Microsoft Surface RT Bisa Dipesan Mulai Sekarang, Ternyata “Lebih Murah” Dari iPad 3

Sampai beberapa hari lalu kita hanya mengetahui berapa harga yang dipatok Microsoft untuk Windows 8 mereka. Namun untuk tablet Surface yang direncanakan rilis bersamaan dengan Windows 8, kita masih belum mengetahui berapa nilainya. Tidak hingga saat ini, karena Microsoft mulai membuka layanan pre-order untuk Surface RT dan bakal mulai dikapalkan 26 Oktober 2012 mendatang.

Yup, yang baru dikonfirmasikan ini adalah harga untuk varian Surface entry level dengan prosesor ARM yang menggunakan Windows RT. Surface RT bakal dijual dengan harga mulai $500 dengan internal storage 32GB tanpa Black Touch Cover (yang juga berperan sebagai keyboard). Namun jika kamu ingin mendapatkan aksesoris ala Asus Transformer tersebut, merubah tablet Surface menjadi pengganti notebook yang cukup ringan, kamu tinggal mengambah $120. Namun dengan harga yang lebih murah, yaitu $600, kamu langsung mendapatkan varian 32GB dengan cover plus keyboard-nya. Well, memang setara dengan harga new iPad 3, namun untuk Surface kamu langsung mendapatkan aksesoris keyboard dengan harga yang sama.

Microsoft Surface dengan Touch Cover. Keyboard-nya tidak terlalu menonjol, cukup disentuh untuk menerima perintah.

Varian tertinggi dengan internal storage 64GB bertengger di harga $700, lengkap dengan Black Touch Cover. Jika ingin lebih gaya, pilihan termurah plus membeli touch cover sendiri, kamu bisa memilih antara warna merah, putih, biru atau ungu, selain tentu saja warna htam. Aksesoris lainnya yang bisa melengkapi tablet ini adalah Type Cover berharga $130, namun sayangnya hanya disediakan warna hitam saja — sesuai namanya, keyboard Type Cover lebih terlihat menonjol seperti layaknya keyboard fisik.

Microsoft Surface dengan Type Cover. Perhatikan bagian keyboard-nya, terlihat lebih menonjol. Cocok bagi mereka yang menginginkan feedback.

Mereka yang tertarik mem-pre order tablet Microsoft Surface RT ini bisa langsung melakukannya dari halaman pre order. Sayangnya baru untuk wilayah Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Jerman, Perancis, dan Australia. Harga untuk wilayah Eropa adalah €479 untuk varian 32GB, atau €579 sudah plus Touch Cover. Sedangkan di Inggris Raya harganya mulai £399.

Oh ya, bagi yang masih bingung, Microsoft Surface RT ini datang dengan sistem operasi Windows RT. Sistem operasi ini sebelumnya dikenal sebagai Windows on ARM, dan menjadi semacam versi “lite” dari Windows 8 yang ditujukan khusus untuk perangkat yang menggunakan chipset berasitektur ARM seperti tablet. Jika sebelumnya disebutkan jika RT merupakan singkatan dari “Runtime,” namun belakangan kembali diketahui jika RT ternyata tidak memiliki arti khusus, seperti sebelumnya Windows menggunakan “NT” atau “XP” untuk brand Windows lama mereka.

Esensinya karena Windows RT ini berbagi kernel. driver, tingkat keamanan, dan grafisnya dengan Windows 8 dan Windows Phone 8, maka sistem operasi tersebut hanya bisa menjalankan software yang disediakan Microsoft melalui Windows Store atau sudah termasuk build in dalam Windows RT — Windows Store merupakan platform baru yang berperan menjadi pusat distribusi digital semua aplikasi berbasis Metro untuk sistem operasi Windows 8 dan Windows RT. Sedangkan Windows Phone 8 memiliki toko digital sendiri, yaitu Windows Phone Store.

Aplikasi yang sudah disediakan oleh Microsoft dalam Windows RT antara lain Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote 2013 RT. Microsoft sendiri tidak menjual sistem operasi ini secara retail, namun hanya untuk mereka para produsen hardware, dimana ada standar minimal untuk hardware yang direncanakan menjalankan Windows RT ini. Selain itu, hanya aplikasi yang ditulis menggunakan Windows Runtime Metro saja yang bisa dijalankan di Windows RT, mereka yang mengembangkan aplikasi menggunakan  Win32 API tidak bisa dijalankan di Windows RT.

Perbandingan harga varian terendah Surface dengan tablet lain di kelasnya. Klik gambar untuk memperbesar.

Sedangkan perbedaan mendasar dibandingkan Windows 8, dalam Windows RT ini tidak memasukkan paket Windows Media Player seperti yang ditemukan dalam Windows 8, dan juga Windows Media Center, sekaligus fitur seperti Storage Spaces dan BitLocker — walaupun Windows RT juga bakal memiliki fasilitas enkripsi mereka sendiri nantinya). Selain itu, mereka yang biasa menggunakan PC tradisional dari Intel, atau yang kompatibel dengan x86, lebih bijak memilih Windows 8 (Core) dan Windows 8 Pro. Lebih jauh mengenai keduanya, bakal kami berikan sebuah artikel khusus berisi panduan memilih Windows RT atau Windows 8. Untuk saat ini, simak saja berikut detail spesifikasi Surface RT dan beberapa video mengenai Surface yang sudah dirilis Microsoft.

Surface With Windows RT

Halo 4 awalnya sempat dirumorkan bisa berjalan di Surface.
  • Software – Surface with Windows RT comes with Microsoft Office Home and Student 2013 RT Preview (which includes Microsoft Word, PowerPoint, Excel and OneNote)
  • Exterior – 10.81 x 6.77 x 0.37 inches, 1.5 pounds, VaporMg casing, dark titanium color, volume and power buttons
  • Storage – 32 GB or 64 GB
  • CPU – NVIDIA T30, 2 GB of RAM — detailnya, prosesornya memiliki empat inti dengan kecepatan 1.4 GHz berteknologi ARM Cortex-A9 (atau bisa berjalan hingga 1.5 GHz pada mode single-core), GPU ULP GeForce dengan kecepatan 520 MHz
  • Wireless – Wi-Fi (802.11a/b/g/n), Bluetooth 4.0 technology
  • Cameras – Two 720p HD cameras, front- and rear-facing
  • Audio – Two microphones, stereo speakers
  • Ports – Full-size USB 2.0, microSDXC card slot, headset jack, HD video out port, cover port
  • Sensors – Ambient light sensor, accelerometer, gyroscope, compass
  • Power Supply – 24W power supply
  • Warranty – One-year limited hardware warranty
  • Apps (included) – Microsoft Office Home and Student 2013 RT Preview (Word, PowerPoint, Excel and OneNote), Windows Mail and Windows Messaging, SkyDrive, Windows Internet Explorer 10, Bing, Xbox Music, Xbox Video, and Xbox Games — yup, kamu bisa main game Xbox menggunakan kontroler Xbox 360 yang dihubungkan melalui USB!

[nggallery id=100]

Microsoft Surface Street Art time lapse

The Surface Movement

The making of Microsoft Surface

Sumber: Microsoft Store, Surface, Facebook


SHARE
Previous articleIGS 2012: Penuh Hadiah dan Merchandise di Booth Publisher
Next articleHTC One S Special Edition, Pilihan Warna Putih Plus Storage 64GB!

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.