GTA V Reveal: Tiga Protagonis, Tiga Karakteristik, dan Tiga Gaya Gameplay

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya, dalam Grand Theft Auto (GTA) V ini kamu akan memerankan tiga orang protagonis, Michael, Franklin dan Trevor secara bergantian. Masing-masing karakter memiliki kepribadian dan karakteristik masing-masing, yang menjadikan variasi gameplay dalam game ini semakin banyak. Lantas bagaimana mekanisme pergantian dari satu karakter ke karakter lainnya?

Ketika kamu sedang tidak menjalani misi, kamu bisa berganti-ganti dari satu karakter ke karakter lainnya kapan saja semau kamu. Namun jika kamu sedang berada di dalam sebuah misi, maka kamu akan mendapatkan satu notifikasi kapan saat yang tepat untuk mengganti karakter. Namun, keputusan tetap berada di tangan kamu, apakah ingin segera mengganti karakter saat itu juga, atau menunggu beberapa waktu lagi untuk menggantinya. Ketika kamu akan mengganti karakter, layar menu akan muncul dan layar akan zoom out menjadi layaknya Google Earth, sebelum kembali zoom in ke karakter yang kamu pilih.

Ketiga karakter ini benar-benar memiliki keunikan sendiri-sendiri, sehingga Michael tidak bisa dengan mudah untuk melakukan tugas yang sebenarnya cocok untuk Trevor. Ketika kamu tidak sedang mengontrol salah satunya, maka mereka tetap melaksanakan bisnis sehari-hari mereka masing-masing. Tentu saja, jika kamu tidak ingin ketinggalan informasi tentang apa yang mereka lakukan, kamu tetap harus sering-sering mengecek aktivitas mereka.

Dalam sebuah misi, kamu juga bisa menggunakan mereka bertiga secara bergantian untuk melakukan tugas mereka masing-masing. Sebagai contoh dalam sebuah misi pengejaran, kamu bisa memanfaatkan kemampuan Trevor sebagai mantan pilot untuk mengejar musuh kamu menggunakan helikopter, kemampuan Franklin dalam menembakkan sniper dari seberang gedung, dan kemampuan Michael untuk memanjat gedung, masuk serta menembakkan assault rifle ke musuh yang ada di dalam gedung. Awalnya, kamu akan memerankan Trevor yang mengendalikan helikopter menuju markas IAA (semacam CIA di GTA), lantas kamu harus segera memindah peran kamu menjadi Michael yang harus turun dan memanjat gedung sebelum akhirnya masuk ke dalamnya.

Setelah Michael berhasil mendapatkan target, kamu akan mendapatkan pilihan apakah tetap menggunakan Michael untuk menawan target dan menunggu Franklin untuk mengeksekusi tentara-tentara lain yang mengelilinginya dari seberang gedung, atau segera berganti peran menjadi Franklin, yang sudah siap dengan sniper rifle-nya di gedung seberang. Setelah Michael berhasil membawa tawanan kembali ke helikopter yang dikemudikan Trevor, kamu kembali akan dihadapkan dengan tiga pilihan, apakah memerankan Trevor yang mengendalikan Helikopter mengarungi langit Los Santos, kembali di balik sniper Franklin untuk menembaki pilot-pilot pesawat yang mengejar kamu, atau bersama Michael berada di belakang helikopter untuk menembaki pesawat musuh menggunakan assault rifle.

Perpindahan dari satu karakter ke karakter lainnya dalam sebuah misi ini akan selalu membawa kamu dalam ketegangan setiap aksinya. Coba bayangkan, jika kamu hanya mengendalikan Trevor saja dalam misi tersebut, maka sepanjang misi kamu hanya akan mengendalikan helikopter, dan tidak bisa ikut merasakan serunya Michael yang dikepung musuh di dalam gedung, atau asyiknya menjatuhkan musuh satu demi satu menggunakan sniper ala Franklin. “Dengan tiga karakter yang bisa berganti-ganti secara simultan ini, kami harap kamu akan selalu berada dalam keseruan aksi dalam misi tersebut”, pungkas Dan Houser.

Bagaimana menurut kamu? Sepertinya seru ya mengikuti tiga karakteristik dan tiga gaya gameplay berbeda dari tiga protagonis utama di GTA V ini!

Tetap ikuti terus Duniaku untuk mengikuti berita-berita lain dari GTA V, dan silahkan menuju halaman hub kami di sini untuk mendapatkan informasi-informasi lainnya. GTA V akan dirilis untuk X360 dan PS3 pada kuartal pertama 2013 yang akan datang.

[Sumber: GameInformer]


SHARE
Previous articleBrad Pitt dalam Trailer Perdana World War Z
Next articleKembali Rasakan Seramnya Dead Space 3, Kini Melalui Screenshot Mode Co-Op
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.