Pre TGS 2012: Mengintip Persiapan Altermyth Menuju Tokyo!

Tinggal beberapa hari lagi, gong Tokyo Game Show (TGS) 2012 akan segera ditabuh. Tahun ini, perhelatan TGS 2012 terasa lebih istimewa bagi Indonesia, karena untuk pertama kalinya Game Developer Indonesia akan turut ambil bagian dalam salah satu pameran game terbesar di dunia tersebut, yang diwakili oleh Altermyth dan Agate Studio.

Dalam kesempatan kali ini tim Duniaku mewawancarai Dien Wong, CEO dari Altermyth dan juga Shafiq Husein, Public & Community Manager Altermyth. Apa saja yang tengah mereka persiapan untuk menghadapi perhelatan tahunan tersebut? Dan kira-kira bagaimana suasana booth Indonesian Game Developer yang ada di sana? Simak yuk hasil wawancaranya berikut ini!

Bagaimana awal mulanya Altermyth bisa diundang ke TGS 2012?

Kita dapat berpartisipasi di acara TGS atas undangan dari Nikkei Business Publishing, yang memberikan penawaran khusus untuk Indonesia. Kami mengambil penawaran tersebut atas nama studio Indonesia dan membantu untuk mengorganisir beberapa Game Developer di Indonesia untuk bisa memperkenalkan produk mereka di event sebesar TGS. Awal mula kami diajak oleh Nikkei, karena kami turut membantu acara “Game Networking Jakarta” yang diselenggarakan oleh Nikkei beberapa waktu lalu di Grand Hyatt, Jakarta.

Apa saja persiapan yang saat ini dilakukan Altermyth untuk event di sana?

Saat ini kami mempersiapkan beberapa hal yang akan kami bawa untuk pameran di TGS, salah satunya kami menyiapkan booklet yang akan kami bagikan di acara tersebut. Booklet itu akan kami bagikan kepada beberapa perspective business relation di acara Business Day. Di booklet tersebut ada beberapa gamedev Indonesia yang turut serta di dalamnya untuk memperkenalkan soal company dan beberapa produk mereka.

Menurut rencana, ada berapa perwakilan Altermyth yang nanti berangkat ke sana?

Saat ini kami sudah menyiapkan perwakilan dari pihak Altermyth sebanyak 3 orang, yaitu Dien Wong (CEO) , Shafiq Husein (Public & Community Relation Manager), Nakia Fajaradzan (Game Designer).

Rencananya, agenda apa saja yang dilakukan Altermyth di TGS 2012 nanti?

Kami akan memamerkan beberapa games, dan juga video trailer produk games dari beberapa gamedev di Indonesia yang sudah mengirimkan video nya ke kami untuk diputar di booth “Indonesian Game Studios”.

Mengenai katalog Game Developer Indonesia yang akan dibagikan di sana, seperti apa sih isinya? Mungkin bisa dijelaskan sedikit?

Disana kami akan membagikan booklet “Indonesian Game Studios” kepada beberapa perspective bussines relation. Hal ini juga kami lakukan untuk memperkenalkan ke banyak orang bahwa di Indonesia industri games sudah sangat berkembang, dan seiring dengan berjalannya waktu semakin banyak gamedev – gamedev yang bagus di Indonesia. Isi dari booklet kami adalah perkenalan beberapa gamedev di Indonesia yang ikut berpartisipasi, tentu tidak semua gamedev ada disini, karena keterbatasan halaman yang kami miliki. Harapan kami dengan membawa booklet ini bisa membuka koneksi banyak perusahaan game di Jepang akan melakukan kerjasama dengan beberapa gamedev lokal di Indonesia.

Bisa kasih sedikit gambaran, kira-kira seperti apa suasana booth Indonesian Game Developer di TGS 2012 nantinya? Mungkin sudah mengetahui dimana letaknya? Lantas, apa saja acara yang tengah disiapkan untuk memeriahkan booth tersebut?

Melihat dari data statistik pengunjung TGS tahun lalu yang berhasil menembus jumlah lebih dari 200.000 pengunjung, kami yakin pameran tahun ini akan lebih ramai dari tahun sebelumnya, karena itu kami berupaya untuk mendekorasi booth kami dengan baik dan representative untuk Indonesia. Dan rencananya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Ibu Mari Elka Pangestu akan hadir disana untuk mendatangi booth “Indonesian Game Studios” di acara TGS. Tentu kami sangat menyambut baik hal itu sebagai bentuk support untuk Game Developer di Indonesia. Lokasi booth kami ada di area “Asia New Stars Area”.

Terima kasih Altermyth untuk waktunya. Sukses terus buat industri pengembangan game di Indonesia! Ikuti terus ya update berita tentang TGS 2012 dan juga kiprah Indonesia di event tersebut hanya di Duniaku.net!


SHARE
Previous articleKindle Fire HD Mulai Dijual, Amazon Siap Pertahankan Gelar Tablet Terlaris
Next articleFall Anime 2012, Bertebaran Seri Original yang Menjanjikan
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.