PS3 Is Hacked, Again?

PS3 ter-hack memang sudah bukan berita baru lagi. Tapi selama ini untuk meng-hack PS3, kamu mutlak membutuhkan satu syarat, yaitu official firmware (OFW) mu tidak boleh lebih baru dari versi 3.55. Jika secara tidak sengaja kamu sudah meng-update ke versi OFW yang lebih baru, maka kamu tidak lagi bisa menikmati berbagai fasilitas dari custom firmware (seperti memainkan emulator dan game bajakan). Tentunya ini juga membuat mu tidak bisa terhubung ke PSN dan bermain secara online, karena untuk melakukan hal ini Sony akan memaksamu untuk meng-upgrade OFW ke versi paling baru.

Namun semuanya ini akan segera berubah, karena akhirnya kunci pengamanan LV0 dari Sony secara resmi dibocorkan oleh para hacker di internet. Apa sih sebenarnya kunci pengamanan LV0 ini? Analoginya adalah seperti ini, Sony selalu memproteksi semua update dan file yang ada di PS3 dalam sebuah brankas. Untuk membuka dan membaca isi dari brankas ini kamu membutuhkan sebuah kunci yang dinamai kunci LV0. Jadi dengan diketahuinya kunci LV0 dari PS3, maka para hacker bisa mengobok-obok sistem keamanan Sony dengan mudah. Memang Sony bisa saja teru meng-update dan memperbaharui sistem keamanannya, tapi selama Sony tidak mengganti “brankas”, maka kunci LV0 akan selalu bisa digunakan untuk menganalisa update terbaru dari Sony tersebut di sebuah komputer.

Saat ini sudah ada dua custom firmware (CFW) yang memanfaatkan kunci LV0 ini yaitu Bluedisk dan Rogero. Keduanya saat ini menggunakan versi OFW 4.25, artinya kamu bisa mengupdate OFW mu ke versi 4.25 dengan menggunakan CFW ini. Perlu diketahui, Sony sendiri sudah meng-update OFW-nya menjadi 4.30, jadi bagi kamu yang ingin bermain online harus menunggu sampai Bluedisk dan Rogero merilis versi 4.30 dari CFW mereka. Dan dengan adanya kunci LV0 saya yakin kamu tidak usah menunggu terlalu lama untuk mendapatkan update ini. Bisa dibilang Sony kali ini sudah KO dalam perang melawan para hacker. Tapi toh sudah saatnya Sony mengeluarkan konsol baru, jadi seharusnya hal ini tidak akan terlalu menjadi masalah.


SHARE
Previous articleTanggal Rilis Sword Art Online: Infinity Moment Sudah Ditentukan!
Next articleHari Ini HTC One X Dapatkan Jelly Bean, OneX+ dan One S Special Dirilis di Akhir Oktober

Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.