Pre TGS 2012: Mengintip Persiapan Agate Studio Menuju Tokyo!

Tinggal beberapa hari lagi menuju Tokyo Game Show (TGS) 2012 yang akan dimulai pada 20 September 2012 mendatang. Selain Altermyth, Game Developer Indonesia juga akan diwakili oleh Agate Studio dalam event yang berlangsung selama empat hari hingga 23 September 2012 nanti.

Nah, setelah sebelumnya tim Duniaku mewawancarai perwakilan Altermyth, kali ini tim Duniaku juga mewawancarai dua perwakilan dari Agate Studio, Yunita Anggraeni selaku Public Relations Manager, dan Shieny Aprilia selaku Chief Operating Officer. Bagaimana persiapan mereka menghadapi TGS 2012 dan bagaimana ceritanya mereka bisa mewakili Indonesia? Simak wawancaranya berikut!

Bagaimana awal mulanya Agate Studio bisa diundang ke TGS 2012?

Ceritanya beberapa waktu lalu, Agate sempat diundang ke acara Game Networking Jakarta kebetulan organized by Nikkei Business Publications, Inc. Disana game developer Indonesia berkumpul juga salah satunya Altermyth dan teman-teman game developer lainnya.. Sewaktu itu Agate diwakili Arief yang kebetulan juga menjadi salah satu speaker disana yang mengangkat tema Indonesian Game Industry and Market Outlook: Surviving Tips and Future Collaboration with Japanese Game Industry, yang lebih jelasnya bisa dilihat di sini .

Nah dari situ kebetulan TGS pun organized by Nikkei Business Publications, kemudian mengundang Indonesian Game Studios yang diwakili oleh Agate Studio, Altermyth, sebagai exhibitors di Asia New Stars Area dalam TGS :D

Apa saja persiapan yang saat ini dilakukan Agate untuk event di sana? 

Tentunya merupakan suatu kehormatan bagi Agate Studio dapat berpartisipasi di acara sekelas TGS yang merupakan salah satu event game terbaik di dunia. Terlebih lagi Agate Studio diundang menjadi salah satu panelis dalam Asia Game Business Summit di dalam TGS 2012 yang berlangsung pada tanggal 20 September,  dimana menjadi panelis satu-satunya dari Indonesia. Shieny Aprilia sebagai Chief Operating Officer akan mewakilkan Agate Studio dalam sesi diskusi tersebut, adapun tema diskusi yang diangkat ialah A New Era of Boundary-less Social and Mobile Games?! What Game Businesses Will Survive in Asia?  Untuk lebih jelasnya tentang diskusi panel ini bisa dilihat di sini.

Ini merupakan awal mula kemajuan game developer Indonesia di mata dunia. Dengan ini kesempatan Game Developer Indonesia untuk expand market ke international semakin terbuka. Mudah-mudahan melalui partisipasi game developer Indonesia di dalam TGS 2012 ini industri game Indonesia semakin dikenal dan terdengar di mata dunia sehingga Game Developer Indonesia semakin bersemangat dalam berkarya!

Menurut rencana, ada berapa perwakilan Agate yang nanti berangkat ke sana? 

Nanti Shieny Aprilia saja yang akan berangkat :)

Rencananya, agenda apa saja yang dilakukan Agate di TGS 2012 nanti?

Yang pasti kita akan memperkenalkan Agate jauh lebih dalam :D Selain berpartisipasi menjadi panelist dalam diskusi panel, kita juga akan memamerkan games yang akan kita rilis yaitu Oh My Witch dan Up in Flames untuk iOS.

Bisa kasih sedikit gambaran, kira-kira seperti apa suasana booth Indonesian Game Developer di TGS 2012 nantinya? 

Letaknya ada di Asia New Stars Area, 3-N6 booth number-nya. Disitu akan dipamerkan games-games buatan Agate, Altermyth dan Indonesia Game Studios lainnya. Selain itu akan dibuatkan juga sebuah Buklet Indonesia Game Studios yang berisi kumpulan studio game Indonesia. Kita bakalan banyak memperkenalkan Indonesia Game Studios dengan para praktisi games dan gamers disana :)

Selain Booth, Agate nanti kan juga menempatkan satu wakilnya, Shieny Aprilia untuk ikut diskusi panel. Materi seperti apa yang saat ini tengah disiapkan untuk mengikuti diskusi panel tersebut ya? 

Yang kita siapkan untuk diskusi panel:

  • Presentasi tentang Agate
  • Bahan yang akan dishare ketika diskusi panel dengan tema terutama tentang bagaimana trend mobile & social games di Indonesia, perbedaan pasar lokal Indonesia dengan negara Asia yang lain (bahasa, culture, religion, lifestyle, dll), dan visi Agate tentang bisnis social game 3 tahun ke depan.

Sukses terus buat Agate Studio dan industri pengembangan game di Indonesia! Ikuti terus ya update berita tentang TGS 2012 dan juga kiprah Indonesia di event tersebut hanya di Duniaku.net!


SHARE
Previous articleJump Attack yang Mengubah Gameplay Monster Hunter 4
Next articleOppo Find 5, Rekor Smartphone Pertama Berlayar Full HD 1080p
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.