Kontron KTT30/mITX, Motherboard Mini Berbasis nVidia Tegra 3

Jika desktop yang mencoba dibuat mobile… sudah biasa, satu ini malah beda, arsitektur ARM yang jamak digunakan untuk mobile malah sengaja dirancang untuk desktop. Kita mendapatkannya melalui Kontron, yang bakal segera merilis motherboard Mini-ITX (motherboard berukuran kecil, sekitar 17×17 cm, serta kecil sekali kebutuhan dayanya) pertama yang ditenagai chipset nVidia Tegra 3, nama yang pasti familiar bagi mereka pengguna smartphone atau tablet. Bentuknya yang kompak, namun tetap mampu mengakomodir banyak interface I/O, serta tidak rakus daya listrik (konsumsi totalnya di bawah 7W!). Disebut Kontron KTT30/mITX bakal menjadi awal baru di dunia komputer desktop, dan pasti menarik perhatian mereka para modding desktop mini untuk mulai menyiapkan rumah yang nyaman bagi Windows 8 yang memang mendukung arsitektur ARM. Hmmm… apakah ini menjadi pertanda berakhirnya dominasi Intel Atom?

Namun jika kamu berpikir solusi termurah merasakan nVidia Tegra 3 melalui Nexus 7 misalnya, sepertinya bisa beralih ke Kontron ini karena opsi kustomisasinya lebih lengkap. KTT30/mITX begitu mudah diperbesar kapasitas RAM-nya, dan juga disediakan tiga slot mini PCI Express untuk ekspansi lain seperti micro SATA drive atau modem 3G. Port external-nya juga cukup mudah kita temukan perpaduannya seperti ketika merakit sebuah desktop x86 — misalnya full-size HDMI, USB dan bahkan Ethernet bisa saja kamu wujudkan melalui board mini ini. Satu – satunya drawback hanya clock speed yang oleh produsen di-set ke 900MHz saja, serta belum jelas kapan rilisnya — sejauh ini baru “coming soon”. Untuk harga, seharusnya jauh lebih rendah dari $199, yang menjadi harga termurah Nexus 7.  Berikut daftar detail fitur lain mini-board ini:

✓ ARM Cortex-A9 Quad Core 900MHz Processor
✓ Up to 2 GB DDR3L memory down
✓ Ultra low power NVIDIA GeForce GPU with enhanced 3D capabilities
✓ 1080p H264 MPEG-4 encoding/decoding Video Processor
✓ HDMI 1.4a (up to 1920×1080 pixel)
✓ 24 bit LVDS (up to 2048×1536 pixel @ 18bpp)
✓ support for 3 independent displays
✓ 3 x port USB 2.0 (2x Type A and 1x Micro)
✓ 2 x SD card slots
✓ 1 x HDMI
✓ Bootable eMMC
✓ 1 x mPCIe
✓ 1 x mPCIe/mSATA
✓ 1 x mPCIe for 3G (oboard SIM socket)
✓ 2 x RS232
✓ 1 x 10/100/1000 Ethernet Controller
✓ S/PDIF audio

Sumber: Kontron


SHARE
Previous articleComic Con 2012: ‘Nurse Attack’, Silent Hill: Revelation 3D
Next articleComic Con 2012: Menjelajah Lautan Bersama Connor di Assassin’s Creed III
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.