Apple iPhone 5, An Image of Yester-Year Technology

Mengutip salah satu kalimat dalam presentasinya Tim Cook…  “This is unlike anything we or anyone else in our industry has made before, yang diucapkan selama peluncuran iPhone 5 kemarin, kita kembali teringat dengan perang paten yang memuncak akhir Agustus 2012 lalu. Dan kita semua juga tahu, tindakan Apple bisa dikatakan kekanakan, menuntut pihak lain karena mendesain smartphone yang mirip dengan produk mereka, atau bahkan fitur slide-to-unlock yang bisa diadopsi dengan mudah oleh pengembang aplikasi launcher mana pun, akhirnya juga diklaim milik mereka.

Dan kalimat Tim Cook bahwa iPhone 5 tersebut menjadi wujud sesuatu yang tidak pernah terlihat di industri smartphone, kembali menunjuk pada kebiasaan Apple yang selalu mengklaim bahwa apa yang sebenarnya sudah eksis di dunia adalah menjadi milik mereka. Ada layar 4-inchi, kamera 8-megapixel dengan kemampuan HD 1080p, kamera sekunder yang juga HD, prosesor A6 yang diklaim dua kali lebih cepat dari Apple A5X. Beberapa poin unggulan yang mereka iklaim sebagai yang pertama tersebut sudah sangat sering kita temui di dunia Android, bukan?

Dimulai dengan klaim the world’s thinnest smartphone yang juga diucapkan dalam salah satu bagian presentasi. Mungkin bagi mereka itu hanya berlaku di lokasi konferensi pers itu saja, karena kita juga tahu bahwa masih ada smartphone tipis lainnya di luar sana. Sebut saja Huawei Ascend P1s yang ketebalannya hanya 6.7mm dan bakal segera dirilis akhir tahun ini (yang masuk Indonesia masih varian Ascend P1 biasa, yang ketebalannya 7.7mm). Atau, yang baru saja dikonfirmasikan juga, Oppo Finder ketebalannya hanya 6.65mm, jelas lebih tipis dari iPhone 5 dengan tebal 7.6mm. Dan tentu saja penulis tidak akan melupakan Droid yang saat ini menemani sepanjang waktu, Motorola Droid RAZR XT910, yang ketebalannya pun hanya 7.1mm — di bagian tertipisnya. Bahkan Galaxy S III yang ketebalannya 8.6mm pun kami rasa tidak akan terlihat perbedaannya jika dibandingkan langsung dengan iPhone 5.

Optimus Black, berlayar 4-inchi, dan masih terlihat cakep (bukan model yang membawanya lho ya!) walaupun usianya sudah lebih dari setahun…

Menyinggung ukuran layar, Tim Cook mengatakan The new screen on iPhone 5 is a 4-inch display. Yup, sebagaimana presentasi mereka sebelumnya, ukuran layar yang sudah sangat jamak di ranah smartphone tersebut tetap menjadi satu poin yang dianggap membanggakan. Memang unik, jika kita menyinggung aspect ratio-nya yang begitu lega secara horizontal, namun tetap itu sebuah layar 4-inchi. Samsung Galaxy S yang sudah dirilis Juni 2010 lalu menggunakan ukuran tersebut, dan saat ini masih banyak diburu di Indonesia sebagai salah satu Android yang worthed karena harganya. Dan masih banyak smartphone lainnya yang menggunakan layar 4-inchi, kemudian mereka juga tetap terlihat cantik — penulis sendiri masih menganggap LG Optimus Black yang eksis mulai Mei 2011 lalu, berlayar iPS yang sangat terang (disebut sebagai Nova), berbidang 4-inchi, desainnya lebih “cakep” daripada iPhone 5.

Lanjut ke halaman 2

1
2
3
4

SHARE
Previous articleWarriors Orochi 3 Hyper, Hadirkan Lebih dari 130 Karakter!
Next articleBayonetta 2 Eksklusif Untuk Wii U
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.