Batman Ternyata Maho (15+)

WARNING!!

Mengandung kalimat yang bisa membuat bulu kuduk merinding dan gambar yang bisa membuat pembaca sekalian merinding. Viewer discretion is adviced.

Film Batman terbaru yang menjadi penutup trilogi garapan Christoper Nolan yang berjudul The Dark Knight Rises telah keluar di pasaran, sesuai ekspektasi, film ini memang menyuguhkan cerita yang panjang, berat, namun juga menarik untuk diikuti. Film yang di rating untuk dewasa ini tidak hanya ditonton oleh orang dewasa saja ternyata, remaja dan anak-anak juga banyak yang menonton. Entah kenapa. Yak, begitulah pembuka dari artikel kali ini, melanjutkan artikel tentang Marvel yang mengumumkan pernikahan karakter Gay pertamanya, kali ini Athira akan mencoba mengusung tema Batman dan Homoseksualitas.

Memang bisa dikatakan, dibandingkan karakter-karakter Marvel, karakter DC lebih normal, maksudnya, preferensi seksual karakter DC, meski ada yang gay, namun tidak seheboh yang ada di dalam Marvel. Namun, sebenarnya, sejak dulu, eksistensi Batman telah menarik banyak kritikus, termasuk eksistensinya sebagai super hero yang memiliki kecenderungan untuk menyukai sesama jenis.

Fredric Werthamlah yang pertama kali mengusung isu homoseksualitas Batman ke khalayak umum, hal ini ia kemukakan pada bukunya yang berjudul Seduction and Innocent yang dirilis pada tahun 1954. Dalam bukunya, ia mengatakan bahwa “Batman stories are physcologically homosexual”. Tidak hanya Wertham saja yang mengemukakan pendapat ini, banyak sekali fans dan berbagai kalangan lain mengatakan bahwa Batman dan Robin (Dick Grayson) memiliki hubungan sesama jenis.

Batman dan Robin di Komik Batman #84 edisi Juni 1954

Selain itu, ternyata memang, banyak dari fans yang tidak merasa aneh bila Batman adalah gay, seperti dikutip dari twitter @JenWhy12  ‘One of the characters of DC comics will be gay, what one will it be? I hope it’s Batman.’ Respon dari akun @JenWhy12 ini mengikuti pengumuman dari DC Comics bahwa mereka akan secara resmi mengemukakan satu karakter yang dari dulu mereka katakan sebagai karakter yang straight menjadi karakter gay, DC Comics juga mengatakan bahwa karakter ini adalah karakter yang cukup dikenal.

Selain itu, mengapa Batman menjadi kandidat yang cukup kuat untuk menjadi super hero gay ini karena meskipun penulis pendahulunya, Alan Grant mengatakan bahwa Batman tidak gay, namun penulis Batman dan Batman Incorporated, Grant Morrison mengatakan “Gayness is built into Batman. I’m not using gay in the pejorative sense, but Batman is very, very gay…Obviously as a fictional character he’s intended to be heterosexual, but the basis of the whole concept is utterly gay.”

Bahkan, George Clooney, mantan aktor Batman juga mengatakan bahwa meskipun Batman yang ia mainkan tidaklah gay, namun ia membuat Batman menjadi gay. Keambiguitasan gay Batman masih belum berakhir, sebab Frank Miller yang juga penulis Batman menjelaskan bahwa hubungan Batman dan Joker adalah Homophobic Nightmare, ia menambahkan bahwa Batman akan menjadi jauh lebih segar (melawan Joker) bila ia adalah seorang Gay.

Memang, tidak ada yang mengatakan dengan pasti bahwa Batman adalah seorang gay, namun mereka dengan jelas mengatakan bahwa memang, Batman sarat akan rasa gay. Perlu diketahui juga, pada tahun 2006, Batwoman yang menjadi female counterpart dari Batman telah resmi diumumkan sebagai Lesbian. Athira sendiri sebenarnya sedari dulu sudah sedikit merasa aneh dengan adanya Batman, berbeda dengan Superman yang meskipun dari awal sudah ketahuan memakai baju ketat dan berwarna-warni, tapi ia tetap terlihat straight, berbeda dengan Batman yang memakai baju lebih gelap dan sifat yang sangat tertutup.

Beberapa adegan di film kartun Batman juga membuat Athira sempat berpikir bahwa ia adalah gay. Seperti adegan dimana ia ditolong oleh Superman dan bagaimana hubungan mereka terlihat begitu dekat saat itu. Bagaimana menurut pembaca? Apakah benar Batman akan menjadi karakter dari DC Comics yang akan diumumkan sebagai gay pada beberapa bulan ke depan? DC Comics sendiri memasukkan nama-nama berikut sebagai kandidat karakter yang akan mereka rubah preferensi seksualnya, Superman, Supergirl, Wonder Woman, SHAZAM!, Aquaman, Green Arrow, Green Lantern, Cyborg, Robin, Flash, dan Plastic Man.

Bagaimana? Apakah pembaca terkejut dengan deretan nama legendaris tersebut? Athira sendiri cukup terkejut dengan adanya Green Lantern dan Superman, mengingat mereka memiliki preferensi straight yang cukup kuat di film dan seri komik mereka. Sejauh ini, kandidat kuat pilihan para fans adalah Batman, Robin, dan Aquaman.

Akhir kata, artikel ini dibuat semata hanya untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai Batman dihadapan berbagai penulis dan aktornya. Selain itu, artikel ini juga untuk mengumumkan bahwa DC Comics secara resmi akan segera mengumumkan karakter komik mereka yang ternyata adalah gay. Silahkan share opini mengenai Batman di mata pembaca di comment box di bawah ini ^^


SHARE
Previous articleRPG Fantasi dari CyberConnect2, Guilty Dragon
Next articleDua Jagoan Utama Namco x Capcom Siap Bertempur Kembali di Project X Zone
Penggemar berat Roger Federer, Jouji Nakata, Sho Hayami, dan Suwabe Junichi. Wota iDOLM@STER dan juga seorang penikmat game yang memiliki karakter laki-laki 30 tahun ke atas. Silahkan lihat kegalauan saya di twitter: ryofucha