Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way!

Beberapa hari lalu Samsung sudah menyebar undangan untuk sebuah event tunggal mereka 15 Agustus 2012 nanti, dimana sudah banyak yang menduga jika Galaxy Note 10.1 bakal menjadi bintangnya. Mari kita kenali seperti apa kemampuan dan penampakan Note baru Samsung ini?

Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way!

Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way!

Kami tidak bisa menahan komentar, di satu sisi Samsung GT-N7000 Galaxy Note tidak lebih sekadar sekadar Samsung GT-i9100 Galaxy S II yang diperbesar layarnya. Namun toh tetap melahirkan trend baru di tengah dunia smartphone/tablet karena ukuran layarnya itu tadi yang tidak biasa. Layar seluas 5.29 inchi pada Galaxy Note itu sendiri belum pernah digunakan oleh produsen manapun. Dan meskipun menurut kami agak besar untuk tipikal telapak tangan orang Indonesia, Galaxy Note terbukti tetap laris manis, sampai bermunculan beberapa produk lokal yang meniru desain dan ukuran layarnya.

Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way! Undangan Samsung untuk event tunggal mereka 15 Agustus 2012 nanti... "Meet the new way!"[/caption]

Kemudian beralih selama Mobile World Congress 2012 yang digelar akhir Februari 2012 lalu, Samsung pertama kali mengkonfirmasikan anggota baru keluarga tablet mereka, Samsung N8000 Galaxy Note 10.1.  Saat itu kami kembali menilai, tidak lebih dari Galaxy Note yang membesar ukurannya... apa memang benar demikian? Yang jelas tablet ini bukan varian Galaxy Note, namun model yang berbeda di tengah jajaran Galaxy Note. Sepertinya membingungkan. Tapi bakal segera terjawab, karena karena beberapa hari lalu Samsung sudah menyebar undangan untuk sebuah event tunggal mereka 15 Agustus 2012 nanti, dimana sudah banyak yang menduga jika Galaxy Note 10.1 bakal menjadi bintang utamanya -- jika melihat dari petunjuk kata "Meet the new way." Dan sebelum Samsung resmi meluncurkan tablet tersebut, mari kita kenali lebih dekat.

Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way! Event 15 Agustus ini berbeda dengan Samsung Unpacked yang bakal digelar 29 Agustus 2012, dimana untuk unpacked tersebut dirumorkan menjadi momen ketika Samsung bakal mengkonfirmasikan Galaxy Note II.[/caption]

Bolehlah kita menyebutnya sebagai pembesaran Galaxy Note, namun Galaxy Note 10.1 ini justru bisa menjadi alternatif digitizer, alias produk papan gambar elektronik untuk pasar yang lebih umum, sekaligus menjadi wujud nyata overhaul nyata spesifikasi sistem yang diberikan Samsung untuk jajaran Galaxy mereka -- karena sebelumnya, Galaxy Note 10.1 ini didemokan selama MWC 2012 dengan prosesor dual-core saja. Di dalamnya kamu dapati Galaxy Note 10.1 ini dijalankan oleh chipset Exynos 4412 dengan empat inti  prosesor yang masing - masing berjalan di kecepatan 1.4GHz. Chipset itu juga diperkuat dengan GPU Mali-400 MP dari ARM, yang sejauh ini juga belum diketahui menggunakan berapa inti (kemungkinan 4 core seperti pada Sony PlayStation Vita, karena 4 core itu tadi juga menjadi jumlah inti maksimal dari GPI Mali-400 MP). Selain itu, Exynos 4412 juga kamu dapati dalam Samsung GT-i9300 Galaxy S III. Lalu yang paling melegakan dari konfigurasi hardware Galaxy Note 10.1 ini adalah jatah RAM yang dimasukkan Samsung ke dalamnya, mencapai 2GB! Jelas tablet ini sudah pantas diajak melakukan multitasking berat.

Lanjut ke halaman 2...

Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way!

Namun di sisi layar, mereka pengguna Galaxy Note pasti masih ingat, resolusi HD 1280x800 pixel WXGA yang digunakan pada penampang berdiagonal 13.46 cm atau pada ukuran 71.35 x 114.16 mm, terlihat mengagumkan, dengan setiap gambar terlihat begitu detail diterjemahkan warnanya berkat bahan layar Super AMOLED. Namun untuk Galaxy Note 10.1 ini, dengan ukuran layar yang jelas membesar 2x lipat dari varian hibrida smartphone tablet Galaxy Note, kamu justru mendapati resolusi layarnya masih sama. Layar dengan material PLS TFT berukuran 10.1 inchi tersebut juga memiliki resolusi 1280×800 pixel serta kerapatan pixel 149 PPI. Tidak ada panel Super AMOLED khas Samsung dengan warna hitam yang begitu dalam, dan bahkan resolusi mendekati FullHD di sini. Jadi jangan berharap tingkat detailnya menyamai Galaxy Note, atau juga Galaxy S III.

Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way!

Meskipun sepertinya ada yang janggal ketika kita menyinggung resolusi layarnya, namun Galaxy Note 10.1 ini menyuguhkan fitur yang tidak tanggung. Sejauh ini melalui video pengenalan yang dirilis Samsung Mobile kemarin di YouTube (bisa kamu lihat di bagian akhir artikel ini), kami melihat slot microSD (bisa kamu tancapkan memory hingga 64GB di sana), kamera auto fokus 5 megapixel dengan flash LED (penurunan dari Galaxy Note, namun tipikal tablet juga masih menggunakan lensa 5 megapixel kok, dan awalnya malah direncanakan menggunakan kamera 3.2 megapixel), lensa kamera sekunder di depan untuk video call/chat juga masih sama seperti "kakak kecilnya" sebesar 1.9 megapixel, kemudian ada opsi koneksi 3G selain WiFi. Namun diantara fitur standar smartphone / tablet tersebut, patut menjadi perhatian adalah aplikasi yang memaksimalkan penggunaan stylush khusus S Pen.

Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way! Lebih mudah menulis memo, menggambar atau mengedit gambar menggunakan S Pen...[/caption]

S Pen jelas familiar bagi mereka pengguna Galaxy Note. “Media pendudul” layar tersebut sangat membantu kita dalam berinteraksi lebih banyak dengan bidang layar yang lebar. Karena jenis layar kapasitip memang hanya merespon sentuhan jari, maka tipikal stylush biasa tidak bisa digunakan untuk layar tersebut. Dengan material yang lunak di ujungnya, stylush khusus layar kapasitip, atau oleh Samsung disebut sebagai S Pen ini membantu kita, seperti dengan cepat bisa menuliskan catatan, menggambar gambar yang lucu, atau memodifikasi / mengedit foto dengan opsi yang lebih advance.

Lanjut ke halaman 3...

Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way! Adobe Photoshop Touch[/caption]

Karena itulah salah satu software build in dalam Galaxy Note 10.1 yang disertakan Samsung di sini adalah Adobe Photoshop Touch -- aplikasi edit foto profesional dari Adobe, yang sementara ini khusus tablet. Di Play Store kamu perlu membelinya dengan harga $9.99, namun di sini disediakan gratis. Jadi para desainer, art director atau layouter mungkin bisa menggunakan Galaxy Note 10.1 ini untuk mengedit pekerjaaan mereka sambil mobile.

Beberapa fiturnya juga kami temui dalam Galaxy S III. Seperti Smart Stay, dimana kamera depannya bakal memantau pergerakan mata, dan bakal menentukan kapan layar harus mati atau menyala menyesuaikan pergerakan matamu. Kemudian Pop Up Play memungkinkan video bisa kamu lihat di bagian layar mana pun, sambil melakukan fungsi Galaxy Note 10,1 lainnya.

Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way!

Tablet dengan dimensi 262 x 180 x 8.9 mm serta berat 600 gram (versi 3G, untuk WiFi beratnya 597 gram) ini termasuk lebih kecil dibandingkan tablet 10 inchi Samsung lainnya, Tab 2, yang dimensinya 256.6 x 175.3 x 9.7 mm dan berat 588 gram. Kamu pun tidak akan kesulitan mencari aksesorisnya, atau tas yang lebih besar hanya untuk menyimpan tablet ini dengan nyaman. Sementara fitur lain yang bisa kamu harapkan hadir di sini, mulai menjalankan Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich yang dibalut antar muka TouchWiz 4.0, tambahan aplikasi Mini yang bisa ditempatkan sebagai widget di layar utama, pilihan storage 16/32/atau 64GB, koneksi data dan suara melalui jaringan GSM/GPRS/EDGE/3G HSDPA (21 Mbps) dan HSUPA (5.76 Mbps), dual-band Wi-Fi a/b/g/n, Wi-Fi Direct, dan GPS dengan assisted GPS atau S-GPS untuk versi WiFi (keduanya didukung satelit Rusia GLONASS). Oh ya, Samsung juga berencana meluncurkan varian dengan koneksi LTE akhir tahun ini.

Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way!

Galaxy Note 10.1 ini juga sudah memanfaatkan Bluetooth versi 4.0 yang lebih hemat daya dan jangkauannya lebih luas. Kemudian untuk kebutukan interaksi gerakan, kamu bisa andalkan sensor Gyro dan sensor accelerometer. Sementara sensor ambient light membantu mengatur kecerahan lampu backlight layar. Dukungan Adobe Flash Player 11 dan DivX/XviD, adanya TV-out via MHL (sayang memerlukan adapter tambahan) dan USB host (juga tidak disertakan adapternya) melalui port microUSB, serta baterai berkapasitas besar 7000 mAh menjadi pndukung tablet Note ini. Dan mungkin juga menjadi pertimbanganmu, dua yang tidak biasa di sini adalah absennya modul radio FM, serta konektornya yang masih saja menggunakan propietary Samsung dengan 30-pin -- siap - siap aksesorisnya agak sulit, dan mahal tentunya.

Lanjut ke halaman 4...

Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way!

Meskipun layarnya mengalami "degradasi" dibandingkan Galaxy Note, namun jika kita memandangnya sebagai sebuah tablet, Galaxy Note 10.1 ini mengusung konfigurasi hardware yang mumpuni. Dibandingkan dengan tablet Samsung lainnya, atau tablet quad-core lain yang akan atau sudah eksis di pasaran seperti Transformer Pad Infinity 700, Mediapad 10 FHD, atau Iconia Tab A700, Jadi walaupun walaupun resolusi layarnya kalah jauh, Galaxy Note 10.1 masih memiliki keunggulan fitur S Pen dengan aplikasi yang ter-optimize untuk stylush tersebut, seperti S Note, S Planner, Crayon physics, Photoshop Touch, dan Polaris Office (Samsung sendiri bakal terus meng-update aplikasi berbasis S Pen tersebut). Kita tunggu saja event 15 Agustus nanti untuk mengetahui lebih jauh mengenai Galaxy Note 10.1, serta kepastian kapan bakal dirilis di pasaran. Perkiraan harganya? Dari beberapa pre-order yang dibuka toko online, meraka rata - rata memasang harga $750, atau sekitar 7 jutaan rupiah!!

[GALAXY Note 10.1] Introducing Samsung GALAXY Note 10.1

httpv://youtu.be/qbgBxr4H59A

Dan berikut ini detail spesifikasi resmi Galaxy Note 10.1 dari Samsung. Klik gambarnya untuk memperbesar ya...

Samsung GALAXY Note 10.1, Let's NOTE the New Way!

Sumber: Samsung Mobile

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU