Interview dengan Ittou, Produser Musik Vocaloid dari Vocapost

Sesaui dengan  janji saya di artikel sebelumnya, kali ini saya akan membahas mengenai Vocaloid. Maka tak salah apabila saya membuka artikel ini dengan penjelasan mengenai Vocaloid itu sendiri, sebelum kita mengenal lebih jauh mengenai Vocapost dari salah satu produser yang aktif disana.

Vocaloid adalah sebuah software synthetizer yang menggunakan suara dari software. Jenisnya bermacam-macam dan disimbolkan dengan karakter imut, salah satunya adalah Hatsune Miku. Kalau dengan karakter yang satu itu pasti banyak gamer yang sudah tahu kan?

Software Vocaloid ini berasal dari Jepang. Merupakan software musik yang dikembangkan oleh Yamaha dengan menggunakan teknologi baru yang memungkinkan pemakainya menciptakan lagu tanpa seorang vokalis. Tugas vokalis akan digantikan oleh suara yang berasal dari Bank Suara Vocaloid. Jadi cukup dengan mengetikkan kata-kata, maka suara akan keluar sesuai dari kata-kata tersebut.

http://www.youtube.com/watch?v=HPuQMY6hZdw

Bahkan robot memakai vocaloid juga.

Sudah banyak games yang bertemakan Vocaloid. Sebut saja Project Diva di PSP. Lagu-lagu yang dibuat pun merupakan hasil karya para produser musik vocaloid. Di Jepang, popularitas vocaloid sangat terasa dengan berbagai rilis album dari para produser musik vocaloid ini. Bahkan hingga digunakan sebagai musik opening sebuah Anime, yang biasanya diisi musisi-musisi Pop Jepang.

Kepopuleran tersebut berkembang hingga tak terkecuali di Indonesia. Sebuah komunitas Vocaloid Indonesia yang saat ini semakin besar dan menunjukkan tajinya adalah Vocapost. Dengan didukung sebuah forum online dengan ribuan penggemar, Vocapost berkembang menjadi salah satu komunitas besar. Berbagai penggemar mengekspresikan kesukaannya dengan berbagai cara, dan salah satunya adalah menciptakan lagu dengan Vocaloid.

Lagu-lagu vocaloid ini diciptakan oleh seorang atau lebih produser yang kadang kali memiliki nama-nama unik mereka sendiri. TokuP, OwataP, daniwellP, dan masih banyak lain yang mengakhiri nama produsernya dengan P. Selain itu, ada yang juga telah mengukirkan nama tersendiri di kancah vocaloid karena kualitas lagu—lagu mereka, seperti Supercell dan Deco*27 dibawah ini.

Lalu bagaimana dengan Vocapost Indonesia ?

Ittou

Ittou, sebagai salah satu produser musik vocaloid berbicara banyak hal mengenai vocaloid di Indonesia. Bergabung di Vocapost, Ittou bersama dengan 19 produser musik  lainnya telah berkolaborasi dalam membuat empat album kompilasi.

Vocalo.ID
Vocalo.ID 2
Merah Putih Vocaloid
Vocaloid Loves Indonesia

Memiliki kesamaan visi yakni untuk memperkenalkan produk vocaloid dari Indonesia mendorong Ittou untuk berkarya bersama produser-produser lainnya . Menurut Ittou, pada awalnya Vocaloid hanya eksis pada dunia cosplay. Namun seiring berkembangnya waktu, muncul orang-orang seperti Ittou yang berkeinginan menciptakan lagu karya mereka sendiri.

Meskipun demikian, dalam penggarapan album, menurut Ittou, tidak hanya produser yang berperan di dalamnya. Ilustrasi merupakan hal yang penting juga di dalam sebuah album vocaloid. Ilustrasi ini biasanya adalah karakter yang digunakan sebagai vokalnya ataupun karakter fiktif yang melambangkan isi dari lagu tersebut.

Pada awalnya, software vocaloid hanya diperuntukkan bagi warga Jepang saja. Namun seiring perkembangannya, akhirnya software ini bisa digunakan untuk kalangan internasional. Melihat kesempatan ini, Vocapost tidak kehilangan tempo untuk segera mengambil inisiatif. Mereka mendaftarkan diri ke label Jepang, KarenT. Keberhasilannya ini didapat  setelah merilis album kedua  mereka.

Beberapa contoh musik kolaborasi para produser Indonesia

Bahkan vocaloid digunakan untuk meng-cover lagu Indonesia

http://www.youtube.com/watch?v=zNLpyuWGNyo

Bagi kalian yang ingin mengunduh lagu-lagu para produser vocaloid Indonesia, segera kunjungi Vocapost.net untuk mendapatkannya sekaligus dengan berbagai macam berita mengenai Vocaloid disana.

Let’s Sing a Song !


SHARE
Previous articleTonton Aksi Parkour Assassin’s Creed III di Dunia Nyata!
Next articleSpesifikasi Web Browser Wii U Terungkap
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.