IFA 2012: HTC Desire X, Snapdragon S4 Terjangkau Bernuansa One X

Salah satu event besar dalam bidang teknologi informasi kembali digelar. Internationale Funkausstellung Berlin (IFA), atau bisa disebut juga sebagai Berlin Radio Show yang digelar 31 Agustus – 5 September 2012 di Berlin, Jerman. Merupakan salah satu pameran industri tertua di Jerman, yang kini diadakan setiap tahun sebagai ajang industri memamerkan perangkat elektronik dan perlengkapan rumah tangga. Tentu saja smartphone dan tablet menjadi salah satu produk elektronik yang banyak dikonfirmasikan selama IFA, mengingat pasar di Eropa yang juga cukup besar. Dan tentu saja Duniaku tidak ketinggalan bakal meng-update apa saja gadget menarik yang muncul selama acara tersebut.

Tidak mungkin sebuah event yang memajang perangkat telekomunikasi seperti ini lengkap tanpa kehadiran HTC. Kali ini vendor asal Taiwan tersebut mengajukan satu nama yang memang sudah sering disebut sebelumnya dengan kode nama HTC Proto. Inilah kembaran Desire V, HTC pertama dengan kemampuan dual SIM, yang beberapa waktu lalu sudah dirilis di Indonesia, HTC Desire X. Ada “X” pada namanya, namun jangan disamakan dengan flagship HTC One X.

Di balik tubuhnya kamu menemukan chipset dengan dua inti prosesor Snapdragon S4. Sayangnya, bukan Snapdragon dari keluarga MSM8260A seperti pada One S,  melainkan MSM8225 yang masih menggunakan arsitektur 45nm dan juga tipe prosesor ARM jadul Cortex-A5, dengan GPU Adreno 203. Jadi jangan harap sekencang One S, atau ketiga Xperia terbarunya Sony Mobile. Kemudian makin menunjukkan jati dirinya sebagai droid kelas menengah, layarnya pun hanya 4 inchi (diagonal 10cm) dengan material Super LCD beresolusi 800 x 480 pixel dan kerapatan 233 ppi. Well, kembali lagi jangan harap warna hitamnya setajam tipikal HTC One ya. Dan sepertinya kembali ini menjadi satu identitas, karena memang semua lineup HTC Desire mereka menggunakan layar berbahan Super LCD.

HTC sendiri menyebut droid mereka ini “terjangkau,” walaupun kita sendiri masih belum bisa menyimpulkan terjangkau dalam arti apa, karena memang harganya juga belum diungkapkan. Droid ber-Android 4.0 Ice Cream Sandwich (dibalut  HTC Sense 4.0a) ini memiliki dimensi 118.5 x 62.3 x 9.3mm dan berat 114g. Fitur lain yang sudah diketahui dari Desire X seperti kamera 5-megapixel di belakang (plus autofocus, LED flash, serta sensor ber-BSI/berpencahayaan belakang), mampu merekam video dengan kualitas 480p (720×480 pixel) , internal storage 4GB yang mungkin hanya available ke kita 1-2GB saja, serta ada slot microSD untuk memperbesar kapasitasnya.

Lanjut ke halaman 2…

1
2

SHARE
Previous articlePAX 2012: Melarikan Diri dari Buckingham dalam Demo Gameplay Terbaru ZombiU
Next articleLightning Returns: Final Fantasy XIII, Aksi Lightning Melawan Waktu untuk Menyelamatkan Dunia
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.