Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris

Pada 6 September 2012 lalu, Amazon mengkonfirmasikan Kindle Fire HD. Generasi kedua tablet murah Kindle Fire tersebut kini ditawarkan dalam dua ukuran berbeda, yang jelas memang disediakan untuk "menembak" dua pasar berbeda.

Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris

Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris

Pada 6 September 2012 lalu, Amazon mengkonfirmasikan Kindle Fire HD. Generasi kedua tablet murah Kindle Fire tersebut kini ditawarkan dalam dua ukuran berbeda, yang jelas memang disediakan untuk "menembak" dua pasar berbeda. Dengan ukuran 7 dan 8.9-inchi, mereka yang nyaman degan tipikal tablet Android 7-inchi, atau yang sudah familiar dengan generasi pertama Fire tidak perlu harus kembali adaptasi. Kemudian 8.9-inchi untuk mereka yang sudah biasa menggunakan ukuran lebar seperti iPad. Selain itu, Apple iPad mini yang makin santer kabarnya, diprediksi menggunakan ukuran layar 7.85-inchi. Dan opsi 8.9-inchi melalui Fire HD tersebut bisa menjadi lawan yang lumayan tangguh.

Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris Amazon Kindle Fire  HD 7-inchi[/caption]

Penerus tablet murah dan laris tersebut dibuat lebih kencang melalui upgrade hardware. Kini prosesornya berjalan di kecepatan 1.2GHz, dengan jatah RAM digandakan menjadi 1GB, plus daya tahan baterai yang lebih lama. Singkatnya, dengan beberapa upgrade Kindle Fire kini menjadi 40% lebih cepat (membandingkan yang ukurannya 7-inchi, ya!). Layarnya masih menggunakan panel in-plane switching IPS, dengan dua opsi chipset yang berbeda.

Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris Amazon Kindle Fire HD 8.9-inchi[/caption]

Keputusan bijak Amazon, untuk Fire 8.9-inchi yang layarnya lebih lapang (dan memang resolusinya juga lebih besar), mereka menggunakan chipset Texas Instrument OMAP4470, dengan prosesor dua inti yang berkalan di kecepatan 1.5GHz. Sedangkan Fire HD 7-inchi menggunakan chipset TI OMAP 4460 yang juga digunakan RIM untuk BlackBerry PlayBook 4G LTE. Kedua chipset tersebut cukup mumpuni untuk memutar video berkualitas HD 1080p.

Amazon Kindle Press Conference — September 6, 2012

Lanjut ke halaman 2...

Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris Amazon Kindle Fire HD 8.9-inchi[/caption]

Resolusinya beda? Yup, untuk yang 7.0-inchi memilih resolusi yang masih jamak digunakan tipikal tablet 7-inchi, 1,280 x 800 pixel dengan kerapatan 215ppi. Sedangkan yang 8.9-inchi resolusinya 1,920 x 1200 pixel dengan kerapatan pixel 254ppi -- hanya terpaut sedikit dibandingkan kerapatan pixel 264ppi pada layar Retina new iPad, namun layar KIndle Fire 8.9-inchi juga lebih kecil... yang artinya, seharusnya tampilan layarnya lebih detail dari new iPad.Layar barunya tersebut juga diklaim 25% lebih kuat dalam memantulkan cahaya dan semua spektrum warna dari semua sudut melalui pemanfaatan lapisan filter advanced polarizing dan anti-glare. Keterangan lain mengenai layar kapasitip tersebut, jelas mendukung multi-touch, mengenali 10 titik sentuhan, dan dilapisi Gorilla Glass.

Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris

Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris Perbandingan Kindle Fire HD 7-inchi dan 8.9-inchi[/caption]

Suara yang keluar dari speaker tablet yang menggunakan antar muka modifikasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich ini juga makin mantap, karena selain speaker-nya stereo, Amazon juga melengkapinya dengan software pemrosesan audio Dolby Digital Plus. Kemudian untuk kestabilan koneksi Wi-Fi, kedua tablet ini didesain memiliki dua antena Wi-Fi yang bekerja di pita 2.4 Ghz dan 5 GHz, sehingga bisa menerapkan teknologi multiple-input and multiple-output MIMO untuk memperbaiki kualitas komunikasi Wi-Fi.

Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris

Kemudian ada satu fitur menarik yang mungkin bakal disukai penikmat film. Disebut X-Ray untuk menonton film, yang didukung oleh IMDB-powered). Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa menyentuh seorang aktor sambil menonton film-nya misalnya, maka langsung muncul nama dan biografinya (berdasar data dari IMDB). Selain X-Ray for Movies, juga disediakan X-Ray for Books, Immersion Reading, Whispersync for Voice, serta fitur Kindle FreeTime.

Introducing the All-New Kindle Fire HD — Amazon TV Commercial

Lanjut ke halaman 3...

Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris

Whispersync itu tadi juga menjadi solusi bagi mereka yang mungkin merasa bermain game di Android rentan kehilangan kondisi terakhir bermain-nya ketika harus ditinggalkan karena ingin mengakses fungsi yang lain -- apalagi jika RAM-nya termasuk terbatas. Karena melalui layanan baru tersebut, kamu bisa melakukan sinkronisasi data save game dengan Whispersync, sehingga kamu bisa langsung melanjutkan kembali permainan dimana kamu meninggalkan gamenya tadi -- yah, mirip - mirip lah dengan iPad. Whispersync juga bisa digunakan untuk menyimpan data posisi terakhir kamu membaca audiobook atau e-book. Esensinya layanan tersebut memanfaatkan storage di awan alias cloud untuk menyimpan data save game dan audiobook.

Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris

Kemudian Kindle FreeTime menjadi fitur khusus bagi anak - anak, yang memungkinkan mereka hanya bisa mengakses content yang aman untuk anak - anak. Melalui FreeTime yang fungsinya mirip seperti yang diterapkan Sony melalui Xperia Tablet S. Kamu para orang tua bisa membuat profil khusus untuk anak - anak, dan ketika diaktifkan, maka hanya content tertent yang bisa mereka akses. Selain itu, aplikasi baru seperti Facebook, Skype (adanya kamera depan -- yup, hanya di depan saja -- memungkinkan fitur video-chat) serta client email yang lebih baik menjadi pelengkap paket murah Kindle Fire HD. Sedangkan untuk konektivitasnya, ada port Micro-USB 2.0, HDMI, Bluetooth, port audio 3.5 mm, sensor ambient light, accelerometer, gyroscope, digital compass dan assisted-GPS.

Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris

Amazon sendiri menjual varian 7-inchi mulai kemarin, 14 September 2012 dengan harga yang masih sama seperti Fire sebelumya, yaitu US $199 untuk opsi 16GB, dan $249 untuk opsi storage 32GB. Sedangkan model dengan ukuran 8.9-inchi menyusul pada 20 september 2012 mendatang, dengan harga $299 untuk storage 16GB dan $369 untuk storage 32GB. Namun harganya meningkat menjadi $499 dan $599 untuk yang sudah mengadopsi koneksi 4G LTE (mendukung HSPA+, HSDPA, dan EDGE/GPRS) serta Wi-Fi -- dan varian 4G tersebut baru mulai dijual 20 November 2012. Khusus versi 4G tersebut kamu juga diharuskan berlangganan paket 4G LTE Amazon yang biayanya $49.99 per tahun!

Kindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris Amazon Kindle Fire HD 7-inch vs Google Nexus 7... siapa yang bakal menang?[/caption]

Mulai 6 September 2012 lalu mereka juga sudah menyediakan layanan pre-ordernya untuk wilayah Amerika Serikat, dan menyusul 25 Oktober 2012 nanti dibuka di Prancis, Jerman, Italia, Spanyol dan Inggris Raya. Namun itu hanya untuk 7-inchi saja, karena 8.9-inchi sementara waktu hanya bakal dijual di Amerika Serikat saja -- oh ya, untuk varian 8.9-inchi juga disediakan storage 64GB, walaupun ketersediaannya masih belum jelas. Sebagai tambahan, Kindle Fire generasi pertama kini juga dijual lebih murah, dengan storage 8GB bisa kamu dapatkan dengan harga $159. Hmmm... persaingan tablet murah makin memanas ya. Yang mainstream ada Google dengan Nexus 7, dan iPad mini dari Apple pun makin mendekati kenyataan. Tidak sabar melihat mereka bertika saling beradu.

Sumber: Amazon

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU