Epic Mickey 2: The Power of Two, Tumpas Kejahatan dengan Kuas

Developer: Blitz Games Studios
Publisher: Disney Interactive Studios
Platform: PS3, Xbox 360, Mac, PC, Wii, Wii U
Genre: Action
Release Date: 18 November 2012

Pada akhir November dua tahun lalu, sebuah judul game dari franchise Mickey Mouse diluncurkan untuk Nintendo Wii. Game yang berjudul Epic Mickey ini mendapatkan sambutan yang beragam baik itu dari pemerhati atau dari pemain game itu sendiri. Game ini dikatakan memiliki karismanya sendiri, karena meski kurang dalam hal-hal teknis seperti kontrol kamera yang kurang interaktif serta voice acting yang tidak banyak, game ini ternyata dianggap memiliki gaya gambar dan cerita yang bagus, namun sangat kurang improvisasi di sana sini.

Melihat sebenarnya potensi dari game ini cukup besar, Disney siap merilis Disney Epic Mickey 2: The Power of Two atau yang dalam versi Eropanya disebut dengan nama Disney Epic Mickey: The Power of 2  ini adalah sekuel langsung dari Epic Mickey yang akan rilis 18 November mendatang untuk konsol rumahan, yakni Wii, PlayStation 3, Xbox 360, Mac OS X, Microsoft Windows, dan Wii U.

Selamatkan Wasteland dengan Mickey-mu Sendiri

Game yang ber-setting beberapa waktu setelah Epic Mickey ini kembali menceritakan tentang usaha Mad Doctor dalam menguasai Wasteland dan mengharuskan Mickey untuk kembali ke tempat tersebut dan menumpas kejahatan yang diciptakan oleh Mad Doctor. Namun tentang bagaimana cara Mad Doctor ini kembali ke Wasteland masih misterius.

Awalnya, Mad Doctor ini berkata bahwa ia merasa bersalah akan tindakannya merusak Wasteland dan mengajak Oswald the Rabbit untuk membantunya membersihkan Wasteland dari kekacauan. Awalnya Oswald sangat ragu terhadap tawaran ini, namun akhirnya ia mau membantu Mad Doctor. Tapi ternyata, firasat Oswald sebelumnya benar, Mad Doctor hanya ingin kembali untuk menguasai Wasteland.

Oswald yang tidak dapat bekerja sendirian ini akhirnya dibantu oleh Mickey. Berbeda dengan Mickey yang menggunakan kuas, Oswald menggunakan remote control (penjelasan mengenai guna remote control ini akan dijelaskan dibawah). Nantinya, Mickey dan Oswald akan bertemu dengan berbagai macam robot dan musuh-musuh unik yang diciptakan oleh Mad Doctor untuk menguasai Wasteland, termasuk robot besar bernama Eliot.

Hal yang seru dari game ini, selain kamu dapat bermain sebagi Oswald adalah bagaimana kamu dapat memilih ceritamu sendiri. Nantinya di dalam game kamu akan melihat beberapa opsi selama perjalananmu, opsi-opsi tersebut akan membentuk cerita dan Mickey-mu.

Karakter Disney yang Hampir Terlupakan Kini Datang Untuk Membantumu

Berbeda dengan Mickey yang sangat mendunia, karakter Oswald the Rabbit yang merupakan “saudara” dari Mickey ini bisa dikatakan merupakan sebuah karakter kartun Disney yang nyaris terlupakan. Oswald the Rabbit yang memiliki bentuk mirip dengan Mickey versi jadul alias jaman dahulu ini merupakan salah satu dari karakter yang dianimasikan pertama kali oleh Disney.

Ia memiliki julukan “Oswald the Lucky Rabbit” pada jamannya dulu. Oswald sendiri pernah hadir pada seri pertama game ini, namun ia tidak dapat dimainkan dan hanya merupakan karakter pembantu. Tapi pada game kali ini, Oswald akan hadir secara penuh sebagai karakter utama pembantu Mickey yang dapat kamu mainkan sebagai player-2 atau bisa juga digerakkan dengan CPU.

