LG Nexus 4 Menampakkan Diri, Bakal Dikonfirmasikan Akhir Oktober 2012

Melanjutkan tradisi Google yang selalu me-refresh smartphone Nexus mereka setiap tahunnya untuk mewakili peluncuran versi baru Android, kini Google memilih LG sebagai wakilnya melalui LG Nexus 4.

Bagian belakangnya kini datar namun tetap berpola, tidak kasar berpola agak melengkung seperti pada Galaxy Nexus.

Desas – desus Nexus baru ini memang sudah terdengar sejak awal Oktober lalu. Namun baru dalam beberapa hari belakangan makin kuat. Awalnya banyak yang menyangsikan karena Google memilih LG sebagai partner. Bukan karena Android yang pernah mereka produksi kurang bagus. Namun LG memiliki reputasi terlalu lambat memberikan update versi baru Android. Namun dengan beberapa bocoran foto yang beredar beberapa hari ini, keraguan tersebut sirna.

Perbandingan layarnya dengan layar iPhone 5.

Dugaan awal yang menyebutkan jika Nexus generasi keempat (setelah Nexus One diproduksi HTC, dan Nexus S serta Galaxy Nexus oleh Samsung) tidak lain sekadar “permak casing” dari LG Optimus G pun rupanya juga benar. Awalnya disebut dengan kode nama LG E960, smartphone ini mengusung chipset dengan prosesor S4 Snapdragon quad-core, 2GB RAM, dan layar 4.7-inchi dengan resolusi 1280 x 768-pixel berbahan IPS — menjadikan Nexus 4 sebagai Nexus pertama menggunakan layar berbahan LCD, bukanya AMOLED. Awalnya disebutkan bakal langsung menggunakan versi baru Android 4.2 Key Lime Pie, namun ternyata sementara ini dipatahkan dan hanya mengajukan upgrade minor melalui Android 4.1.2 — belum dijelaskan apa fitur baru dalam upgrade tersebut. Sementara waktu peluncurannya dikabarkan akhir Oktober, tepatnya tanggal 29 nanti.

Nexus 4 di sebelah kiri, bersanding dengan Galaxy Nexus. Susah membedakannya.

Walaupun generasi baru, namun ketika melihatnya kita langsung teringat dengan Galaxy Nexus, dan demikian juga sedikit memiliki kemiripan dengan pola desain Galaxy S III. Well, dua nama tersebut selamat dari ulah iseng tuntutan pihak lain, mungkin memang lebih aman masih mengajukan desain yang serupa. Terlihat dari tiga tombol utama Android menyatu pada layar, tepat di bawahnya  juga menyimpan lampu LED untuk notifikasi. Perubahan material terlihat pada penggunaan lapisan krom pada sekeliling bezelnya, serta casing belakang yang meskipun terlihat datar namun berpola, dimana sangat bagus karena cukup tahan terhadap goresan.

Lalu ada slot micro SIM di sisi kiri, dan memang slot SIM ditempatkan di luar karena baterainya tidak bisa digonta – ganti. Lalu yang tidak akan menyulitkan kita mencari pelindung layar, karena layarnya dibuat datar, bukanya agak melengkung seperti pada Galaxy Nexus. Port audio 3.5mm pun dipindahkan ke atas. Sementara ini pun diketahui jika hanya disediakan internal storage 8GB, tanpa slot microSD — ini baru versi purwa rupa, bisa berubah nanti ketika resmi dikonfirmasikan.

Satu LED di bawah layar sepertinya menjadi ciri khas smartphone Nexus.

Spesifikasi lain yang sudah terungkap seperti kamera utamanya dengan sensor 8-megapixel, dan sementara ini diketahui focal lenght-nya 4.6mm. Hasil foto dari kamera tersebut juga diketahui kurang bagus, dengan banyak detail hilang dan white balance sepertinya absen. Namun hasil foto tersebut diambil dari versi purwa rupa, seharusnya bakal mendapat perbaikan, termasuk overall antar mukanya yang agak lambat (bisa dilihat pada hasil benchmark Antutu dan Quadrant pada salah satu gambar di bawah). Semoga saja versi finalnya nanti langsung menggunakan Android 4.2 yang antar mukanya lebih smooth, internal storagenya tidak sekecil ini atau ada slot micro SD, dan hasil fotonya bisa diperbaiki.

Berikut ini kumpulan foto LG Nexus 4 yang sudah di-publish dari Onliner. Beberapa juga menunjukkan hasil fotonya serta screenshot antar mukanya.

[nggallery id=82]

Sumber: Onliner


SHARE
Previous articleNew York Comic-Con: The Amazing Spiderman Versi Wii U
Next articleYoukai Watch Milik Level-5 Akan Dirilis untuk 3DS
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.