Liputan GX PES RTE: Master Eropa dari Bandung!

Baru aja EURO 2012 berlalu dengan begitu banyaknya prestasi dan sejarah baru tercipta di ajang sepakbola benua biru tersebut. Spanyol berhasil menjadi juara dan menjadi negara pertama yang menjuarai ajang EURO sebanyak dua kali secara berturut-turut, edisi 2008 & 2012.

Di Indonesia sendiri ada sejarah baru muncul dari ajang Turnamen PES 2012 Playstation 3. Sebuah sejarah dari gelaran turnamen yang diadakan oleh Gamer Xtreme bekerjasama dengan MaenBola Rankings, Turnamen PES 2012 pertama yang menggunakan format “Series” yang terdiri dari 5 Series dan diadakan secara bergiliran di Kota Bandung dan Jakarta. Selain itu, turnamen ini juga menggunakan rankings layaknya ajang turnamen bola yang diselenggarakan oleh badan sepakbola FIFA :-) Wow!

Turnamen diadakan mulai Bulan Mei dan berakhir tepat pada Final Euro kemarin pada Hari Minggu, 1 Juli 2012. Dari 5 Series yang diselenggarakan dicari 16 Peserta Pemenang “Golden Ticket” untuk bermain Putaran Final pada tanggal 1 Juli. Masing2 Series memperebutkan total hadiah 2 juta Rupiah dan 3 Golden Tiket, 4 Golden Tiket di Series terakhir dan total 10 juta Rupiah di Putaran Final.

Meski turnamen diadakan hanya di Kota Bandung & Jakarta, tapi antusias gamer yang mengikuti ajang ini sangat luar biasa, terbukti dari peserta Series pertama yang diadakan di Kota Bandung ada yang berasal dari Jakarta bahkan dari Makasar; dan luar biasanya peserta dari Makasar ini langsung meyabet 2 Final Golden Ticket dan hanya menyisakan 1 Golden Tiket untuk peserta dari Bandung. Hasil Series pertama dimenangkan oleh: Kifly KOTAK Makasar, Hamka KOTAK Makasar, dan Kid ALIAS Bandung.

Golden Tiket Winner Series 1- Kifly, Hamka, Kid

Series kedua diadakan di GX Cideng, Jakarta Pusat; Series 3 di GX Sudirman, Bandung; Series 4 di GX Mediterania, Jakarta Barat; Series 5 & Putaran Final di GX PVJ, Bandung dengan hasi pemenang Golden Ticket sebagai berikut:

Series 2: Dendy HUNTER Bandung, Trico PIRATES Jakarta, dan Ricky HUNTER Bandung

Golden Tiket Winner Series 2- Trico, Dendy, Ricky

Series 3: Rifky HUNTER Bandung, Papi KOTAK Jakarta, dan Egi GLADIATOR Karawang

Golden Tiket Winner Series 3- Papi, Egi, Rifky

Series 4: Robin PHOENIX Jakarta, Aan ALIAS Jakarta, dan Amritzal ALIAS Bandung

Golden Tiket Winner Series 4- Aan, Robin, Amritzal

Series 5: Abdi DUGENG Makasar, Kiki FM Bandung, Jedi PIRATES Bandung, dan Zema DUGENG Makasar

Golden Tiket Winner Series 5- Abdi, Jedi, Zema, Kiki

Memasuki putaran final 1 Juli, salah satu pemenang Golden Tiket: Aan ALIAS dari Jakarta mengundurkan diri dikarenakan ada kepentingan mendadak, sehingga Aan digantikan oleh peserta lain berdasarkan hasil Series 4 (karena Aan adalah pemenang Golden Tiket di Series 4) dan rankings peserta; yang akhirnya Golden Tiket Aan diserahkan kepada Edwin dari Jakarta.

