Galaxy S III Versi Asia Segera Mendapatkan Android 4.1 Jelly Bean

Setelah akhir September 2012 lalu beberapa negara di Eropa pertama kali mendapatkan Android 4.1 Jelly Bean untuk Samsung GT-i9300 Galaxy SIII, akhirnya hari ini Samsung mulai menyebarkan update Jelly Bean untuk wilayah Asia. Tepatnya dimulai di negara asalnya, Korea Selatan.

Di Korea ada beberapa tipe Galaxy S III. Antara lain, Galaxy S III SHV-E210S dan SHW-M440S untuk operator SKT. Lalu SHV-E210K untuk operator KT. Dan SHV-E210L untuk operator LG U+. Dan yang pertama kali mendapatkan Jelly Bean adalah tipe yang 3G, SHW-M440S — ketiga rekan lainnya sudah mengadopsi teknologi LTE. Di mata pengguna Galaxy S III, varian Korea tersebut dianggap sebagai versi “ultimate” dari Galaxy S III-nya Samsung. Perbedaan yang membuat mereka banyak diburu antara lain karena RAM-nya yang mencapai 2GB! Kemudian ada fasilitas T-DMB (Digital Multimedia Broadcasting) yang hanya available di Korea Selatan — fitur ini menggantikan radio FM. Sedangkan sisa spesifikasinya sama dengan versi internasional, termasuk yang dijual di Indonesia. Namun jatah RAM tinggi itu tadi yang membuatnya sangat menarik.

Perbandingan antara Galaxy S III versi 4G dan 3G di Korea Selatan!

Samsung sendiri merilis varian 2GB tersebut juga di Korea Selatan (selain di Jepang dan untuk beberapa operator di Amerika Utara), karena untuk membendung langkah LG di sana yang meng-counter Galaxy S III dengan LG Optimus LTE2, yang menjagokan fitur RAM 2GB. Optimus LTE 2 tersebut dikonfirmasikan hanya berselang beberapa jam setelah Galaxy S III dikonfirmasikan di Korea Mei 2012 lalu. Baru kemudian Juli 2012, Samsung mulai menjual Galaxy S III dengan RAM 2GB mereka di Korea Selatan.

Kembali pada Jelly Bean, pertama kali untuk SHW-M440S, yang notabene spesifikasinya sama persis dengan varian internasional (dan juga varian Indonesia) dari Galaxy S III. Bisa disimpulkan di Indonesia update Jelly Bean juga bakal segera di-push secara OTA melalui Samsung KIES — so, pengguna Galaxy S III, rajin – rajin saja ngecek KIES ya!

Pembaruan yang bakal kamu dapatkan dari update Jelly Bean ini antara lain:

1.Upgrade platform Android 4.0 ICS -> Android 4.1 JB
– Perbaikan performance ketika bergerak dari home screen ke aplikasi, aplikasi ke home screen
– Perbaikan fungsi untuk  beberapa aplikasi, termasuk ditambahkannya aplikasi khusus Jelly Bean seperti Google Now

2.Menambah preload application
– Kini ada aplikasi Help

3.Fungsi yang baru dan lebih baik
– Menambahkan Easy mode, mode Interception
– Perbaikan kemampuan kamera: kini ada fungsi Pause ketika kamu merekam video
– Fungsi Smart Rotation
– Upgrade Pop up Play, kini bisa mengatur besar kecil jendela pop up dan ada fungsi pause

Galaxy SIII Jelly Bean Update

Sumber: Samsung Tomorrow (1), (2), Samfirmware


SHARE
Previous articleKombinasi RTS dan Elemen Card Game dalam Lords of Vandaria!
Next articleMelihat Lebih Dekat Armor Thanos dan Loki di The Avengers

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.