Sutradara Hideaki Itsuno Menjelaskan Kenapa DmC Versi Konsol Hanya Berjalan 30fps

Setelah melalui Devil May Cry 4 Capcom berhasil membuat game tersebut berjalan 60fps untuk konsol, kini untuk DmC: Devil May Cry mereka justru menurunkannya menjadi 30fps… sutradara DmC, Hideaki Itsuno menjelaskan langsung sehubungan pemangkasan frame rate tersebut.

Mereka yang memainkan dua demo yang dirilis Capcom mungkin tidak akan merasakan langsung, namun jelas seperti yang diutarakan Capcom pertengahan Oktober 2012 lalu, bahwa versi PC game ini berjalan pada 60fps dengan dukungan engine menyesuaikan kemampuan PC (dan ditangani oleh developer asal Polandia yang bernama QLOC), sedangkan versi X360 serta PS3 hanya dipatok 30fps saja. Menurut sutradara Hideaki Itsuno, walaupun di-set pada 30fps, namun selama memainkan konsolnya akan tetap terasa seperti 60fps.

Itsuno menambahkan bahwa 60fps merupakan kecepatan yang bisa ditangkap mata dan dipahami otak manusia. Namun team-nya menurunkan menjadi 30fps karena ada teknik khusus yang mereka terapkan, memanfaatkan kemampuan otak untuk mengisi frame yang kosong. Jadi walaupun di-set berjalan 30fps, dengan mengatur agar gerakan dan pose karakter tampak sebagaimana otak manusia mengenalinya sebagai visualisasi 60fps, maka itu menjadikannya sebuah frame tambahan mengisi kekosongan frame yang hilang dari tampilan 30fps.

Itsuno memang mengakui jika 60fps tetap lebih baik, namun dengan respon gameplay dan kontrol DmC‘serta visual style-nya, membuatnya dengan 30fps tetap akan terlihat menarik. Apalagi di tengah gameplay kamu bakal mendapati struktur lingkungan sekitar kota Limbo yang terus bergerak dan berubah sepanjang permainan (efek yang disebut malice), dan mencoba terus menghalangi langkah Dante (termasuk memberi unsur puzzle, karena untuk meneruskan permainan memerlukan ability khusus dan reaksi yang cepat dalam melalui struktur yang berubah tadi). Karena itulah lingkungan sekitar Limbo tadi akan menjadi statis jika Capcom dan developernya Ninja Theory memaksakan pergeraskan 60fps di konsol.

DmC bakal dirilis 15 Januari 2013 mendatang untuk X360 dan PS3, sedangkan versi PC-nya sampai saat ini masih belum mendapatkan kepastian kapan dirilisnya. Oh ya, info terbaru yang kami dapatkan, dalam game ini kamu juga bisa menemukan sebuah fitur “practice dojo” dimana kamu bisa berlatih melakukan combo. Di tengah mode tersebut, ada command list yang bakal memantau setiap tombol yang kamu tekan ketika mencoba combo dan senjata yang berbeda. Bisa kamu lihat melalui video di bawah ketika fitur practice tersebut muncul.


SHARE
Previous articleDead Island: Riptide Mengenalkan Karakter Baru yang Hobi Bertarung
Next articleMemperkenalkan MAG II Gun Controller
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.