iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil

Sesuai jadwal, iPhone 5 dikonfirmasikan resmi melalui event tunggal pada 12 September 2012 kemarin, bertempat di Yerba Buena Center for the Arts di San Francisco. Berikut ini resume konferensi pers mereka, serta detail spesifikasi iPhone 5 yang sudah diungkapkan Apple.

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil Phil Schiller, senior vice president of worldwide marketing Apple Inc., menjadi salah satu yang mempresentasikan iPhone 5 selama event di San Francisco.[/caption]

Satu alasan kenapa awal September 2012 begitu padat event peluncuran smartphone baru tidak lain karena memang sebelumnya diduga Apple bakal pertama kali mengenalkan iPhone 5 mereka — karena itulah vendor lain mencuri start. Kami sempat memberikan beberpa prediksi seperti apa desain baru iPhone 5 tersebut, sekaligus kapan pertama kali diumumkan. Dan sesuai jadwal, iPhone 5 dikonfirmasikan resmi melalui event tunggal pada 12 September 2012 kemarin, bertempat di Yerba Buena Center for the Arts di San Francisco, mulai pukul 10:00am PST, atau sekitar jam 6 sore.

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil

Seperti biasa, dalam setiap press conference-nya Apple selalu memulai dengan statistik perkembangan produk mereka. Dimulai dengan Mac, dan khususnya Mountain Lion yang peng-updatenya sudah mencapai 7 juta. Kemudian market share Mac yang mencapai  27% pada bulan Juli 2012 lalu. Berlanjut ke iPad dengan data terakhir terjual 17 juta unit selama kuartal terakhir, dan kembali menambah total penjualan iPad selama ini menjadi 84 juta unit, dengan market share meningkat 6% menjadi 68% dari data tahun lalu.

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil

Padatnya trafik iPad juga sejalan dengan aplikasi pendukungnya. Saat ini tercatat 700,000 aplikasi, dengan 250,000 diantaranya telah mendukung resolusi besar iPad, serta 90% dari aplikasi tersebut di-download setiap bulannya, dengan rata - rata setiap pengguna iPad memiliki 100 aplikasi.

Lanjut ke halaman 2...

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil iPhone 5 menggunakan chipset Apple A6, dengan prosesor dua-inti dari varian terkini ARM Cortex-A15, yang masing - masing berjalan di kecepatan 1 GHz. System on chip (SoC) Apple A6 tersebut diklaim 2x kemampuannya dari Apple A5, serta didukung 1 GB RAM, dan juga kapasitas ROM hingga 59.6 GB[/caption]

Setelah CEO Tim Cook memulai dengan statistik tersebut, baru kemudian senior vice president untuk divisi worldwide marketing Apple, Phil Schiller naik ke panggung dan menjelaskan mengenai iPhone 5. Dia memulainya dari sisi luar iPhone 5, yang menggunakan bahan aluminium. Lebih tipis dari iPhone 4S yang ketebalannya 9.3mm, iPhone 5 ini tercatat hanya 7.6mm saja, atau 18% lebih langsing -- panjangnya sendiri 123.8mm dan lebar 58.6mm. Kemudian beratnya pun hanya 112g, atau 20% lebih ringan dari iPhone 4S yang beratnya 140g.

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil

Layarnya masih mengajukan kombinasi resolusi dan kerapatan pixel yang tinggi, dan jamak disebut sebagai Retina. Kini berukuran 4-inchi dengan resolusi 640 x 1136 pixel, kerapatan 326ppi, dan aspect ratio 16:9, membuat layar iPhone 5 cukup besar sehingga mampu menampung lima baris ikon. Dan semua software-nya juga di-update ke iOS 6.0 sehingga bisa menunjukkan lebih banyak content mengikuti layarnya yang makin melebar. Sedangkan untuk aplikasi lama bakal ditampilkan dalam bentuk kotak -- ada sisa pixel yang dibiarkan hitam di kedua sisanya.

