10 Hal Yang Membuat Borderlands 2 Lebih Baik!

Melanjutkan ulasan Borderlands 2 sebelumnya, meski dengan jalan cerita yang kurang bagus, Borderlands mampu menjadi game FPS yang diunggulkan. Kini, di seri terbarunya, Borderlands 2 memberikan banyak sekali peningkatan dalam kualitas game-nya. Berikut adalah sepuluh hal yang membuat seri terbaru ini lebih baik dari yang pertama:

1. One Inventory For All
Salah satu hal yang membuat Borderlands begitu adiktif adalah adanya berbagai macam loot yang bisa dikumpulkan. Masalahnya, di Borderlands yang pertama, ada kalanya kita menemukan loot yang sangat sesuai untuk karakter lain yang sedang tidak kita gunakan tapi tidak berguna untuk karakter yang sedang dimainkan. Hal ini tentunya menjadi dilema karena tentunya item bagus tersebut lantas berubah menjadi sampah.

Untungnya di Borderlands 2, semua inventory mu akan terhubung. Artinya kamu bisa bertukar berbagai macam senjata dan perlengkapan lain dengan karakter-karakter yang sudah kamu ciptakan. Ini berarti tidak akan ada lagi item epic yang terbuang percuma, karena kamu bisa memberikannya ke karaktermu yang lain.

2. Character Customization
Terus terang salah satu hal yang kurang di seri pertama adalah kemampuan untuk membuat karaktermu terasa unik dan berbeda dari karakter-karakter lainnya. Fakta bahwa tiap class terhubung dengan karakter tertentu memperparah hal ini, karena berarti semua Soldier, Siren, Hunter, dan Bezerker bisa dibilang sama.

Tapi di seri terbatu ini,  Borderlands 2 memiliki fitur kustomisasi, walaupun juga masih sangat terbatas. Nantinya kamu bisa menemukan berbagai item kosmetik yang akan mengubah penampilan karaktermu, mulai dari baju, celana, gaya rambut, kacamata, dan berbagai aksesoris lainnya.

3. Mini Map
Borderlands memang memiliki fitur map yang cukup informatif (walau kadang nge-bug) tapi kadang cukup merepotkan juga jika harus membuka peta tiap kali kamu ingin memastikan apakah sudah berada di jalur yang benar.

Oleh karena itulah Borderlands 2 akan memiliki fitur mini map. Fitur mini map ini adalah salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh fans. Selain berguna untuk memastikan apakah kamu sudah ada di jalur yang tepat, nantinya mini map ini juga akan menampilkan berbagai macam informasi lain seperti lokasi musuh, lokasi harta, dan tentunya lokasi NPC yang akan memberikan berbagai Quest.

4. What You See Is What I Got
Loot, Loot, dan Loot, itulah salah satu alasan mengapa Borderlands begitu adiktif. Saya bahkan sempat me-load ulang berkali-kali sampai mendapatkan senjata yang diinginkan dari suatu peti. Sayangnya, senjata-senjata keren ini ya hanya bisa kamu nikmati sendiri, secara visual orang lain tidak bisa melihat senjata keren apa saja yang kamu equip.

Dan Borderlands 2 mencoba untuk memberikan solusi untuk hal ini. Nantinya tiap senjata yang kamu equip akan nampak secara nyata dan bisa dilihat langsung oleh orang lain (di punggung, pinggang, dll). Jadi nantinya kamu bisa menyombongkan hasil loot-mu dengan lebih mudah.

5. More Specialize Gun Manufacturer
Tiap senjata di Borderlands memang sudah memiliki keistimewaan masing-masing, tapi nantinya Borderlands 2 akan lebih menyorot lagi keistimewaan dari masing-masing merek senjata ini. Misalnya saja ada senjata yang sekarang bisa dilempar seperti semacam granat jika pelurunya sudah habis. Jangan kuatir, setelah itu senjata tersebut akan secara ajaib muncul lagi di genggamanmu dengan peluru yang sudah penuh kok.

Kemudian ada juga senjata yang tampilannya sangat unik, mirip dengan barang rongsokan yang digabung-gabung jadi satu. Senjata yang satu ini biasanya dibuat oleh para bandit.

