IFA 2012: Sony VAIO Tap 20 Bakal Wujudkan Impian Bermain Tabletop Modern

Salah satu event besar dalam bidang teknologi informasi kembali digelar. Internationale Funkausstellung Berlin (IFA), atau bisa disebut juga sebagai Berlin Radio Show yang bakal digelar 31 Agustus – 5 September 2012 besok di Berlin, Jerman. Merupakan salah satu pameran industri tertua di Jerman, yang kini diadakan setiap tahun sebagai ajang industri memamerkan perangkat elektronik dan perlengkapan rumah tangga. Tentu saja smartphone dan tablet menjadi salah satu produk elektronik yang banyak dikonfirmasikan selama IFA, mengingat pasar di Eropa yang juga cukup besar. Dan tentu saja Duniaku tidak ketinggalan bakal meng-update apa saja gadget menarik yang muncul selama acara tersebut.

Satu ini meluncur dari Sony, yang dikonfirmasikan bersamaan dengan Sony VAIO Duo 11, adalah Sony VAIO Tap 20. Jika VAIO Duo 11 layak disebut sebagai salah satu kelas premium Windows 8, maka Tap 20 ini pun juga menjadi solusi PC all-in-one yang pertama (dan juga masuk kelas atas karena bertengger nama VAIO di sana) yang mengoperasikan langsung Windows 8. Namun Sony juga mencoba meninggalkan all-in-one konvensional, karena dalam Tap 20 kamu juga mendapatkan kekuatan baterai, sehingga “tablet raksasa” ini bisa dipindah kemana – mana dengan mudah.

Seperti adik kecilnya, Tap 20 juga datang dengan Windows 8 atau yang kelas Windows 8 Pro, dengan kinerja keseluruhan diserahkan pada chipset Ivy Bridge dengan prosesor Core i7, i5 dan i3 (tergantung konfigurasi), RAM entah itu 4GB atau 8GB, dan GPU Intel HD Graphics 4000. Sekilas sama ya hardware-nya dengan VAIO Duo 11. Namun bedanya jelas terlihat pada ukuran layar, yang mencapai 20 inchi dengan resolusi 1600 x 900 yang menggunakan panel yang oleh Sony disebut VAIO Display Plus, dengan dukungan pemrosesan gambar melalui Mobile BRAVIA Engine 2.

Tablet raksasa seberat 5.2kg ini disokong oleh dudukan kecil, yang sekaligus juga memiliki mekanisme putar. Sehingga sudut pandangannya bisa kamu atur dengan mudah, dengan cara sedikit menekan melalui bagian atas layar. Dudukan itu juga bisa merebahkannya sehingga nyaris telentang, membuatnya makin terlihat seperti tablet raksasa, yang begitu nyamannya digunakan untuk bermain tipikal game tabletop. Dan ketika memang digunakan sebagai tablet, baterai yang tersimpan di dalamnya mampu menghidupi layar lebarnya (yang bisa mengenali sentuhan maksimal hingga 10 titik) selama 3 jam penuh.

Fasilitas lain yang disediakan Sony untuk Tap 20 ini seperti speaker 2.1ch  dengan pemrosesan suara ClearAudio+, wireless keyboard dan mouse pun dipaketkan dalam pembeliannya, satu kamera di depan dengan kualitas 1.3-megapixel, banyak aplikasi built-in yang mengoptimalkan multi-touch-nya (seperti Family Paint, memungkinkan dua orang menggambar bersamaan), penggunaan chip near-field communication (NFC) melalui fungsi One-touch (misalnya untuk berbagi music dan foto dengan perangkat Sony lain yang ber-NFC), serta pilihan hard disk entah itu 750GB atau 1TB dengan 5400rpm. Tablet raksasa ini dirilis mulai Oktober 2012, dengan harga sekitar Rp. 8.5 jutaan!

Key Specification

Model Vaio Tap
Processor Intel Core™ i7-3517U, Intel Core™ i5-3317U atau Intel Core™ i3-3217U Processor
Operating system Windows 8 atau Windows 8 Pro
Memory 4GB to 8GB DDR3L 1600MHz SDRAM
Drive 750GB or 1TB HDD 5400rpm
Screen 50.8cm (20”) VAIO Display Plus (1600×900) dengan rasio wide (16:9);10-point multi-touch screen
Picture enhancement feature Mobile BRAVIA Engine 2
Graphics Intel® HD Graphics 4000
Others WLAN 802.11 a/b/g/n; Bluetooth® Ver. 4.0 + HS; Ethernet (1000BASE-T/100BASE-TX/10BASE-T x 1); USB 3.0 (x1), USB 3.0 with USB charge (x1); kombinasi slot Memory Stick Duo / SD memory; 2.1ch speaker dengan S-Force Front Surround 3D; HD Web Camera diperkuat oleh sensor ‘Exmor for PC’ (1.31 megapixels); tombol Web dan Assist
Dimensions (DxHxW) Sekitar 504 mm x 187 mm x 304 mm(pada sudut kemiringan minimum)504 mm x 312mm x 45 mm(pada sudut kemiringan maksimal)
Weight Sekitar 5.2 kg (termasuk baterai)

 Mobile BRAVIA Engine explained

httpv://youtu.be/sLWSBD77N_o

VAIO Tap 20 from Sony is simultaneously a tabletop PC and 20″ big-screen tablet

httpv://www.youtube.com/watch?v=TXkHfR55QW0&feature=share&list=UUKJ04ar_dnM6La4tw_dgYOA 

Dan tablet semacam ini, bersama Windows 8, seharusnya bisa menjadi rumah baru game – game tabletop (board games, card games, dice games, miniatures wargames, tile-based games), yang bisa saja menjangkau gamer casual… Hmmmm, memainkan game kartu Vandaria Wars melalui tablet raksasa sepertinya keren, ya!?

Sumber: Sony


SHARE
Previous articleImpresi Demo 2 PES 2013!
Next articleSiapa yang Cocok untuk Memerankan Snake di Film MGS?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.