Di putaran final, keenam belas peserta tadi terbagi menjadi 4 POT berdasarkan rankings mereka per tanggal 1 Juli, dengan pembagian POT sebagai berikut:

FINAL POT

Ranking 4 besar masuk dalam POT 1 (Peserta Unggulan), Rank 5-8 masuk POT 2 (Unggulan kedua), dan seterusnya; hal ini dilakukan layaknya undian yang dilakukan FIFA jelang EURO kemarin dan masing2 POT akan diundi menjadi 4 GRUP (A-D)

Pembagian Grup

Selama penyisihan grup peserta unggulan pertama (POT 1) berhasil mendominasi partai-partai Grup, terbukti dari 4 peserta dari POT 1 semuanya berhasil menjadi Juara di Grupnya masing-masing. Berbeda dengan peserta dari POT 2 & POT 3 dimana selama penyisihan grup justru terjadi persaingan yang sangat ketat untuk memperebutkan posisi runner-up Grup, dan berikut adalah hasil akhir dari penyisihan GRUP A-D

Hasil akhir GRUP

Juara dan Runner-up GRUP berhak lolos ke Babak 8 BESAR yang akan memainkan sistem Knock-Out. Waktu normal 10 menit, jika kedudukan seri dilanjutkan dengan “Extra Time”; dan jika hasil masih seri partai harus ditentukan lewat adu penalti. Jika pada penyisihan GRUP pertandingan dimainkan dengan menggunakan 4 unit PS3 sekaligus, pada Babak 8 BESAR hanya menggunakan 1 unit PS3 dengan 2 unit LCV-TV. Jadi, masing-masing peserta akan bermain di depan layar LCD masing-masing, sedangkan penonton dan pendukung dapat menyaksikan partai 8 BESAR hingga FINAL di layar projector yang sudah tersedia, Wuah seru ya! ^^

Jika di babak penyisihan Grup, peserta POT 1 berhasil mendominasi, justru di babak 8 besar ini hanya 1 peserta dari POT 1 yang berhasil lolos ke babak Semi Final, sisanya harus mengakui keunggulan peserta lain yang justru secara rankings mereka sedikit tidak diunggulkan (alias Kuda Hitam kali ya).

Di Babak Semi Final mempertemukan 2 partai berbeda, 1 partai mempertemukan peserta dari Makasar, Zema melawan Egi dari Karawang, sedangkan di partai yang lain Tim Hunter dari Bandung harus saling bertemu di partai Semi Final. Tim Hunter memutuskan untuk tidak memainkan partai semi final dan meloloskan Dendy secara otomatis ke Babak Final, sehingga menyisakan hanya 1 partai semi final antara Zema vs Egi.

Zema yang dikenal oleh teman-teman komunitas sebagai peserta yang memiliki ketekunan “mengulik” game PES, di partai Semi Final Zema benar2 berhasil mendominasi, aksi-aksinya di Semi Final berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan Zema. Di Partai Final terjadi duel dua Kota antara Bandung vs Makasar antara Dendy yang menduduki rank #3 MRankings melawan Zema yang menduduki rank #20 MRankings. Sebelum memasuki partai final, pemain yang kalah di semi final memainkan partai juara ketiga antara Egi dari Karawang melawan Rifky dari Bandung. Egi yang memiliki ranking di bawah Rifky akhirnya berhasil memenangkan partai berhak atas Juara 3 dengan skor akhir 3-0

Dendy di Final
Zema di Final

Ketekunan Zema melawan Kesabaran Dendy dalam bermain ditampilkan dalam sebuah partai final yang benar-benar seru, hingga waktu normal kedudukan masih 1-1 sehingga partai harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Di masa perpanjangan waktu masing2 pemain dapat mencetak 1 gol, sehingga kedudukan masih seimbang 2-2 dan juara turnamen kali ini harus ditentukan lewat adu penalti. Dalam adu penalti keberuntungan justru ada di pihak Dendy yang berhasil memblok tembakan-tembakan Zema sehingga partai final pun dimenangkan oleh Dendy dari Bandung.

Juara 1 - Dendy HUNTER Bandung
Juara 2 - Zema DUGENG Makasar
Juara 3 - Egi GLADIATOR Karawang
Juara 4 - Rifky HUNTER Bandung

Selamat buat para Juara!

Sukses dan maju terus Football Gamer Community Indonesia!

Semoga bisa berkiprah di level Internasional yah ^^


SHARE
Previous articleMemorable Moments: Final Fantasy VII
Next articleDua Karakter Baru untuk Playstation All-Stars: Battle Royale!
Situs tempat kamu berkumpul, berbagi, dan juga bersaing dalam satu komunitas bersama PES 2013