ASUS Google Nexus 7 Resmi Dijual di Indonesia! Tablet 7-Inchi Quad-Core Jelly Bean 2 Jutaan!

Google Nexus 7 sudah hampir 5 bulan dijual di pasaran, sedangkan di Indonesia baru mulai masuk awal November 2012 mendatang. Spesifikasi tinggi, quad-core Tegra 3, menggunakan Jelly Bean, pasti mendapatkan upgrade ke Android 4.2.. harganya “hanya” 2 jutaan!!

Nexus 7 menjadi usaha Google menghadang laju Amazon dengan Kindle Fire-nya yang secara mengagumkan mampu menjadi pemimpin pasar penjualan tablet Android di Amerika Serikat. Dengan perkiraan angka penjualan lebih dari 1 juta unit hanya dalam 3 bulan setelah peluncurannya, atau 10 ribu unit per hari (data dari ZDnet), Nexus 7 sukses mengalahkan penjualan tablet Android lainnya. Walaupun belum diungkapkan resmi oleh Google, namun prediksi sebelumnya Nexus 7 bisa laku sampai 6 juta unit sampai akhir tahun ini.

Sejauh ini Nexus 7 sudah dirilis di beberapa negara. Pertama kali dijual 13 Juli 2012 di Australia dan Amerika Serikat, dan terakhir 29 September 2012 lalu di Singapura, kemudianh Rusia dan Swedia pada 12 Oktober 2012. Dan kini giliran di Indonesia, ASUS (yang memang menjadi produsen Nexus 7) rupanya tidak mau melewatkan sukses di negara lain tersebut dan bakal merilis Nexus 7 secara resmi di Indonesia. Kami mendapatkan info ini melalui sbuah toko online Lazada, yang membuka layanan pre order Nexus 7 16GB dengan harga Rp 2.899.000, dengan waktu pengiriman mulai 1 November 2012 nanti.

Penulis sudah mengkonfirmasikan dengan pihak customer service Lazada, dan menanyakan mekanisme pre ordernya ini. Informasih yang kami dapatkan, Nexus 7 ini benar didatangkan langsung oleh ASUS Indonesia. Pre order pertama juga baru dibuka di Lazada, dan harga tersebut fix tanpa ada diskon. Kamu bisa langsung membayar full transfer ke Lazada dan nanti saat mulai dikirimkan, akan mendapat prioritas pengiriman pertama. Namun kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas “Bayar di Tempat”  dengan menghubungi customer service-nya, dan nanti barang akan dikirim sekaligus pembayaran dilakukan ketika barang kamu terima — biasa disebut COD alias cash-on-delivery. Namun untuk pre order tersebut, prioritas tetap di bawah mereka yang sudah transfer langsung secara full. Dan jika kamu kurang sreg dengan kedua pilihan pre ordernya, bisa menunggu ketika ASUS resmi menjualnya awal November 2012 nanti.

Jika dibandingkan dengan harga yang dipatok Google di luar sana, varian 16GB ini seharusnya hanya berharga US$249 saja di Amerika Serikat. Namun di wilayah lain, harganya juga berbeda kok. Karena di wilayah Eropa, rata – rata varian 16GB ini harganya melambung menjadi £199 dan €249, atau sekitar Rp. 3.1 jutaan. Jadi harga perkenalan dari ASUS di rentang Rp. 2.9 juta termasuk masih murah — bahkan lebih murah dari Nexus 7 tidak resmi yang banyak dijual di forum – forum jual beli online, bekas pula barangnya… hehe! Apalagi jika melihat spesifikasinya, dan dibandingkan dengan tablet lain di kelasnya. Satu – satunya pesaing dari brand komputer ternama adalah dari Acer dengan Iconia Tab A 101 (ada kamera belakang dan slot microSD, namun sayang masih dual-core dan baterainya payah), yang harganya pun sudah turun di kisaran Rp. 2,990,000. Berikut kami berikan spesifikasi Nexus 7 dan juga bagi kamu yang selalu berpatokan pada angka, ada hasil benchmark tablet terjangkau dari ASUS dan Google ini — dan hasilnya tidak mengecewakan.

Spesifikasi Asus Nexus 7 WiFi – 16 GB – Hitam

SKU AS100EL76EGLANID-39190
Model Tablet
Ukuran (L x W x H cm) 19.85 x 12 x 1.045 cm
Berat (kg) 0.34 kg
Warna Hitam
Tipe Asus Nexus 7 16 GB
Ukuran Layar (in) 7.0
Sistem Operasi Android
Fitur Tampilan HD
Fitur Music Player|Email|Touchscreen|GPS|MP3|Internet Ready
Highlights (Bullets)
  • Pre-Order
  • Android 4.1 Jelly Bean
  • Quad-core Tegra 3
  • 1.2MP Kamera Depan
  • Barang dikirim mulai tgl. 01 November 2012
Garansi produk 1 Tahun Garansi (Spare-part dan Servis)
Input USB
Output 3.5mm jack
Koneksi Nirkabel Near Field Communication (NFC)|Bluetooth|WiFi
Kamera Ya
Kamera Depan 1.2 MP
USB Port Ya
Resolusi Layar 1280×800
Tipe Baterai Li-Ion
Kapasitas Baterai 4325 mAh
Format Foto JPEG
Built in Memory 1GB RAM
Tipe Layar IPS LCD
Kedalaman Warna 16 juta warna
Versi Sistem Operasi Android 4.1 Jelly Bean
Kapasitas Penyimpanan 16 GB
Kecepatan Processor Quad-core 1.3 GHz
Waktu Siaga 300 Jam
Tipe Processor Cortex-A9

Hasil Benchmark

[nggallery id=109]

Sumber: Lazada, ASUS


SHARE
Previous articleTiga Event Seru AIKA Online
Next articleDisgaea Dimension 2, Sekuel Langsung dari Disgaea!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.