Spesifikasi Web Browser Wii U Terungkap

Kemarin Nintendo mengungkapkan spesifikasi untuk web browser dari Wii U. Sama halnya seperti 3DS, web browser untuk Wii U ini juga akan menggunakan salah satu varian dari NetFront, yaitu NetFront NX. Buat yang belum tahu, NetFront ini adalah mobile web browser yang banyak digunakan di PDA, smart phone, smart TV, dan konsol game. Bahkan PS3, PSP, PS Vita, dan 3DS, semuanya menggunakan NetFront sebagai browser.

Spesifikasi lengkap dari NetFront NX bisa kamu lihat dibawah ini, tapi sebelum membacanya mari kita lihat beberapa fitur penting yang ada (atau tidak ada) di web browser ini. yang pertama-tama, kamu bisa menggeret web browser ini ke Gamepad, sehingga kamu bisa melakukan surfing dengan lebih nyaman, sementara orang lain menggunakan TV. Sayangnya, Gamepad hanya mendukung fitur touch berikut: touchstart, touchend, touchmove, dan touchcancel. Jadi kamu tidak bisa men-zoom in atau zoom out dengan cara “mencubit” layar Gamepad.

Tiga hal yang sangat disayangkan dari web browser ini adalah. Tidak adanya kemampuan untuk men-save/upload gambar ataupun video. Padahal men-save gambar atau video adalah fungsi yang sangat penting untuk sebuah web-browser. Yang kedua adalah tidak mendukung plug-in, artinya jangan harap bisa memainkan game berbasis flash, menjalankan java, atau membuka file PDF di browser ini. Dan yang terakhir adalah, sedikitnya format video dan audio yang di-support oleh web browser ini. Jadi, jika sebuah web site menayangkan musik maupun video, ada kemungkinan besar kamu tidak akan bisa melihat atau mendengar sebagian besar musik atau video tersebut. Memang sih web browser ini masih memiliki banyak kekurangan, tapi bukan tidak mungkin Nintendo akan memperbaikinya dengan berbagai update. Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari web browser Wii U.

 

  • Browser Engine

NetFront Browser NX v2.1

  • User agent

Mozilla/5.0 (Nintendo WiiU) AppleWebKit/534.52 (KHTML, seperti Gecko) NX/(Version No) NintendoBrowser/(Version No).US

  • Supported Protocols

HTTP1.0/HTTP1.1/SSL3.0/TLS1.0/TLS1.1/TLS1.2

  • Web Standard

HTML4.01/HTML5/XHTML1.1/CSS1/CSS2.1/CSS3.
DOM1-3/ECMAScript
XMLHttpRequest/canvas/Video/Web Storage
Web Messaging/Server-Sent Events/Device Orientation/WOFF/SVG

  • Plug-ins

Tidak men-support semua plug-ins, seperti Flash

  • TouchEvent

Hanya men-support fungsi touch ini: touchstart, touchend, touchmove, touchcancel

  • Screen resolution

980 pixel

  • Saving/upload of image/video

Tidak diduking

  • Video Format

MP4, M3U8+TS(HTTPLiveStreaming)

  • Video Codec

H.264 – MPEG-4 AVC Video
Audio CodecAAC – ISO/IEC 14496-3 MPEG-4 AAC

 


SHARE
Previous articleInterview dengan Ittou, Produser Musik Vocaloid dari Vocapost
Next articleMode Multiplayer Hitman: Absolution, Kebebasan Berekspresi Dalam Contracts Mode
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.