IGS 2012: Indonesia Game Show 2012 Coverage Hub

Indonesia Game Show (IGS) 2012 akhirnya resmi dibuka pada hari Jum’at, 12 Oktober 2012 kemarin. Ajang yang dilaksanakan di Assembly Hall Jakarta Convention Centre ini dilaksanakan hingga hari Minggu 14 Oktober . Tercatat, lebih dari 70 booth memeriahkan ajang yang diselenggarakan oleh Gamestation, yang bekerja sama dengan Mediatama Binakreasi dan Rapture Gaming Singapore ini, yang terdiri dari booth Publisher game, developer game Indonesia, perlengkapan dan hardware PC, hingga booth penjualan Gunpla.

Acara pembukaannya sendiri dimulai sekitar pukul 14.30, dan diawali dengan kata sambutan dari Bapak Wendy Chandra, CEO dari Megindo sekaligus ketua penyelenggara IGS 2012. Dalam sambutan singkatnya, Bapak Wendy berharap bahwa IGS 2012 ini nantinya bisa menjadi patokan untuk perkembangan game di Indonesia. Selain itu, beliau juga mengungkapkan bahwa sudah saatnya para developer game Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Untuk itulah, mereka menyelenggarakan Game Developer Award, salah satu rangkaian acara dalam IGS 2012 ini untuk memberikan apresiasi terhadap karya-karya mereka.

Mendapat kesempatan untuk memberikan sambutan selanjutnya adalah Bapak Ashwin Sasongko, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika dari Kementrian Komunikasi dan Informatika. Dalam sambutannya, beliau memberikan beberapa fokus utama, seperti penyelenggaran IGS 2012 yang sangat mendukung program ICT di ASEAN. Selain itu, senada dengan Bapak Wendy, Beliau juga sangat mendukung para developer game Indonesia dan berharap para developer ini bisa besar di rumah sendiri. Lebih lanjut, Beliau juga sangat berharap bahwa acara IGS ini bisa berlangsung setiap tahun, tidak perlu jeda empat tahun seperti sekarang. Sekedar informasi, IGS sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2008, sebelum diselenggarakan kembali pada tahun ini.

Tepat pada pukul 15.07, tombol Start yang menandai dimulainya acara IGS 2012 pun ditekan, disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari pengunjung yang hadir. Setelah memulai acara secara simbolis, seremonial dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan dan ucapan terima kasih dari panitia kepada pihak-pihak yang sudah membantu terselenggaranya acara ini.

Seremonial pun ditutup dengan penampilan girl band Super Girlies yang membawakan lima lagu. Bukan cuma beraksi di atas panggung, sesekali beberapa personil dari Super Girlies turun dari panggung untuk menyapa dan berinteraksi dengan pengunjung.

Acara utama dalam IGS 2012 adalah kompetisi e-sport game yang terdiri dari tiga kompetisi utama yaitu World Cyber Game (WCG) 2012 road to China, Electronic Sport Cyber Game (ESWC) 2012 road to Paris, dan The Game Expo (TGX) 2012 road to Malaysia. Beberapa game yang dipertandingkan antara lain Counter Strike Online dan CrossFire (untuk WCG 2012), FIFA 2013, Tekken Tag Tournament 2, Point Blank, dan DotA (untuk ESWC 2012), DotA 2 dan Counter Strike Global Offensive (untuk TGX 2012). Selain itu juga, ada kompetisi Pro Evolution Soccer 2013 yang diselenggarakan oleh MaenBola Rankings.

Selain kompetisi e-sport, masih banyak acara lain yang siap memeriahkan IGS hari ini dan besok, seperti penjurian dan presentasi Game Developer Award, Talkshow oleh Shuji Utsumi, yang merupakan salah satu anggota founder dari Sony Computer Entertainment America, hingga kompetisi cosplay. Oiya, artikel ini akan terus di-update dengan liputan lain dari IGS 2012. Kunjungi salah satu link di bawah ini untuk membaca liputan lainnya ya! (Febrizio feat. Cornell)

– Press Release Indonesia Game Show

– Talk Show Bersama Shuji Utsumi

– Game Developer Award

– Cosplay Competition

– Berkeliling Booth Developer Game Indonesia

– Turnamen PES 2013 MaenBola.com

– Perebutan Tiket Menuju WCG, ESWC dan TGX 2012 di Hari Ketiga

– Wawancara Eksklusif dengan tim Joe Net, Jawara DotA 2 di IGS 2012

– Banyak Kejutan di Booth Vandaria Saga

– Berkeliling Booth Publisher Indonesia

– Wawancara Eksklusif dengan Yulius Leonard, Jawara Tekken Tag Tournament 2 di IGS 2012


SHARE
Previous articleBoardgame Hut, Komunitas Pecinta Board Game!
Next articleQEON Interactive Hadir Dalam Indonesia Game Show 2012 !!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.