Wawancara dengan Tetsuya Nomura Mengenai Kingdom Hearts HD 1.5 ReMIX

Famitsu berhasil mengadakan wawancara dengan produser serial Kingdom Hearts, Tetsuya Nomura. Beliau banyak memaparkan mengenai KH HD 1.5 ReMIX, yang ternyata telah dikembangkan sebelum Final Fantasy X HD! Beliau mengatakan pada tim pengembang Osaka (tim yang mengembangkan KH Birth by Sleep dan KH 3D) untuk membuat game yang memaksimalkan kekuatan PS3. Sehingga akhirnya muncul ide untuk mengembangkan KH HD 1.5 ReMIX. Hampir setahun, hanya ada dua orang programmer dari tim Osaka yang mengerjakan proyek ini, dan mereka sebelumnya tidak pernah terlibat dalam pengembangan serial KH. Berbeda dengan tim Tokyo yang juga mengembangkan KH dan sering berganti-ganti orang, tim Osaka lebih konsisten anggotanya.

Sejatinya KH 358/2 Days juga akan dibuat versi remade-nya, tapi pekerjaan tersebut pasti akan menyita lebih banyak sumber daya. Nomura menjelaskan bahwa movie atau cutscene KH 358/2 Days yang ada di KH HD 1.5 ReMIX ini meliputi sekitar 70% ceritanya. Akan ada tambahan teks untuk dunia Disney di dalamnya. Jika digabungkan, cutscene ini akan berdurasi sekitar dua hingga tiga jam. Akan ada voice acting baru, dan kamu bisa langsung melihatnya ketika memulai permainan, tanpa perlu memainkan game-nya terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui bersama, tiap game KH memiliki sebuah movie atau ending rahasia yang memberikan petunjuk mengenai game KH berikutnya, KH HD 1.5 ReMIX tidak memilikinya. Saat ini pengembangan sudah mencapai tahap final, dan Nomura sedang mempertimbangkan bagaimana cara memasukkan unsur trophy ke dalamnya. Nomura juga mengatakan, selain fitur trophy, tidak ada tambahan besar lainnya. Tim pengembang membuat game ini lebih mudah dimainkan dengan menggunakan sistem kamera seperti di KH II dan mengatur tombol segitiga sebagai aksi spesial (persis seperti di KH II).

Nomura sendiri menyimpulkan akan sulit untuk mengikuti keseluruhan serial KH, karena game-game KH tersebar di banyak konsol. Untuk ulang tahun serial KH ke-10, beliau ingin pemain baru bisa langsung mengenal dunia KH melalui KH HD 1.5 ReMIX ini. Nomura juga mengatakan, lebih spesifik, ”akan janggal rasanya jika tidak ada (KH) 2.5.” Nah lho, ada game KH baru yang akan beliau kembangkan?

Selain itu juga ada sedikit detail mengenai KH for PC Browser. Game ini seperti tipikal game browser lainnya, terfokus pada penggunaan kartu-kartu sebagai gameplay utamanya. Ada fitur kooperatif multiplayer di dalamnya, tapi dasarnya game ini bisa dimainkan sendirian. Pengembangan game ini dilakukan di tempat lain, bukan merupakan tanggung jawab tim Osaka. Game ini merupakan sebuah judul spin off yang tidak ada kaitannya dengan jalan cerita utama serial KH. “Akan ada karakter baru di dalamnya, tapi saya tidak bisa mengatakan apakah dia berpengaruh pada jalan cerita utamanya,” ungkap Nomura.

Sebagai penutup, KH saga yang selama ini kita mainkan dan ikuti ceritanya terfokus pada kisah Xehanort. Dan ya, saga ini memiliki nama resmi, chapter The Dark Seeker. Hmm, akan ada saga atau chapter yang lainnya berarti ya? Kita tunggu saja deh informasi resmi dari Tetsuya Nomura dan Square Enix.

Selain KH HD 1.5 ReMIX, Tetsuya Nomura juga terlibat dalam beberapa proyek lainnya.

Pertama, beliau menjelaskan mengenai keputusan akhir untuk merilis The World Ends With You di iOS, yang melibatkan beragam alasan terkait hal tersebut. “TWEWY adalah salah satu gaem favorit saya,” ujar Nomura. “Saya ingin mengembangkan judul ini, jadi saya berharap banyak orang yang menikmati TWEWY: Solo Remix.”

Proyek kedua, Lightning Returns: Final Fantasy XIII. “Terkait dengan Lightning Returns: Final Fantasy XIII, saya mendesain kostum baru untuk Lightning dan Snow, tapi pekerjaan saya sendiri untuk judul tersebut sudah selesai.”

Proyek ketiga dan yang paling ditunggu, Final Fantasy Versus XIII. “Proses pengembangan Final Fantasy Versus XIII terus berlanjut seperti yang direncanakan.Para staf berusaha yang terbaik dalam pekerjaannya, jadi bersabar saja untuk kabar lebih lanjutnya segera.”

[ Sumber : Siliconera, Gematsu ]


SHARE
Previous articleSamsung Galaxy S III mini Menampakkan Diri, Detail Spesifikasi Pun Terungkap
Next articleKlarifikasi Tudingan Curang, Capcom Siapkan “DLC” Gratis untuk Resident Evil 6

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma – sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.