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil Layarnya multi-touch-nya yang berukuran 4-inchi memiliki diagonal 100 mm, dengan resolusi 640×1,136 pixel pada kerapatan 326 ppi. Selain contrast ratio 800:1, kecerahan layarnya juga tinggi, mencapai 500 cd/m2 pada brightness maksimal. Oh ya, layarnya itu juga dilapisi lapisan oleophobic untuk mencegah menempelnya sidik jari.[/caption]

Schiller menambahkan jika layarnya mampu menampilkan warna lebih baik dari iphone 4S, dengan saturasi warna yang ditingkatkan hingga 44%. Layarnya kini sekaligus juga menjadi lokasi dimana sensor sentuh ditempatkan. Dengan sensor sentuh yang terintegrasi langsung pada layar, tepatnya ditempatkan satu lapisan di bawahnya, membuat layar juga terlihat lebih tajam.

Lanjut ke halaman 3...

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil

Kemudian masuk ke fitur konektifitas, kamu mendapatkan HSPA+, DC-HSDPA dan seperti yang sudah banyak disebutkan sebelumnya, Apple langsung memasukkan dukungan untuk koneksi 4G LTE dengan kecepatan hingga 100Mbps. Apple sendiri menggunakan satu chipset yang mengintegrasikan semua kebutuhan untuk komunikasi suara dan data. Dengan hadirnya LTE, maka mayoritas operator di Amerika bisa langsung menggunakan iPhone 5 ini. Kemudian konektivitas lainnya bisa kamu dapatkan melalui Wi-Fi a/b/g/n dengan kecepatan transfer mencapai 150Mbps.

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil Kamu mendapat dua pilihan warna dengan trim aluminium di pinggirnya yang juga berbeda. Untuk warna hitamnya disebut black glass, dengan trim aluminium warna slate gray. Sedangkan iPhone 5 putih seperti di atas, disebut white glass dengan trim aluminium warna silver.[/caption]

Chipset yang digunakan di sini disebut sebagai Apple A6. Melalui presentasinya, Schiller menyebutkan jika kemampuan CPU dan GPU-nya dua kali dibandingkan chupset mereka sebelumnya. Walaupun tidak diungkapkan secara gamblang, namun sepertinya chipset ini dari teknologi terkini, mungkin 28nm, karena Apple mengklaim ukurannya yang 22% lebih kecil dari sebelumnya. Melalui kombinasi tersebut, Apple juga menjanjikan grafis berkualitas konsol -- satu game yang didemokan adalah Real Racing 3 dari Electronic Arts, yang bakal kami bahas di bagian lain.

Karena dikembangkan dengan teknologi yang baru, chipset tersebut juga mampu membuat iPhone  5 bertahan lebih lama dari iPhone 4S. Klaim Apple, iPhone 5 bisa standby hingga 225 jam, 8 jam waktu bicara melalui 3G, dan hingga 8 jam melakukan browsing melalui kanal 3G atau LTE.

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil

Kamera juga menjadi bagian yang diungkapkan khusus. Memang masih sama, beresolusi 8-megapixel dengan penerangan belakang alias back-illuminated sensor BSI, bukaan lensa F/2.4 dan lapisan pelindung sapphire crystal. Kembali Apple berhasil membuat modul kameranya dalam iPhone 5 ini lebih kecil, tepatnya 25% dari sebelumnya, sehingga masih bisa masuk dengan baik dalam tubuhnya yang ramping.

Lanjut ke halaman 4...

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil Kartu SIM yang digunakan di sini adalah nano-SIM, yang mana ukurannya lebih kecil dari micro-SIM yang sudah diterapkan pada iPhone 4 dan 4S.[/caption]

Walaupun sama, namun Apple menjanjikan kinerja di keadaan minim cahaya bakal lebih baik -- tentu saja itu berkat penggunaan sensor BSI , selain juga karena penggunaan image signal processor ISP yang lebih modern di sini. Hasilnya, iPhone generasi keenam ini mampu menangkap foto 40% lebih cepat, dan juga bisa melakukan mode panorama, yang memperbesar hasil pixel gambarnya menjadi 28-megapixel.