Oh ya, Oswald di sini tidak hadir sendirian lho, ia juga hadir bersama istrinya, Ortensia yang memiliki bentuk seperti versi cewek dari Felix the Cat hanya ditambah bunga di kepalanya.

Suara Perdana Untuk Oswald
Suara perdana di sini bukan berarti pengisi suara perdana lho ya! Hehehe. Oswald sendiri sudah memiliki sederetan pengisi suara pada seri-seri kartunnya, namun untuk di dalam seri Epic Mickey, ia belum memiliki suara pada cut-scenenya. Nah. pada game kali ini, ia akan memiliki suara secara penuh pada setiap cut-scene yang ada. Pengisi suaranya tak lain adalah Frank Weller.
Click n’ Zap, Bantu Mickey Dengan Remote Control
Berbeda dengan Mickey yang menggunakan Paint and Thinner, kamu sebagai Oswald akan menggunakan teknik yang bernama Click and Zap. Dengan remote control milik Oswald yang memiliki kekuatan listrik di dalamnya, kamu bisa membuat musuhmu pusing untuk beberapa saat, atau mengaktifkan sebuah benda yang ada di dalam Wasteland.

Pilih Ceritamu Sendiri dan Dapatkan Hasil yang Berbeda di Setiap Jawabannya

Inti dari Epic Mickey 2 ini adalah bahwa kamu sebagai pemain akan diberikan berbagai macam pilihan untuk mendefinisikan Mickey-mu. Spector selaku orang yang ikut ambil bagian dalam game ini mengatakan, “The key is asking players, ‘How do you succeed? What defines a hero? What makes Mickey a hero for you?, and then the way this is exactly like every other game I’ve ever done is that I hope you have no idea what I think or what our QA department or design department thinks defines a hero, because the only thing that matters is what you think defines a hero.”

Bagaimana Mickey di dalam pikirianmu selama ini akan dapat kamu kembangkan sendiri seiring dengan perjalanannya di dalam Wasteland bersama dengan Oswald. Menariknya lagi, game ini memiliki sistem “Record” dimana apapun yang kamu pilih pada pilihan sebelumnya akan berefek pada perkembangan game selanjutnya. Contohnya, pada demo game ini ditunjukkan sebuah pilihan dimana kamu harus memilih antara menghancurkan musuhmu atau memberinya ampunan. Bila kamu memberikan ampunan maka musuhmu akan membantumu namun penduduk kota yang terganggu dengan musuhmu akan memberikan reaksi negatif terhadap tindakanmu tersebut. Jadi pikirkan baik-baik pilihanmu karena hal ini akan berimbas pada cerita di dalam game.

Epic Mickey dan Epic Mickey Two, Head to Head

Ada berbagai macam perbedaan yang cukup signifikan dari Epic Mickey dan Epic Mickey 2, terutama karena game Epic Mickey dulu tidak mendapatkan sambutan yang cukup baik. Berikut adalah berbagai perbedaan dan perbaikan yang ada di dalam Epic Mickey dan Epic Mickey 2:

  1. Dalam Epic Mickey, semua kustomisasi yang kamu lakukan akan hilang seiring dengan bergantinya stage, jadi kamu harus secara terus menerus melakukan setting pada Mickey-mu. Hal ini tidak berlaku lagi di Epic Mickey 2.
  2. Epic Mickey memiliki isu dengan kamera dan sudut pengambilan gambar, dan kamera ini tidak dapat kamu atur sendiri. Sedangkan pada game kali ini hal itu berubah, kali ini akan ada dua opsi kamera yang bisa kamu akses dengan menekan tombol Select. Kamera pertama mengarah ke tengah dan kamera kedua dapat kamu kontrol secara manual dengan analaog stick-mu. Pada demo di E3 lalu, kamera yang mengarah ke tengah dirasa kurang nyaman oleh beberapa penggunanya, namun untuk kamera manual dirasa sudah cukup baik.
  3. Bila pada Epic Mickey kamu menikmati jalan permainan di dalam game tanpa bantuan orang lain, maka kali ini kamu bisa bermain secara co-op, kamu sebagai Mickey dan temanmu sebagai Oswald atau sebaliknya. Dan juga semua cut-scene yang ada akan diberikan voice acting secara penuh.

