PlayStation Mobile Dirilis, Era Baru Memainkan Game Dengan Brand “PlayStation”

Seperti yang kami beritakan sebelumnya melalui Booth Tour Sony selama Tokyo Game Show 2012, bahwa Sony bakal mulai membuka layanan PlayStation Mobile pada 3 Oktober 2012. Layanan tersebut menjembatani antara layanan game PSOne klasik dengan jajaran smartphone dan tablet Xperia.

Layanan ini dikhususkan untuk PlayStation Vita dan perangkat yang sudah mendapatkan label PlayStation Certified, sehingga pengguna gadget dan handheld tersebut bisa membeli game cukup sekali saja, dan memainkannya di platform yang didukung layanan ini. Perangkat yang sudah didukung dan mendapat label PlayStation Certified (selain PS Vita), dari data di Wikipedia antara lain: Xperia PLAY, Xperia arc, Xperia S, Xperia SL, Xperia SX, Xperia T, Xperia TX, Xperia V, Xperia ion, Xperia acro, Xperia acro S, Xperia acro HD, Sony Tablet S, Sony Tablet P, Xperia Tablet S, HTC One X, One X+, One S dan One V. Kemudian yang bakal segera menyusul, seperti tablet game WikiPad, kemudian ASUS juga bakal menyiapkan perangkatnya sendiri, dan yang dikonfirmasikan selama TGS 2012 lalu, Sony mengungkapkan jika Fujitsu dan Sharp juga siap menjadi partner.

Jika selama TGS 2012 lalu kami mengetahui ada sekittar 30 game disiapkan, namun hari ini kami mendapati hanya 20 game saja yang siap dibeli (yup, tidak gratisan!) dan di-download, dan kamu bisa memainka game tersebut dengan satu ID yang sama maksimal pada tiga perangkat yang berbeda — jadi beli satu game, bisa di-install maksimal di tiga perangkat ber-PlayStation Certified. Kemudian pada setiap perangkat ber-PlayStation Certified, kamu juga mendapatkan kontrol DUALSHOCK pada layar, dan khusus PS Vita bisa juga menggunakan tombol fisiknya.

Sementara ini PlayStation Mobile baru bisa diakses oleh pengguna di wilayah Inggris Raya, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol dan Australia. Namun jika kamu penasaran bagaimana tampilan aplikasi PlayStation Mobile versi Android, bisa men-downloadnya melalui link berikut ini — sekali perhatian, hanya untuk Android yang ber-PlayStation Certified ya (meskipun ada caranya jika mau install di Android lain), dan pastikan kamu sudah mencentang opsi “unknown resource” agar bisa meng-install file .apk selain dari Market! Oh ys, Sony juga membuat panduan untuk mengaksesnya, yang bisa kamu akses melalui link ini. Aplikasi PlayStation Mobile memintamu sign in dengan Sony Entertainment I.D. yang asli, dan untuk selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi ini tanpa perlu re-login kembali.

Thing’s You Should Know!

Kembali pada 2010 lalu, Sony mengumpulkan kembali aset PlayStation lawas mereka dan juga lini mobile Sony Ericsson, dan kemudian berencana meluncurkan ponsel ‘PlayStation’ yang pada akhirnya terwujud pada Sony Ericsson Xperia Play. Xperia Play pun menjadi perangkat pertama dengan PlayStation Certified, bukan hanya karena memiliki tombol khusus game, namun juga berkat Sony menginjeksikan framework khusus berupa kemampuan gaming murni melalui PlayStation Suite (layanan berupa sentra download game PlayStation lawas, dan menjadi cikal bakal layanan PlayStation Mobile). Melalui Xperia Play kamu bisa melihat, membeli dan men-download banyak game berlisensi Sony yang dioptimalkan untuk mobile — sebagian besar game PlayStation lawas, berkat KTP PlayStation Certified yang diusungnya.

Apa saja game yang sudah siap di PlayStation Mobile?

  • Action – Wipe!, Nyoqix, Rebel, Hungry Giraffe
  • Arcade – Super Crate Box, Aqua Kitty-Milk Mine Defender, Fuel Tiracas
  • Casual – Everybody’s Arcade, Twist Pilot
  • Music/Rhythm – Frederic-Resurrection of Music, Samurai Beatdown
  • Puzzle – Loot The Land, Magic Arrows, Underline, NUMBLAST, Word Blocked, Tractor Trails, Beats Slider
  • Simulation – Incurvio
  • Sports – Flick Hockey

Game tersebut bisa kalian dapatkan dengan harga 0 atau gratis seperti Everybody’s Arcade, atau 65p (Beats Slider), hingga yang paling mahal Incurvio yang dijual £5.89. Dan di bawah beberapa tampilan gamenya melalui screenshoot!

Loot The Land

Super Crate Box

Beats Slider

Enjoy great gaming on PlayStation®Mobile

Loot The Land for Playstation Mobile

Sumber: PlayStation


SHARE
Previous articleKarakter Baru Lagi di Warriors Orochi 3 Hyper
Next articlePanduan Mengakses PlayStation Mobile Dari Semua Android
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.