Fotodroids, Komunitas Andrografi Pertama di Indonesia

Member Komunitas Fotodroids

Bagi Citizen yang gemar foto menggunakan ponsel Android atau biasa disebut Andrografer atau Android fotografer. Fotodroids hadir sebagai salah satu komunitas Andrografer yang pertama dan terbesar di Indonesia. Saya berkesempatan untuk mewawancarai dengan Alex Chandra salah satu Manager Fotodroids seputar kegiatan dari Komunitas Fotodroids.

Duniaku Network (DN) : Pertama-tama bisa diperkenalkan dulu siapa aja yang ada di belakang Fotodroids? Sedikit penjelasan juga mengenai Fotodroids, mungkin profil singkatnya?
Alex Chandra (AC) : Fotodroids diprakarsai oleh tiga orang co-founder, Johanes Juda, Lean Nasution, dan Yopie Suryadi. Berdiri tanggal 30 Januari 2011, diawali dengan munculnya id twitter dan milis Fotodroids di google groups.
Saat ini fotodroids memiliki 5 (lima) managers (menyesuaikan dengan sebutan moderator di Google Groups), yaitu Alex Chandra, Johanes Juda, Lean Nasution, Ritchie Sebastian, dan Robert Tanamas.

DN : Untuk sekarang kesibukan apa aja yang dijalanin Fotodroids?
AC : Di Fotodroids, kami sering melakukan hunting foto bersama yang disebut piXout. Selain itu, di milis juga ada kegiatan PMP (Pimp My Picture) di mana tiap member dapat meng-upload foto tanpa editan untuk kemudian diedit oleh member lainnya. Pemilik foto asli kemudian akan memilih foto terbaik untuk kemudian diminta tips dan trik-nya dalam mengedit foto tersebut.

Fotodroids – Best of Weeklycontest2 “Couple” by @roberttanamas

DN : Apakah di Komunitas Fotodroids untuk saat ini terbagi beberapa regional? Kalau ada regional apa saja?
AC : Di Fotodroids, kami memiliki 2 koordinator wilayah, yaitu Francisca Tiara di Surabaya, dan Furqan Malfira di Aceh. Di Jakarta dan Banjarmasin bisa langsung menghubungi managers bila butuh contact untuk gathering. Untuk daerah selain itu, bisa juga langsung menghubungi managers agar nanti kami koordinasikan dengan member yang ada di daerah tersebut.

DN : Dari awal berdiri Fotodroid sampai sekarang ada hal yang paling berkesan gak??
AC : Yang paling berkesan ialah ketika ulang tahun pertama Fotodroids, semua managers bisa berkumpul di satu tempat (Jakarta) dan berbagi cerita dengan para anggota Fotodroids.

DN :  Kegiatan apa aja sih yang sudah di jalanin Fotodroids? Dalam waktu dekat ini apakah ada kegiatan untuk komunitas Fotodroids?
AC : Kegiatan-kegiatan yang telah dijalani Fotodroids diantaranya ialah piXout bersama (sudah sering dilakukan), pameran hasil karya member di acara PicFest 2011, workshop mobile photography di Lab School Rawamangun, dan acara-acara gathering bersama.
Dalam waktu dekat ini, Fotodroids akan menjadi narasumber di acara diskusi fotografi dengan tema “How to be Creative with Cellphone Camera” yang diadakan oleh YAI pada tanggal 25 Oktober 2012 di Museum Mandiri.

DN : Ke depannya apa yang ingin Fotodroid lakukan??
AC :Yang pasti, kami ingin semakin mempopulerkan mobile photography di Indonesia.

DN : Harapan ke depan untuk Fotodroids?
AC : Tentunya kami ingin komunitas ini menjadi semakin solid dan menjadi yang terdepan di dunia mobile photography pada umumnya dan di dunia android photography pada khususnya. :)

DN : Terima kasih untuk kesempatannya. Sukses terus untuk Fotodroids!
AC : Sama-sama. :)

Bagi Citizen yang ingin gabung dengan milis Fotodroids bisa subscribe di http://groups.google.com/group/fotodroids atau ingin tahu lebih lanjut mengenai Fotodroids bisa melalui :
Facebook : Fotodroids
Twitter : @fotodroids
Website : http://fotodroids.net 

Bagi Citizen yang tinggal di kota Surabaya, jangan sampai ketinggalan event yang diadakan Fotodroids Surabaya. Akan ada #StreetHunting pada tanggal 21 Oktober 2012. :)

#StreetHunting, Fotodroids Surabaya

 


SHARE
Previous articleIGS 2012: Turnamen Pro Evolution Soccer 2013 dari MaenBola!
Next articleDua Klip Terbaru Skyfall

Mahasiswa ITS yang mempunyai interest besar dalam dunia fotografi. Selain itu sangat suka dengan manga, anime, game online dan kucing. Manga yang selalu ditunggu-tunggu adalah One Piece. Fans berat majalah OMEGA, karena majalah inilah memberikan saya pengalaman baru sebagai kontributor di Duniaku.net.