Computer Festival 2012, Bentuk Kontribusi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia untuk Bangsa

Computer Festival adalah rangkaian acara bertema teknologi informasi (TI) yang setiap tahun diadakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI). Sebagai perhelatan terbesar yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fasilkom UI, Computer Festival adalah salah satu bentuk kontribusi nyata mahasiswa Fasilkom UI di bidang TI kepada bangsa Indonesia. Computer Festival 2012 yang diselenggarakan untuk kali ke-4 ini mengangkat tema Advancing the Atmosphere of Innovation and Education (ATOMIC).

Computer Festival 2012 kali ini akan dilangsungkan pada tanggal 13 dan 14 Oktober 2012 di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Diselenggarakan di jantung Universitas Indonesia, Computer Festival 2012 memiliki harapan besar untuk berhasil menjadi acara TI yang dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Kompetisi, Roadshow, Seminar, dan Expo adalah komponen utama yang dimiliki oleh Computer Festival 2012. Komponen-komponen utama ini diharapkan dapat membuat tujuan Computer Festival 2012 untuk berkontribusi di bidang TI kepada Indonesia dapat dicapai. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Computer Festival 2012 adalah Programming, Robotics, Mobile Games, dan Web Development. Kompetisi di Computer Festival diperuntukkan bagi siswa SMA, mahasiswa, dan juga umum dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Diharapkan dengan kompetisi ini, bibit-bibit unggul bangsa Indonesia dapat membuahkan karya-karyanya melalui kompetisi Computer Festival 2012.

Seminar Computer Festival 2012 akan berlangsung pada tanggal 13 dan 14 Oktober 2012 di Auditorium lantai 6 Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Selama dua hari, Computer Festival 2012 akan menyediakan 6 seminar inovatif dengan pembicara yang ahli di bidangnya, serta dipandu oleh moderator yang terkenal di bidang. Enam Seminar dari Computer Festival 2012 mengangkat satu tema utama, yaitu inovasi teknologi beserta pemanfaatannya. Topik inovasi dalam E-Commerce, Sentiment Analysis pada Social Media, Augmented Reality dalam Mobile Games, OpenBTS, Cloud Computing, serta Gamification dalam Digital Marketing akan dibahas secara mendalam di Seminar Computer Festival 2012. IT Experts seperti Onno W. Purbo, Narenda Wicaksono (Nokia Developer Manager), Enda Nasution (Managing Director SalingSilang.com), dan  (Managing Director HP (Hewlettt-Packard) Indonesia) Shashidhar Savkur, adalah sebagian dari pembicara yang akan ada di seminar Computer Festival 2012. Terlebih lagi, keenam seminar tersebut akan dimoderatori oleh beberapa orang ternama seperti beberapa orang ternama seperti Natali Ardianto (inisiator dari Startup Lokal Community), Alex Budiyanto (Coordinator at CloudIndonesia) dan Rhein Mahatma (Co-Founder at StartupBisnis).

Computer Festival 2012 meyakini bahwa seminar-seminar tersebut dapat menjadi media yang sempurna untuk edukasi. Oleh karena itu, untuk menghadiri seminar-seminar Computer Festival 2012 tidak dikenakan biaya. Dengan ini, Computer Festival 2012 berkeinginan untuk menjadi salah satu pelopor edukasi TI yang paling bergengsi di Indonesia.

Komponen terakhir yang merupakan komponen utama di Computer Festival 2012 adalah Expo Computer Festival 2012. Expo Computer Festival 2012 akan dilangsungkan di Lantai Dasar Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia dengan menghadirkan komunitas-komunitas TI lokal yang telah memberikan beragam inovasi di berbagai bidang TI di Indonesia. Ini merupakan bentuk apresiasi Computer Festival 2012 kepada anak bangsa yang berjasa dalam pengembangan TI di Indonesia.

Pengisi stand Expo Computer Festival 2012 antara lain: Nokia, Hewlett Packard (HP) Indonesia, Tokobagus.com, Mozilla Indonesia, Tim Robot UI (TRUI), AR&Co, Agate Studio, ALUS Mobile, Majalah IT Gramedia (Chip – PCPlus – Info Komputer), Ingame (Karaoke Yuk), Chocoart, Ghiboo.com, Majalah HotGame-PCGame–Forsel–Sinyal, ICT Watch, Microsoft Innovation Center dan Altrovis, Inovasi Karya Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UI, DOSCOM, Vocapost, CloudIndonesia, Blender Indonesia, dan RISTEK Fasilkom UI. Dengan berbagai stand inovasi ini, Computer Festival 2012 berharap dapat menjadi yang terdepan dalam mengusung inovasi di bidang TI ke masyarakat luas.

Selain berbagai macam stand, dalam Expo Computer Festival 2012 juga akan dihadirkan talkshow dari para Inovator TI lokal seperti David Setiabudi dari Divine Kids, Mega Denditya sebagai game developer di Chocoarts, dan juga augmented reality expert dari AR&Co, Peter Shearer. Selain itu, akan diselenggarakan tahap final dari kompetisi Robotics, Web Development, serta Mobile Games Developer War 4 Rookie (MGDW 4). Seluruh rangkaian perhelatan acara TI terbesar Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia juga akan dimeriahkan oleh sederet pengisi acara Entertainment yang digelar di area Expo Computer Festival 2012. Akan ditampilkan Live Performances dari Endah N Rhesa, Blotymama, Bengkel Musik FT UI, Neverland Indo, Sunday Night, dan masih banyak lagi pengisi acara yang akan menampilkan performa terbaiknya. Entertainment juga akan dimeriahkan oleh Vocal Group UI yang pada Juli lalu meraih Juara Pertama di Pekan Seni Mahasiswa Nasional  2012.

Main event dari Computer Festival 2012 akan dibuka dengan opening ceremony yang akan dihadiri oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan juga Bapak Djoko Santoso selaku Pejabat Sementara (Pjs) Rektor Universitas Indonesia (UI). Mereka akan turut membuka main event Computer Festival 2012 bersama Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Prof. T. Basaruddin, Ph.D.

Seluruh rangkaian main event dari Computer Festival 2012 akan berlangsung pada tanggal 13-14 Oktober 2012 bertempat di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia dan pengunjung tidak dikenakan biaya apapun. Jangan lewatkan acara TI terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh mahasiswa, Computer Festival 2012!

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi website Computer Festival  2012, like Facebook Page Computer Festival 2012 di www.facebook.com/CompFest,  dan follow twitter Computer Festival 2012 di @CompFest.


SHARE
Previous articleChaos Rings Kini Tersedia di Google Play Store!
Next articleUpdate Baru Google+, Beri Opsi Interaksi Langsung Dari Aplikasi Mobile
Wadah Gamer dari beberapa generasi, yang mencoba mengekspos hobi video game dari banyak sisi. Dengan tidak melulu game, Duniaku bisa menunjukkan pada khalayak, bahwa Gamer dan video game, adalah hobi yang tidak terbatas.