Samsung Nexus 10, Tablet Pertama Beresolusi 2560*1600-pixel dan Prosesor 1.7GHz!

Google memang membatalkan event di New York karena angin topan Sandy, namun bukan berarti mereka keluar dari jadwal, karena konfirmasi Nexus terbaru, termasuk tablet Samsung Nexus 10 juga masih bisa dilakukan melalui halaman blog Google.

Melalui Google Blog, kami mendapatkan kabar bahwa akhirnya tablet yang beberapa minggu ini menjadi bahan pembicaraan resmi dibuka kedoknya oleh Google. Inilah Samsung Nexus 10, yang menggoda karena resolusi layar 10.1-inchinya mencapai 2560 x 1600 pixel. Bahkan kerapatan pixelnya pun melampaui yang mampu ditawarkan Apple dengan layar Retina mereka, yaitu 300ppi — perbandingannya layar iPad generasi 3 berada di ukuran 9.7-inchi dengan resolusi 2048×1536-pixel dan kerapatan 264ppi.

Seperti yang sudah banyak kami ungkapkan sebelumnya, Nexus 10 menggunakan “mesin” baru racikan Samsung yang disebut Exynos 5 Dual, dengan dua inti prosesor yang dibangun dengan teknologi baru Cortex-A15, kecepatannya sendiri 1.7GHz (di bawah 2GHz dari rumor sebelumnya), serta GPU dengan empat inti Mali T-604, yang dibekingi oleh RAM 2GB untuk memuluskan kinerja multi tasking. Selain itu, GPU yang diusung Samsung tersebut juga sempat dites dan masuk data GLBenchmark. Hasilnya sudah diduga, juga karena dua inti Cortex-A15, hasil benchmark Exynos 5 Dual mengungguli banyak chipset lain, termasuk Snapdragon S4 Pro.

Dan berikut detail perbandingannya dengan LG Optimus G, Xiaomi Mi-Two dan Samsung Galaxy S III — klik gambar untuk memperbesar!

Meskipun tidak diungkapkan berapa kapasitas baterainya, klaim Google Nexus 10 ini mampu dioperasikan 9 jam non-stop untuk menonton video. Dengan ukuran yang cukup tipis (berdasarkan pengamatan kami melalui video promonya), semoga saja kapasitas baterainya juga tidak ikutan tipis. Samsung Nexus 10 bakal mulai dijual 13 November 2012 melalui Play Store di Amerika Serikat, Inggris Raya, Australia, Perancis, Jerman, Spanyol , Kanada dan Jepang. Versi 16GB dipatok dengan harga $399, sedangkan 32GB menjadi $499, dan sayangnya tidak ada slot memory ekxternal untuk memperbesar kapasitasnya.

Resolusi layar tinggi awalnya menjadi satu fitur kunci yang dijual produsen tablet dunia. Bermula dengan Acer yang menggunakan resolusi tinggi 1920×1200-pixel tersebut untuk Acer Icona Tab A700, dan dilanjutkan beberapa produsen lain seperti Huawei MediaPad 10 FHD serta Asus Transformer Pad Infinity 700Namun ketika Apple mengkonfirmasikan iPad 3 dengan resolusi 2048×1536-pixel, tentu saja tablet Android unggulan tersebut kembali kalah telak dalam persaingan resolusi layar. Sedangkan untuk Nexus 10 ini, sebelumnya juga sudah ada rumor bahwa Samsung tengah menyiapkan tablet Galaxy Tab 11.6 dengan resolusi layar 2560×1600-pixel, di layar 11.6-inchi dengan aspect ratio 16:10 dan chipset Exynos 5250 dual-core. Ternyata rumor tersebut benar adanya, serta terwujud melalui proyek kolaborasi baru Samsung dengan Google melalui Nexus 10 ini.

Lebih jauh penampilan fisik Nexus 10 dan Nexus 4, bisa kamu lihat melalui video promo dari Google berikut ini…

Nexus: Ask Me Anything

http://youtu.be/pHuoDqcIyqk

Sumber: Google Blog


SHARE
Previous articleResensi Spesial Halloween: Superman/Batman #77 Fright Night
Next articleHighlight AC III: Kompilasi Bundel Spesial dari Ubisoft

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.