Detail Sistem Gameplay Bravely Default, Ada Skit Ala Tales di Sini!

 

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, Bravely Default menggunakan sistem job yang mirip dengan di Final Fantasy V. Tapi ada tambahan elemen “cost” di sini sehingga memungkinkan kustomisasi yang lebih mendalam.

Adadua jenis kemampuan yang bisa digunakan saat bertempur, yakni Job Command dan Support Ability. Job Command adalah perintah-perintah atau aksi standar yang digunakan oleh karakter saat bertarung, seperti Attack atau Magic (bervariasi tergantung dari Job yang digunakan). Sedangkan Support Ability adalah kemampuan pasif yang akan memberi efek otomatis ketika digunakan, seperti +10% HP atau kemampuan Knight melindungi anggota party yang sedang sekarat.

Job Command ini bisa dikustomisasi dengan Command dari Job lain yang berbeda. Dengan begini, kamu akan memiliki karakter dengan Job Knight yang bisa mengeluarkan Command White Magic, atau sebaliknya.

Untuk Support Ability pun juga bisa dikustomisasi dengan kemampuan-kemampuan dari Job lain. Yang membedakan, Support Ability ini menggunakan sistem Cost. Kamu bebas memakaikan Support Ability ke karakter asalkan Cost yang ada masih memadai. Sistem ini memungkinkanmu untuk mengubah Job White Mage yang lemah menjadi cukup kuat jika memakai kemampuan penambah HP atau tingkat pertahanan. Karakter akan mendapatkan kemampuan baru saat level Job-nya naik. Level Job ini bisa naik karena karakter mendapatkan JP alias Job Point dari mengalahkan musuh, dan Job bisa dinaikkan hingga maksimal ke level sepuluh.

Jika muncul tulisan Party Chat di kiri bawah, tekan tombol Y...

Sistem baru lainnya adalah Party Chat, yang mengingatkan kita pada sistem Skit ala serial Tales. Saat sebuah Skit akan aktif, kamu bisa melihat tulisan Party Chat di sebelah kiri layar, dan tekan tombol Y untuk mengaktifkannya. Beragam percakapan bisa kamu temui dari Party Chat ini, mulai dari keadaan party, perjalanan yang sedang ditempuh, skenario yang sedang berlangsung, hingga ide strategi dari anggota party. Kabarnya Silicon Studio memberikan banyak sekali Skit yang bisa diakses, termasuk Skit yang langka.

...untuk menampilkan adegan Skit ala serial Tales

Collector’s Pack

Silicon Studio dan Square Enix tampaknya sudah menyiapkan edisi terbatas game ini. Bundel tersebut berisi copy game, original soundtrack Bravely Default, sebuah album art, case pelindung 3DS, dan satu poster AR berukuran setinggi orang. Collector’s Pack ini bisa didapatkan dengan harga 12,800 yen, sekitar dua kali lipat dari harga game standarnya (6,900 yen). Sayang bundel ini dijual eksklusif melalui Square Enix e-Shop.

[Sumber : Dengeki, Andriasang (2), Siliconera]


SHARE
Previous articleSelesaikan Borderlands 2 Lebih Cepat, Gearbox Siapkan DLC-nya!
Next articleSony Xperia ion, Upgrade Minor Xperia S, Diam-diam Telah Dirilis di Indonesia
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.