Keseluruhan, ketiga perbedaan yang cukup mendasar tersebut dapat menunjukkan bagaimana nantinya Epic Mickey 2 ini bisa tampil lebih bagus dari pendahulunya.

Paint and Thinner, Kreasikan Wasteland Sesuai Keinginanmu

Sama seperti pendahulunya, sistem Paint and Thinner masih dipertahankan di dalam game kali ini. Sistem ini membuatmu dapat melakukan perubahan yang menarik pada Wasteland, sekaligus untuk membantumu dalam mengalahkan musuh-musuhmu.

Paint di sini berarti kamu dapat menggambar sesuatu yang baru di Wasteland, dapat kamu lihat di screenshot dibawah sebelah kiri dimana Mickey sedang menggambar jembatan untuk menuju ke stage berikutnya. Sedangkan pada gambar sebelah kanan, Mickey sedang menghapus (thinner) sebuah pipa.

Oh ya, jangan lupa gunakan paint and thinner-mu untuk membangun kembali Wasteland ya!

Mine Train Through Nature’s Wonderland, Stage Klasik yang Membawamu Bernostalgia

Salah satu stage yang cukup menarik dari Epic Mickey 2 ini adalah stage yang bernama “Mine Train Through Nature’s Wonderland”, stage yang terinspirasi dari atraksi Disney yang dibuka pada tahun 1950 lalu (namun saat ini sudah tidak ada lagi). Stage ini sendiri juga didasari dari cerita Snow White and the Seven Dwarves.

Mine Train ini merupakan tempat para liliput menambang permata-permata yang bisa kamu lihat dalam animasi Disney tersebut. Stage ini nantinya akan dibagi menjadi dua bagian, yakni Rainbow Caverns dan Rainbow Falls. Sedangkan Rainbow Caverns sendiri juga akan dibagi menjadi dua bagian yakni the Angel Side dan the Demon Side. Petualangan di dalam gua ini dikatakan akan memberikan petualangan yang sangat seru.

Dua prototype Nunchuk dari Epic Mickey: The Power of Two yang berbentuk kuas milik Mickey dan remote control milik Oswald. Hingga tulisan ini diturunkan, masih belum diketahui berapa harga dua Nunchuk untuk mesin Nintendo Wii ini.
Gunakan kuasmu untuk membuat atau menghancurkan object di dalam Wasteland! Jangan lupa, fitur paint and thinner ini hanya bisa digunakan oleh Mickey, bukan Oswald.
Berbeda dengan Mickey yang menggunakan kuas, Oswald the Rabbit dapat menggunakan remote controlnya untuk melawan musuh, ia juga mampu terbang dengan memutar telinganya untuk membawa Mickey ke tempat yang tidak dapat di eksplorasi dengan kaki.
Collectors Edition dari Epic Mickey 2 yang berisikan Epic Mickey Paint Bucket, CD Game, Paintbrush Pen, 8GB Oswald USB Flash Drive, Mickey Mouse Figure, Oswald with Bunny Child Figure, dan Epic Mickey 2 32 page Mini Guide
Tidak hanya Mickey dan Oswald, namun juga karakter-karakter lain seperti Ortensi, Yen Sin, Mad Doctor, Pete, dan Gremlin Gus juga dihadirkan kembali.


SHARE
Previous articleGreen Throttle Tawarkan Solusi Kontroler Fisik Untuk Mainkan Mobile Game
Next articleEpic Mickey: Power of Illusion, Digital Download Pertama di Luar Jepang
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.