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil Langsung dibekali chipset yang bisa bekerja di jaringan internet 4G LTE, iPhone 5 ini bisa memanfaatkan koneksi yang kecepatannya mencapai 100Mbps... Memang tidak semua, hanya di wilayah tertentu, seperti di USA (operator AT&T, Sprint - CDMA, Verizon - CDMA), Kanada (operator Bell, Rogers, Telus), Jepang (operator KDDI - CDMA, Softbank), Jerman (operator Deutsche Telekom), Inggris Raya (operator (Orange, T-Mobile), Australia (operator Optus, Telstra), Korea Selatan (operator SK Telecom, KT), Hong Kong (operator SmarTone), dan Singapura (operator M1,
SingTel). Sedangkan di negara yang masih belum mengadopsi LTE, iPhone 5 hanya bisa bekerja memanfaatkan kanal GSM/HSPA.[/caption]

Berlanjut pada kemampuan videonya, iPhone 5 juga bisa digunakan untuk merekam video berkualitas HD 1080p, bahkan kini mendapat dukungan opsi video stabilization dan juga face detection. Untuk melakukan FaceTime yang sebelumnya masih menjadi bahan kritikan karena kualitas kamera depan hanya VGA, kini kamera sekunder untuk video call itu diperbesar megapixel-nya menjadi 1.2-megapixel, dan mampu merekam video atau mentransfer video dengan kualitas 720p selama berkomunikasi video melalui FaceTime HD. Dan satu ini yang justru malah makin banyak ditinggalkan oleh sistem operasi lainnya seperti Android, Apple memasukkan opsi melakukan FaceTime melalui jaringan data, bukan hanya Wi-Fi.

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil

Mendukung komunikasi suara, untuk iPhone 5 ini Apple memberikan tiga mic. Ada satu di depan, bawah dan juga di belakang -- untuk kebutuhan merekam video dengan suara stereo, serta meminimalkan noise suara luar ketika berkomunikasi. Desain speaker-nya pun juga diperbaiki, dan kini earpiece-nya mendukung fungsi noise-cancelling serta wideband audio.

Lanjut ke halaman 5...

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil

Berlanjut ke konektornya, dimana beberapa waktu belakangan sudah banyak sumber menyebutkan jika Apple merubah konektor iOS baru mereka. Dan benar, ternyata mereka memilih konektor baru yang lebih kecil ukurannya, disebut Lighting. Konektor baru ini memiliki 8 pin dan 80% lebih kecil, dan juga diklaim lebih tahan serta reversible (bisa dicolokkan bolak - balik, gak perlu susah mencari mana sisi atas / bawah) - untuk kompatibilitas dengan kabel dan aksesoris tipe lama, disediakan konverter khusus.

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil Konektor Lightning menggantikan 30-pin dock connector dari iPhone / iPad / iPod yang lama. Konekor Lightning ini berjenis digital dan memiliki 8-pin yang dibuat sama di kedua sisinya, sehingga reversible / bolak - balik, serta bekerja di kedua arahnya.[/caption]

Presentasi kemudian berlanjut pada sisi software, yang sudah banyak diungkapkan melalui Worldwide Developers Conference (WWDC) Juni 2012 lalu. Mulai Maps yang mendapatkan panduan voice navigation, tampilan 3D dan satellite imagery serta 3D flyover. Lalu browser Safari yang di-update dengan tampilan full-screen, ada tab iCloud untuk sinkronisasi dengan desktop-- semacam sinkroniasi tab pada Google Chrome. Siri pun dikembangkan, dengan data olahraga, hingga merekomendasikan movie.

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil

iPhone 5 yang pre-order mulai dibuka besok 14 September dan mulai dikapalkan 21 September 2012 (kemudian 28 September 2012) nanti ini memiliki dua pilihan warna, Hitam dan Putih. Dan finishing aluminium di sisinya pun juga berbeda untuk tiap warna nantinya - abu-abu untuk yang warna hitam, dan perak untuk iPhone 5 warna putih. Kemudian berlanjut ke harganya, iPhone 5 nantinya bisa kamu dapatkan mulai US $199 (16GB), $299 (32GB) atau $399 (64GB) melalui kontrak operator -- harganya ketika masuk di Indonesia? Gampang, kalikan 3 saja dari harga kontraknya itu, hehe... :)

iPhone 5 Dikonfirmasikan, 18% Lebih Tipis, 20% Lebih Ringan, 12% Lebih Kecil

Ketika generasi keenam ini mulai dijual pertama kali di Amerika Serikat, Inggris Raya, Kanada, Prancis, Jerman, Australia, Jepang, Hong Kong dan Singapura, maka  iPhone 3GS bakal dihentikan penjualannya. Sedangkan untuk iPhone 4 dan 4S dipangkas harganya. Menurut Apple, iPhone 4 bakal gratis untuk yang versi 8GB dengan kontrak, dan 4S dijual seharga US $99 untuk versi 16GB.

Sumber: Apple, Gambar via Cnet

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU