamera, atau melihat isi panel notifikasimu langsung dari layar lock screen. Beberapa aplikasi Galaxy Note dan Galaxy S III seperti aplikasi editing dokumen Quick Office dan juga S Planner juga kamu dapati di sini (menggantikan Calendar standar Android), membuat Droid yang harganya bakal dipatok sangat kompetitif ini (kami perkirakan di bawah 2 juta), terasa berkelas seperti para seniornya.

Spesifikasi lain yang kamu dapatkan dari smartphone ini seperti prosesor dengan kecepatan 850 MHz (belum tahu dari chipset apa), kamera utama 2 megapixel (minus kamera sekunder di depan), memory internal 4 GB yang bisa diperbesar melalui microSD, sensor accelerometer/proximity/compass, USB 2.0, GPS dengan dukungan satelit GLONASS, radio FM, Wi-Fi b/g/n, Bluetooth 3.0 dan baterai berkapasitas 1200 mAh. Detail lainnya bisa kamu periksa di bawah:

Samsung GALAXY Chat Product Specifications

Network 

HSDPA 7.2/ HSUPA 5.76 Mbps 900/2100

EDGE/GPRS 850/ 900/1800/1900

 

Display

3.0” QVGA (240×320) TFT-LCD 

OS

Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Processor

850MHz Application Processor

Camera

Main(Rear): 2 Mega pixel camera

Video

 

 

 

Codec: MPEG4/H263/H264

Format: 3gp(mp4), MKV

Playback: WVGA@30fps, Recording: VGA@25fps

 

Audio

 

Codec: MP3/AAC/AAC+/eAAC+/OGG/AMR-NB/AMR-WB/WAV/MID

Music player with SoundAlive

FM Radio with RDS

3.5mm Ear Jack & Speaker

 

Additional

Features

 

Samsung Apps

Samsung ChatON mobile communication service

Samsung Touchwiz UX

Swype

Quick Office

Document Viewer 

 

A-GPSGlonass

 

Google™ Mobile Services

 

Google Search, Google Maps, Gmail, Google Latitude

Google Play Store, Google Play Books, Google Play Movies

Google Plus, YouTube, Google Talk

Google Places, Google Navigation, Google Downloads

 

Connectivity

 

WiFi 802.11 (b/g/n) 

USB 2.0

Bluetooth technology v 3.0

 

Sensor

Accelerometer, Digital Compass, Proximity

Memory

4GB Memory, external microSD slot (up to 32GB)

Dimension

59.3 x 118.9 x 11.7 mm, 112g

Battery

1,200 mAh

Talk time : 2G/ 880 minutes, 3G/ 300 minutes

Standby time : 2G/ 520 hours, 3G/ 380 hours

Sumber: Samsung Mobile Press


SHARE
Previous articleEra Dual Core Belum Berakhir, Qualcomm Snapdragon S4 Pun Juga Diproduksi Samsung
Next article3Kingdoms : “Final GNT 2012 dan Gathering Jakarta”
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.