Perang Paten Berlanjut, Apple Menang Atas Samsung Dengan “Achievement” $1.049 Milyar!

Pada 24 Agustus 2012 lalu, kita mendapatkan hasil dari gugatan hukum pelanggaran hak cipta yang diajukan Apple terhadap Samsung di pengadilan Amerika Serikat. Para juri banyak menguntungkan Apple, dan vonis diputuskan bahwa Samsung telah sengaja melanggar hak paten desain dan antar muka yang sudah dipatenkan melalui iPhone dan iPad. Dengan demikian Samsung harus membayar ganti rugi kepada Apple sebesar US $1.049 milyar — lebih rendah dari tuntutan jaksa sebesar $2.5 milyar.

Sebenarnya tidak hanya di Amerika Serikat saja gugatan Apple atas Samsung diajukan. Kami sendiri pernah mengangkat satu gugatan yang dilayangkan ke pengadilan Australia Oktober 2011 lalu. Selain itu, juga ada langkah Apple berusaha menjegal penjualan beberapa smartphone Samsung di wilayah lain, seperti di pengadilan Seoul, Tokyo, Jerman, Paris, Milan, Belanda dan Inggris Raya — diantara beberapa tuntutan tersebut, hanya di Inggris Raya dan Australia saja Samsung dimenangkan.

Semuanya dengan satu tujuan sama. Namun hanya melalui pengadilan di Amerika Serikat Apple bisa menang. Dan melalui pengadilan Amerika Serikat Apple menggugat Samsung melanggar sembilan utility patent yang mereka kuasai (United States Patent Nos. 7,469,381, 7,844,915, dan 7,864,163). Apple juga menggugat atas empat design patent (United States Patent Nos. D504,889, D593,087, D618,677, dan D604,305). Note: Kamu bisa klik kode tiap patent untuk mendapatkan keterangan lebih detail mengenai tiap patent yang diajukan Apple. Paling banyak diulas adalah paten nomer 7,469,381, yang berhubungan dengan efek “rubber band” dimana sebuah antar muka bakal memantul ketika kita men-scroll dan mencapai dasar. Paten ini juga termasuk efek touch-screen seperti men-dragging dokumen dan opsi multi-touch pinch to zoom atau twist to rotate.

Lanjut ke halaman 2

1
2
3
4
5

SHARE
Previous articleRoad to AVA International Championship @Level One
Next articleGuide: Dapatkan Bintang 3 Untuk Semua Level Angry Birds Seasons Back to School!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.