“Battle of the Second Screen” Segera Dimulai, Xbox SmartGlass Rilis 26 Oktober 2012

Microsoft baru saja mengumumkan mereka akan merilis aplikasi SmartGlass pada tanggal 26 Oktober mendatang, bersamaan dengan dirilisnya Windows 8. Bagi yang belum tahu, SmartGlass ini adalah sebuah aplikasi yang bisa membuat telepon berbasis Android, Windows 8, ataupun iOS menjadi semacam layar kedua untuk berbagai game dan aplikasi. Intinya, SmartGlass mampu mengubah telepon mu menjadi Gamepad milik Wii U. Sayangnya support SmartGlass untuk Android dan iOS baru akan dirilis awal tahun 2013.

Ini berarti Microsoft dan Xbox 360 akan mencuri start dalam perang layar kedua, mengingat Nintendo Wii U baru akan dirilis bulan depan. Tapi yang menjadi pertanyaan adalah, game apa saja yang sudah siap dimainkan menggunakan SmartGlass pada tanggal 26 November nanti? Kamu bisa melihat daftar lengkap dari  game dan aplikasi yang akan mendukung SmartGlass dibawah ini, tapi mari kita lihat lebih dekat apa yang bisa dilakukan SmartGlass untuk game dan aplikasi ini.

Dance Central 3 memanfaatkan SmartGlass untuk tiga hal. Yang pertama adalah kamu bisa memilih dan mendaftarkan lagu apa yang ingin kamu mainkan. Yang kedua adalah kamu bisa mendaftarkan DLC apa saja yang ingin kamu donwload. Dan yang terakhir berhubungan dengan bagaimana kamu bisa melihat berapa banyak kalori yang sudah kamu bakar, dan seberapa jauh kamu sudah mencapai target mingguan yang kamu tetapkan.

Sementara itu untuk Forza Horizon, SmartGlass akan menunjukkan navigasi GPS dan peta keseluruhan dari lintasan yang sedang kamu mainkan. Tentunya ini hanyalah salah satu dari berbagai fitur SmartGlass untuk Forza Horizon. Halo 4 juga mensupport fitur SmartGlass dan untuk saat ini, fitur yang sudah dikonfirmasi oleh Microsoft adalah, kamu bisa melihat status dari Waypoint lewat SmartGlass.

Bagaimana dengan aplikasi lain? Pada dasarnya ketika berinteraksi dengan musik, maupun film yang sedang dimainkan di Xbox 360, SmartGlass berfungsi sebagai semacam remote control. Tapi SmartGlass bukanlah remote control biasa. Selain memiliki fungsi standard dari remote control seperti memilih lagu yang dinginkan atau melompat ke adegan yang ingin dilihat, kamu juga bisa mendapatkan info mengenai lagu yang sedang dimainkan, aktor yang sedang kamu tonton, dan banyak lainnya. Bahkan ketika menonton pertandingan olah raga di Xbox 360, kamu bisa melihat kembali berbagai highlight dari pertandingan tersebut, kapanpun kamu mau. Jadi tinggal kita lihat saja siapakah yang nantinya akan memenangkan perang layar kedua ini, Microsoft, Nintendo, atau Sony.

Game

  • Ascend
  • Dance Central 3
  • Forza Horizon
  • Halo Waypoint
  • Home Run Stars
  • Karaoke
  • Kinect Sesame Street TV
  • Prima Games

App Lain

  • ESPN
  • NBA Game Time
  • UFC
  • Elections 2012
  • HBO GO
  • MSN
  • NBC News
  • NOW TV
  • Slacker Radio
  • TODAY
  • Univision

http://youtu.be/oudsfXP1ZfI

Battle of the Second Screen

Kami sudah mengulas detail konsep SmartGlass yang sebenarnya sudah disiapkan Microsoft sejak 2010 lalu. Masuk saja ke artikel yang mengulas prediksi teknologi Xbox 720 di sini untuk mengetahui detail awal Project Fortaleza alias SmartGlass. Dari konsepnya itu kami sudah bisa membaca, bahwa Microsoft serius membuat sebuah ekosistem baru yang semuanya terpusat pada Windows 8 mereka.

Kemudian dengan jajaran Windows Phone 8 mereka dengan OS baru yang tidak konservatif seperti Windows Phone sebelumnya, diharapkan mobile gaming Microsoft melalui Xbox Live Arcade yang dikonvert ke smartphone bisa lebih berkembang nantinya. Plus tidak ketinggalan Microsoft Surface (awalnya diduga sebuah kontroler layar kedua untuk Xbox), yang menjanjikan sebuah mobile gaming yang bukan sekadar Xbox Live Arcade saja, karena jajaran tablet Microsoft tersebut terbukti mampu memainkan game – game Xbox. Selain itu jangan lupakan bahwa SmartGlass mendukung ketiga platform mobile terbesar saat ini. Mungkin untuk Android dan iOS tidak kebagian opsi memainkan game Xbox Live Arcade (walaupun para penggila Achievement masih bisa memanfaatkan aplikasi XBLA untuk memantau profil mereka), namun jelas opsi SmartGlass untuk platform selain Windows Phone menjadikannya pilihan terbaik, karena kami yakin mayoritas gamer memiliki salah satu dari smartphone Android atau iOS, tentunya selain Windows Phone.

Persaingan menjadi semakin menarik. Nintendo dengan Wii U dan GamePad-nya. Dan Sony mengajukan duet PlayStation 3 dengan PlayStation Vita. Memang diantara ketiganya hanya Wii U saja konsol baru yang diajukan, namun kualitasnya sebenarnya setara dengan X360 atau PS3. Dan sebenarnya persaingan ke depan juga bakal terfokus pada layar keduanya. Lantas menurut Citizen Duniaku, mana konsep terbaik dengan layar keduanya? Apakah Wii U dan GamePad-nya yang masih fresh? PlayStation 3 yang masih berjuang keras karena PlayStation Vita masih belum bisa keep-up angka penjualan dan dan daftar gamenya? Atau justru konsep keren SmartGlass ini? Jangan lupa, masih ada konsep layar kedua lainnya, khususnya untuk gamer mobile Android melalui Google Glass. Tuangkan pendapatmu pada kolom comment di bawah ya, apakah kalian juga sama excited-nya seperti kami menanggapi trend layar kedua ini!!


SHARE
Previous articleAssassin’s Creed III Launch Trailer
Next articleDell Luncurkan Monitor dan Mouse yang Dirancang Khusus Untuk Windows 8
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.