6. Dynamic Quest
System quest di Borderlands memang tidak jelek, tapi juga tidak ada yang istimewa dari sistem quest ini. Oleh karena itulah Gearbox Software telah merombak sistem quest di Borderlands 2. Nantinya akan ada banyak Dynamic Quest di Borderlands 2. Ini artinya quest tersebut akan berubah seiring dengan hal yang kamu lakukan. Misalnya saja, ada kemungkinan kamu gagal melakukan quest jika kamu terlambat menyelamatkan sandera. Selain itu Gearbox Software juga mengatakan nantinya akan ada beberapa pilihan di quest utama yang akan mengubah jalan cerita yang kamu dapatkan.

7. Smarter Enemy
Musuh di Borderlands tidaklah mudah untuk dikalahkan, tapi ini karena status mereka yang tinggi, bukan karena mereka cerdas. Sering kali musuh hanya menerjang saja dari depan tanpa pikir panjang.

Di Borderlands 2 hal tersebut akan berubah. Musuh tidak hanya akan memanfaatkan berbagai cover dengan lebih efektif, mereka juga akan memiliki kemampuan untuk mengepungmu. Intinya mereka bisa bekerja sama dengan lebih baik.

Selain itu, nantinya banyak musuh yang akan memiliki kelemahan yang unik. Misalnya saja ada musuh yang justru bisa bertengkar sendiri jika kamu menghancurkan bagian yang tepat dari musuh tersebut.

8. It’s All About The View
Memang beberapa orang tidak menyukai gaya gambar cell shading dari Borderlands yang berkesan terlalu kartun, tapi bagi saya, justru gaya gambar fantasi seperti itu cocok untuk digunakan di game over the top ala Borderlands. Sayangnya ada satu hal yang kurang dari Borderlands, yaitu terlalu monoton. Terus terang setelah bermain selama lebih dari 40 jam, saya cukup bosan juga melihat area tandus berwarna coklat terus menerus.

Untungnya Borderlands 2 tidak mengulangi hal yang sama. Bukan hanya grafis yang mengalami peningkatan, ragam area yang bisa kamu kunjungi juga berlipat, mulai dari pegunungan salju, hutan lebat, kawah gunung berapi, dan juga tentunya padang pasir tandus.

9. Original VS New
Saya sempat kecewa ketika Gearbox Software memutuskan untuk tidak memakai empat jagoan dari Borderlands yang pertama. Padahal saya sudah sangat menyukai Mordecai dari seri pertama. Tapi untungnya ke empat jagoan baru dari Borderlands 2 juga tidak kalah kerennya. Belum lagi, ternyata empat jagoan dari seri pertama juga akan hadir kembali di Borderlands 2, hanya saja mereka tidak bisa dimainkan.

Nantinya karakter-karakter dari Borderlands pertama ini akan membantumu dalam berbagai misi, bahkan kadang mereka juga akan bertarung bersamamu, tapi sekali lagi, kamu tidak akan bisa mengendalikan atau menggunakan mereka.

10. Claptrap is Back
Terus terang satu hal yang membuat saya langsung jatuh cinta pada Borderlands adalah robot cerewet super kocak bernama Claptrap yang membantu di sepanjang petualangan.

Maskot tidak resmi dari Borderlands ini tentunya akan kembali di Borderlands 2, dan ia akan memiliki peran yang lebih besar lagi. Ceritanya, Claptrap di Borderlands 2 adalah satu-satunya Claptrap yang tersisa, Claptrap lainnya sudah dihancurkan oleh Hyperion. Apa yang menyebabkan hal ini? Apakah Claptrap menyimpan suatu rahasia penting? Entahlah, yang pasti satu Claptrap yang tersisa ini akan membantumu untuk membalas dendam pada Hyperion yang sudah “membunuh” saudara-saudaranya.


SHARE
Previous articleHansel and Gretel: Witch Hunters, Dongeng Klasik Dengan Sentuhan Baru
Next articleMass Effect: Paragon Lost, Anime Prekuel dari Mass Effect 3!
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.