Microsoft Xbox Surface Kembali Terangkat, Berwujud Tablet Gaming Berlayar 7-inchi

Bahkan sebelum Electronic Entertainment Expo 2012, berita mengenai tablet khusus Xbox sudah banyak dibicarakan…

Masih ingat dengan rumor Xbox Surface? Pengembangan Project Fortaleza yang sudah direncanakan Microsoft sejak beberapa tahun lalu, untuk menghadirkan sebuah kontroler dengan layar kedua bagi Xbox. Kita sempat terkecoh karena yang muncul adalah tablet Microsoft Surface RT dan Pro. Namun rumor Xbox Surface tidak bisa dianggap menguap selama Nintendo merilis Wii U dengan kontroler tabletnya.

The Verge mendapatkan informasi langsung dari internal Microsoft bahwa raksasa IT dari Redmond tersebut sedang menyiapkan tablet game 7-inchi mereka sendiri. Mendengar kabar tersebut, semua pihak termasuk sumber berita kami langsung tertuju pada rumor Xbox Surface yang mulai menghangat Juni 2012 lalu — bisa kamu baca di artikel “Xbox Surface Muncul ke Permukaan”. Spesifikasi dan perkiraan seperti apa modelnya juga sudah kita ketahui sebelumnya, lebih awal sekitar satu pekan sebelum Microsoft pertama kali mengkonfirmasikan Microsoft Surface RT mereka. Sumber The Verge kembali memastikan jika rumor spesifikasi yang sudah bocor awal Juni 2012 lalu itu benar akurat, dan saat ini masih dikerjakan oleh internal Microsoft.

Jika memang bocoran tersebut benar, maka kita nanti bakal mendapatkan kombinasi sebuah CPU yang disebut “stationary computing device” dengan tablet berlayar 7 inchi beresolusi layar 1280×720 pixel. Masih belum jelas mengenai stationary device tersebut, namun jika memang akurat, kita bakal mendapatkan kombinasi dua perangkat, stationary device yang bertindak layaknya mesin utama seperti pada Wii U, dimana media game dijalankan dan memancarkan gelombang untuk ditangkap pada layar tablet eksternal.

Belum ada kejelasan seperti apa desain Xbox Surface, namun yang jelas prinsip kerjanya mirip konsep Xbox SmartGlass atau Project Fortaleza, yaitu streaming intercace ke layar eksternal…. Hmmm, akhir tahun ini jelas topiknya adalah “perang layar kedua!”

Untuk spesifikasi hardware-nya jika sebelumnya disebutkan menggunakan chipset custom dari IBM, kali ini diyakini bahwa Xbox Surface tersebut justru menjalankan prosesor ARM yang didesain secara custom dengan alokasi bandwidth RAM yang tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan bermain game. Namun spesifikasi tersebut nantinya juga bisa berubah lagi, siapa tahu malah menggunakan chipset dari Intel, atau bisa jadi juga Xbox Surface ini dikembangkan dengan kombinasi arsitektur hardware yang spesifik karena memang tidak akan menjalankan Windows 8 secara penuh. Justru tablet game 7-inchi ini menjalankan kernel Windows custom, yang mendukung fitur Messaging dan aplikasi tablet lainnya, namun tetap terfokus pada fitur game.

Seperti jajaran Surface mereka, Microsoft juga memproduksi tablet game ini secara rahasia (tidak heran, sama sekali tidak ada bocoran mengenai tablet Surface RT sebelum dirilis), dan tidak berhubungan dengan satupun partner yang sebelumnya bekerjasama ketika memproduksi konsol Xbox. Memang sebelumnya ada laporan bahwa ke depan untuk produksi Xbox 720 Microsoft bakal bekerja sama dengan para OEM seperti Pegatron atau Foxconn untuk memenuhi kuota produksi masal konsol generasi baru tersebut ketika dikembangkan nantinya.

Road to Project Fortaleza… klik gambar untuk memperbesar!!

Dan Xbox Surface ini sendiri saat ini diproduksi di “dapur” Microsoft di Silicon Valley. Memang akhir – akhir ini Microsoft menutup rapat beberapa gedung yang menangani proses produksi Xbox di kompleks mereka, dan membatasi siapa pun yang mengakses ke dalam divisi Interactive Entertainment Business. Pembatasan tersebut sepertinya berhubungan dengan aktivitas uji coba tablet Xbox Surface. Dan jika menunjuk pada bocoran dokumen internal Microsoft yang kami ulas panjang lebar di artikel ini, seharusnya Xbox Surface bakal hadir 2013 mendatang, tepatnya sebelum Xbox 720 dikonfirmasikan / diproduksi masal.

Sumber: The Verge


SHARE
Previous articleTales of Xillia Versi Eropa Mendapatkan Lima Pilihan Bahasa
Next articlePemanasan Sebelum PlayStation All-Stars Battle Royale Dirilis
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.