IFA 2012: Samsung ATIV S, Windows Phone 8 Pertama Dunia

Salah satu event besar dalam bidang teknologi informasi kembali digelar. Internationale Funkausstellung Berlin (IFA), atau bisa disebut juga sebagai Berlin Radio Show yang digelar 31 Agustus – 5 September 2012 di Berlin, Jerman. Merupakan salah satu pameran industri tertua di Jerman, yang kini diadakan setiap tahun sebagai ajang industri memamerkan perangkat elektronik dan perlengkapan rumah tangga. Tentu saja smartphone dan tablet menjadi salah satu produk elektronik yang banyak dikonfirmasikan selama IFA, mengingat pasar di Eropa yang juga cukup besar. Dan tentu saja Duniaku tidak ketinggalan bakal meng-update apa saja gadget menarik yang muncul selama acara tersebut.

Dari banyak ulasan kami mengenai IFA 2012, sebagian besar memang bernuansa “Android”… Walaupun ada juga gadget dari platform lain yang tidak kalah menarik. Seperti Samsung yang akhir pekan lalu membawa satu smartphone pertama mereka yang menjalankan Windows Phone 8. Dan karena memang Nokia serta Microsoft baru menggelar event-nya besok, menjadikan Samsung sebagai vendor pertama yang mengkonfirmasikan smartpgone Windows Phone 8 melalui Ativ S.

Nama tersebut juga bukan asing, karena sebelumnya (bahkan Microsoft sendiri melalui blog-nya) sudah menyebutkan jika Samsung tengah menyiapkan Windows Phone 8. Ativ S bakal menggunakan layar kapasitif (multi-touch) 4.8 inchi dengan resolusi HD (720 x 1280 pixel) 306 ppi, berbahan Super AMOLED, dua inti prosesor 1.5GHz  melalui chipset Qualcomm MSM8960 Snapdragon S4, didukung GPU Adreno 225, kamera 8-megapixel di belakang (mampu merekam video 1080p pada 30 fps), dan kamera sekunder 1.9-megapixel di depan melengkapinya.

Ativ S ini juga melanjutkan ciri khas desain Samsung yang selalu membuat tubuh smartphone mereka ramping. Ketebalannya hanya 8.7mm. Kemudian untuk RAM-nya, seperti Nokia Lumia 920 dan 820, kamu mendapatkan RAM 1GB serta pilihan storage 16GB atau 32GB, didukung slot ekspansi microSD. Kamu pun bisa berharap banyak ketahanan baterainya, karena kapasitasnya cukup besar, mencapai 2300mAh. Casingnya yang dilapisi aluminum mengesankan finishing yang baik (dibandingkan Galaxy S III yang berkesan plastik), kemudian layarnya juga dilindungi oleh Gorilla Glass. Ciri khas Samsung lainnya, kamu mendapatkan tombol fisik, namun tidak mengorbankan tombol kapasitif, karena masih ada dua tombol Back dan Search di kiri – kanannya…

Samsung sendiri menyebut desainnya (yang agak mirip dengan Galaxy S III) tersebut sebagai “chic hairline design”… mungkin kesan chic ini terpancar dari proporsi tubuhnya yang juga tidak bongsor, hanya 137.2 x 70.5 x 8.7mm dan berat 135 gram. Kemudian untuk sarana koneksi, kamu bisa menyerahkan pada Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 3 dan NFC.

Sumber: Samsung


SHARE
Previous articleInilah Daftar Game Sony di TGS 2012 Mendatang!
Next articlePAX 2012: Nintendo Pecahkan Rekor Dunia?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.