LG Optimus Vu Dirilis di Indonesia, Alternatif Phablet Selain Galaxy Note

Sebelumnya kami sudah mendengar rumor bahwa LG Indonesia bakal merilis phablet pertama mereka, Optimus Vu ke pasar lokal. Dan rupanya benar, akhir Oktober 2012 lalu LG Optimus Vu resmi dirilis di Indonesia.

Lebih jauh mengenai LG Optimus Vu, phablet dengan kode LG P895 alias Optimus Sketch tersebut pasti langsung membuat mata terheran, karena memang desainnya tidak biasa. Mengotak, alias membesar ke samping (meskipun digunakan secara vertikal), bukanya ke atas seperti tipikal phablet lainnya. Layarnya 5-inchi, jadi seharusnya lebih nyaman digunakan dengan satu tangan dibandingkan Galaxy Note. Namun tetap proporsi desain yang membesar ke samping, membuatnya kembali memaksa telapak tangan merenggang lebar. Melengkapi chipset nVidia Tegra 3 dengan empat inti prosesor 1,5GHz, kamu juga mendapatkan RAM 1GB, internal storage 32GB (yang sayangnya tidak bisa ditambah lagi kapasitasnya), kamera 8-megapixel (mampu merekam video full HD 1080p), kamera depan 1,3-megapiksel, dan menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Berkat desain mengotaknya, layarnya yang berbahan AH-IPS (dengan keunggulan output warna lebih natural daripada Super AMOLED, apalagi format pixelnya RGB yang lebih rapat dibandingkan Galaxy Note pertama) serta ukuran 5-inchi yang kerapatannya 256 PPI itu pun juga dipaksa tampil dengan resolusi yang tidak biasa. Memilih resolusi XGA 1024 x 768 pixel, serta aspect ratio yang agak aneh 4:3 (bukan pilihan tepat untuk menonton movie). Namun rasio 4:3 tersebut memiliki kelebihan lain, karena lebih lazim digunakan dalam tampilan website, e-book, foto, dokumen maupun presentasi — contoh lain yang menggunakan aspect ratio tersebut adalah iPad-nya Apple. Dengan rasio ini, pengguna LG Optimus VU bisa menikmati tampilan utuh dan tampak lebih besar dari sebuah file dokumen, atau selama browsing suatu website tampilannya juga lebih lega daripada yang layarnya menggunakan rasio 16:10 seperti Galaxy Note pertama, atau 16:9 seperti Galaxy Note II.

Optimus Vu yang memiliki dimensi 139,6×90,4×8,55-mm, dan beratnya 168-gram ini dijual dengan harga promo Rp 5,5 juta, jauh lebih murah ketimbang Samsung Galaxy Note II yang dibanderol Rp 7,5 juta — namun setara dengan harga baru Galaxy Note pertama yang kini sudah turun juga di harga Rp. 5.5 jutaan. Harga promo yang ditawarkan LG juga ada syarat menggunakan kartu kredit tertentu, serta saat ini sudah bisa didapatkan selama pameran di Indocomtech.

Perbandingan ukuran layarnya dengan Galaxy Note!


SHARE
Previous articleMerekrut Para Hostess di Valhalla Knights 3?
Next articleJamie Foxx Perankan Electro di The Amazing Spider-Man 2?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.