Samsung Galaxy S III mini Menampakkan Diri, Detail Spesifikasi Pun Terungkap

Setelah kemarin kami mendengar bahwa Samsung memilih memampatkan ukuran Galaxy S III dari layar 4.8-inchi ke 4-inchi, kini kami mendapatkan detail spesifikasi Samsung GT-i8190 Galaxy mini.

Jagoan “S” cilik ini ternyata benar menggunakan layar 4-inchi, dengan bahan Super AMOLED serta resolusi WVGA, alias resolusi yang sama seperti Galaxy S generasi pertama. Untuk chipset-nya, mungkin ini yang di luar ekspetasi, karena Samsung memilih chipset ST-Ericsson U8420 dengan dua inti prosesor yang berjalan di kecepatan 1GHz serta RAM 1GB. Setidaknya dari segi kinerja dia setara dengan Galaxy S Advance dan Galace Ace 2 serta Galaxy Beam. Atau bisa disetarakan dengan Droid pesainnya, Xperia go, Xperia sola, dan Xperia P.

Namun yang membuatnya menarik, Galaxy S III mini ini langsung diluncurkan dengan Android 4.1 Jelly Bean, lengkap dengan polesan antar muka TouchWiz. Kamera utamanya 5-megapixel dengan flash LED, serta dilengkapi kamera depan berkualitas VGA. Dari sisi konektivitas standar 3G GSM dengan kecepatan 14.4Mbps untuk download dan 5.76 untuk upload, dual-band Wi-Fi a/b/g/n, DLNA, Bluetooth 4.0, NFC (opsional) serta port microUSB. Internal storage-nya 16GB, jelas lebih besar dari Galaxy S Advance, serta bisa diperbesar melalui slot microSD.

Ukuran mini-nya dicapai dengan dimensi fisik 121.6 x 63 x 9.9mm, jadi tidak terpaut banyak dibanding Galaxy S Advance dengan 123.2 x 63 x 9.7mm, atau bahkan Galaxy S II dengan 125.3 x 66.1 x 8.5mm. Seperti tipikal Galaxy-nya Samsung, casing luarnya benar – benar terasa kesan plastiknya. Oh ya, kapasitas baterainya juga hanya 1500mAh seperti Galaxy S kelas menengah lainnya.

Namun untuk kelas, sepertinya kita juga salah menduga jika harganya bakal berada di range middle, karena Samsung memutuskan menjual Galaxy S III mini ini dengan harga €400, atau sekitar Rp. 5.000.000, membuatnya di posisi yang tidak berbeda jauh dengan “big brother” Galaxy S III. Mungkin yang membuat banderolnya tinggi karena adanya nama Galaxy S III itu ya… :p Pilihan warnanya hitam, biru dan putih, serta ada penawaran dengan NFC atau tanpa NFC. Btw, berhubungan dengan kata “mini,” seharusnya Apple hari ini juga mengkonfirmasikan iPad mini. Tetap tunggu kabar selanjutnya dari kami untuk detail iPad mini… !

Sumber: MobileGeeks 


SHARE
Previous articleDuel Stan Lee Media, Inc. vs. Walt Disney, Rebutkan Superhero Marvel
Next articleWawancara dengan Tetsuya Nomura Mengenai Kingdom Hearts HD 1.5 ReMIX

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.