Infinite Sky, Karya Anak Bangsa yang mencapai TopTen Apps Store

TouchTen, Game Developer Indonesia yang baru mendapatkan suntikan capital dari IdeoSource menorehkan prestasi cemerlang mencapai Top Ten Apps Store untuk game nya yang berjudul InfiniteSky. Yuk, rame-rame dukung game ini!

Infinite Sky, Karya Anak Bangsa yang mencapai TopTen Apps Store

Infinite Sky, Karya Anak Bangsa yang mencapai TopTen Apps Store

Halo Citizen,

Satu lagi karya anak bangsa yang menorehkan prestasi cemerlang di tingkat dunia, InfiniteSky game besutan TouchTen studio berhasil menembus tempat sakral di dunia game mobile dunia TOP TEN APPS STORE untuk kategori free download. Sampai saat ini game ini tercatat sudah mencatat lebih dari 500.000 unduhan di Apps Store dan mengalahkan beberapa game yang sudah bercokol lama seperti Temple Run dan Where is My Water.

Infinite Sky, Karya Anak Bangsa yang mencapai TopTen Apps Store

Infinite Sky sendiri adalah game  shooting airspace combat 3D  dengan tema WW II dengan sudut pandang kamera ketiga, game ini menyuguhkan beberapa fasilitas yang agak jarang dijumpai pada genre game ini yaitu upgrade dan ganti pilot. Fasilitas tersebut bisa didapatkan apabila pemain sudah menyelesaikan beberapa level dan objektif dari game. Oya, salah satu pilot rahasia yang bisa direkrut adalah gatotkaca yang mempunyai ability imba, pasti ndak nyesel deh.

Pencapaian Infite Sky ini menarik perhatian komunitas game developer Indonesia yang bercokol di GameDevId, berbagai tanggapan menarik berupa ucapan selamat, kritik bahkan cacian mewarnai diskusi dengan ratusan tanggapan ini.

Salah satu topik menarik yang dibangun bahwa kesuksesan InfiniteSky menembus top 10 dilakukan dengan marketing stunt yang tidak alamiah. Yuk simak beberapa komentar menarik dari member komunitas game developer ini:

"Rank went up so fast. Gara2 promo AppoDay ya bro? Moga2 dengan naiknya rank dengan cepat, conversion rate bisa bagus sehingga bisa nanjak juga grossing ranknya. Btw banyak crash report tuh di reviewnya."

"Semoga ini bisa jadi spirit booster buat kita semua, bahwasanya menembus top rank AppStore itu masih sangat possible. Tapi spt yg kita tau klo menembus pasar yang kejam spt AppStore itu bukan cuman butuh aspek di luar game yg mantap (spt marketing, user acquisition, promotion, etc.), spt yg kita bicarakan di post ini, tp juga aspek di dalam gamenya itu sendiri harus ga kalah mantapnya. Sekedar saran aja, mungkin bisa memulai diskusi mengenai Infinite Sky-nya itu sendiri, tujuannya tentunya buat share ke semuanya gmana caranya bikin game yg bisa menembus top rank AppStore (aspeknya buanyaaaaak bgt, dr mulai pemilihan tema, gameplay, story, judul, icon, dkk dkk), dan tentunya juga buat menjaring sebanyak mungkin feedback biar bisa makin improve gamenya supaya makin oke. "

"Those developers/publishers/marketing firm maybe wrong but it seems to have a burst marketing to boost your app into top 10 (like what infinite sky has done in just couple of days) sounds like a very expensive thing to do. Logically, if it's that easy and cheap then everyone will do it."

"Now there are only two explanations here :

1. Most of us really don't know anything about marketing (including those guys in the venture beat article)

2. There's something else?"

"Since the appstore is an international market, all of us should really care about one thing only to be able to really compete, which is the quality of our product."

Diksusi "panas" tersebut sepertinya juga sesuai dengan review user Google Play yang tidak segan segan memberikan review "minus" untuk Infinite Sky:

Infinite Sky, Karya Anak Bangsa yang mencapai TopTen Apps Store [/caption]

dan dari Apps Store yang senada:

Infinite Sky, Karya Anak Bangsa yang mencapai TopTen Apps Store [/caption]

Neverthless karya Indonesia harus selalu didukung supaya dapat mendunia, salah satunya dengan cara kritik dan saran yang membangun. Maju Terus Game Dev Indonesia

 

#cheers

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU