Racikan Samsung Untuk Exynos 5 Dual, Lebih Kencang dan Hemat!

Perkembangan silikon mobile bakal segera berlanjut, apalagi setelah Samsung mengkonfirmasikan penerus prosesor barbasis ARM Cortex. Mereka mengenalkan untuk pertama kali chipset / System on a Chip (SoC) pertama yang menggunakan prosesor ARM Cortex A15. Disebut sebagai Exynos 5 Dual, chipset ini membawa puluhan spesifikasi baru yang melangkah jauh dari awa yang ditawarkan prosesor mobile dewasa ini, dan dipastikan bakal menjadikannya standar baru prosesor mobile generasi mendatang.

Exynos 5 Dual menjadi chipset yang terintegrasi dengan CPU mobile dual-core pertama yang menggunakan Cortex A15 yang dipersembahkan oleh Samsung Semiconductor. Chipset ini dikembangkan melalui teknologi pemrosesan 32nm HKMG (High-K Metal Gate) yang juga diterapkan pada Exynos 4 Quad, dengan satu intinya bakal berjalan di kecepatan standar 1.7GHz. Meskipun lebih cepat (tepatnya dua kali lebih cepat) dibandingkan Cortex A9 sebelumnya, namun Cortex A15 ini justru lebih hemat energi hingga 30%.

Kemudian untuk GPU-nya, Samsung menyerahkan bagian pemrosesan grafis tersebut pada Mali-T604 yang juga dikembangkan oleh ARM. Selain dijalankan dengan clock speed lebih cepat untuk tiap corenya dibandingkan pada Mali-400 MP, Mali-T604 itu juga mendapatkan dukungan untuk OpenGL ES 3.0, OpenVG 1.1, OpenCL 1.1 dan juga DirectX 11, sehingga juga cocok diterapkan pada tablet yang menggunakan Windows RT. Kemudian melalui GPU baru itu juga, smartpho atau tablet bisa menampilkan resolusi layar hingga WQXGA atau 2,560 x 1,600 pixel.

Fitur lain yang bisa diharapkan kamu temui dalam Exynos 5 Dual ini seperti mendukung USB 3.0, kontroler SATA III, UART, eMMC4.5, decoding dan encoding video 1080p60, 12.8GB/s memory bandwidth dengan 2-port 800MHz LPDDR3 RAM, HDMI 1.4 , WI-Fi display hingga mampu menjalankan semua format video karena ada MFC (Multi Format Codec) terintegrasi. Begitu banyak yang ditawarkan teknologi silikon baru ini, namun sepertinya produk yang bakal menggunakan chipset ini belum kelihatan untuk tahun ini.


SHARE
Previous articleSony LT30i Mint Kini Disebut Xperia T, Berpose Dulu Sebelum Resmi Diluncurkan
Next articleCrytek Kembali Pamerkan CryENGINE 3, Kini Ajukan Detail Tekstur Kulit Katak
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.