Jelly Bean Hadir di Optimus 4X HD, Galaxy S III & Galaxy S Melalui CyanogenMOD 10

Setelah membaca impresi kami untuk Android 4.1 Jelly Bean, banyak sobat Duniaku yang bertanya mengenai kemungkinan Droid-nya bisa di-upgrade ke Jelly Bean. Dan melihat kenyataan jika Nexus S yang spesifikasinya masih single-core, serta RAM 512 MB saja bisa menjalankannya dengan lancar, banyak yang menduga Jelly Beam bakal menjadi sistem operasi masal. Bisa jadi, jika produsen mau merilis update resminya. Melalui impresi Jelly Bean kami membaca beberapa peluang untuk Droid seperti Galaxy S III, One X, Optimus 4X HD, Atrix HD dan beberapa flagship lainnya.

Tampilan CyanogenMOD 10 alpha dalam Galaxy S II...

Namun ternyata berkat kebijakan Google yang memberikan factory image lebih awal, banyak Droid lain yang sudah merasakan lembutnya antar muka Jelly Bean, seperti pada Galaxy S II. Namun jelas, karena sekadar factory image, apalagi dari Droid ofisial Google seperti Nexus 7 dan Galaxy Nexus, waktu itu porting Jelly Bean non-resmi tersebut tidak berjalan dengan semua fungsinya. dan akhirnya pasca Google merilis source code Jelly Bean, developer custom ROM khususnya, bisa lebih bebas berkreasi. Dan mereka pengguna Droid yang sangat populer, namun kepastian update Jelly Bean-nya masih belum jelas, bisa berharap pada para developer terkenal seperti CyanogenMOD.

Melalui artikel impresi Jelly Bean sebelumnya kami sudah memberikan daftar Droid yang kemungkinan di-support CyanogenMOD. Dan beberapa waktu lalu, walaupun LG Optimus 4X HD belum masuk daftar resmi Droid yang bakal mereka kembangkan custom ROM-nya,  namun demo versi Alpha dari CyanogenMOD versi 10 yang berbasiskan Jelly Bean dijalankan melalui Droid tersebut. Lihat saja video-nya berikut ini:

CyanogenMOD 10 Early Preview

httpv://youtu.be/ZdcMZMRQdqo

Dan setelah Optimus 4X HD tersebut, beberapa hari kemudian menyusul Samsung Galaxy S II GT-i9100G (varian lain Galaxy S II dengan chipset Texas Instruments OMAP4430 dan GPU PowerVR SGX 540) yang menjadi tester CyanogenMOD 10. Namun yang lebih mengejutkan, kemarin kami mendapatkan kabar jika Samsung GT-i9000 Galaxy S juga mendapatkan port Jelly Bean tidak resmi dari CyanogenMOD. Secara hardware, memang Galaxy S ini setara dengan Nexus S, yang mampu menjalankan Jelly Bean dengan lancar meskipun prosesor hanya single-core dan RAM 512 MB saja. Namun tetap banyak membuat produsennya, dalam hal ini Samsung geleng kepala karena sudah ada yang mampu menbuat custom ROM Jelly Bean untuk Galaxy S. Lansung saja masuk ke halaman XDA Developers ini untuk men-download ROM-nya — yang masih diselingi beberapa bug.

Menyusul hari ini, kamu kembali mendapatkan kabar dari team developer CyanogenMOD jika mereka juga tengah mencoba custom ROM CyanogenMOD 10 pada Galaxy S III. Melalui halaman khusus pengembangan custom ROM ini di XDA Developers, kami mengetahui jika masih ada beberapa fungsi standar yang tidak jalan. Misalnya radio FM, kamera dan Wi-Fi tethering yang tidak stabil,tidak ada dukungan Bluetooth audio hingga tidak bisa melakukan panggilan. Namun seperti pengembangan CyanogenMOD 10 berbasis Jelly Bean lainnya, kamu masih bisa masuk ke thread ini dan mencobanya. File ROM ada di sana, download saja, tempatkan di memory, masuk ke recovery mode, lakukan factory reset dan data wipe kemudian flash dan reboot — disarankan dilakukan mereka yang pengalaman, karena ada potensi terjadi brick.

Sumber: XDA Developers


SHARE
Previous articleSam Raimi Akan Tinggalkan Proyek Film World of Warcraft?
Next articleOppo Finder, Smartphone Android Tertipis dan Terkuat di Dunia
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.