Iwata Jelaskan Fitur Konektivitas Wii U

Kemarin pagi, Satoru Iwata kembali memberikan beberapa penjelasan mengenai fitur dari Wii U lewat Nintendo Direct. Bagi kamu yang tidak memahami bahasa Jepang, bisa ke wesbite ini untuk melihat versi subtitle inggris-nya. Yang kali ini dibahas oleh Iwata adalah mengenai WaraWara Plaza, Wii U Chat, Wii U User Account dan juga Nintendo Networkd ID. Ok langsung saja kita bahas yang pertama, Wii U User Account.

Wii U User Acount (diberi nama User oleh Nintendo) ini sendiri bisa dibilang mirip fungsinya dengan profile dari Xbox 360. Ketika kamu ingin memainkan Wii U untuk pertama kali, hal pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan User. User akan diwakili oleh Mii, dan tiap Wii U bisa menampung sampai dengan 12 User. Setelah kamu memiliki User kamu bisa mulai memainkan Wii U, dan nantinya, tiap kali kamu menyalakan Wii U, kamu harus memilih salah satu dari User ini. Tiap User akan memiliki save data mereka sendiri, seting untuk tiap game, statistik mengenai game apa saja yang dimainkan, dan juga bookmark web browser mereka sendiri. Beberapa game akan menggunakan save data yang sama untuk tiap pemain.

Tidak kalah pentingnya dari User adalah Nintendo Network ID (NN ID). Jika user bisa disamakan dengan profile dari Xbox 360, maka NN ID ini bisa disamakan dengan Xbox Live ID. Kamu tidak perlu memiliki NN ID untuk bisa memainkan Wii U, tapi NN ID ini dibutuhkan untuk berinteraksi dengan berbagai layanan online dari Nintendo, misalnya saja adalah Wii U Chat, Nintendo e-Shop, Mii Verse, dan banyak lainnya. Satu perbedaan mendasar dari NN ID dan Xbox Live ID ada pada akses dari game yang dibeli. Di XBox 360, hanya profile yang memiliki Xbox Live ID yang bersangkutan saja yang bisa memainkan suatu game yang sudah dibeli. Sedangkan di Wii U, semua User yang terdaftar di konsol yang sama bisa memainkan game yang dibeli oleh satu NN ID. Ini tentunya adalah kabar yang sangat baik untuk para gamer. NN ID juga berfungsi sebagai friend code. Dan dimasa depan, NN ID juga bisa digunakan untuk mengakses layanan online dari berbagai pihak (misalnya adalah Facebook, Twitter, dll). Selain itu, nantinya hardware lain dari Nintendo juga akan mulai menggunakan NN ID.

Berikutnya mari kita bahas mengenai WaraWara Plaza dan Wii U Chat. Ketika menyalakan Wii U, setelah memilih User, kamu akan disambut dengan layar WaraWara Plaza. Disini kamu bisa melihat game apa saja yang banyak dimainkan gamer (diwakili oleh icon), dan pesan apa saja yang ditinggalkan gamer lain mengenai game tersebut. WaraWara Plaza ini akan terupdate tiap harinya, tentunya semua ini hanya memungkinkan jika kamu terhubung ke internet. Kamu bisa memindahkan WaraWara Plaza ke Gamepad jika ingin mempermudah navigasi.

Untuk Wii U Chat, nantinya kamu bisa menelepon teman mu yang sudah terdaftar menggunakan Wii U. Tentunya kamu dan teman mu harus memiliki NN ID untuk melakukan hal ini. Telepon bisa dilangsungkan hanya dengan menggunakan Gamepad saja, atau dengan menggunakan TV dan Gamepad. Salah satu fitur dari Wii U Chat adalah kemampuan untuk menggambar di layar Gamepad. Tentunya lawan bicara mu akan bisa melihat apa yang kamu gambar. Oh, dan jika ada teman mu yang menelepon ketika kamu memainkan game, tombol home di Gamepad akan memberitahukan mu mengenai hal ini. Oh tidak ketinggalan, satu berita terakhir adalah mengenai kemampuan untuk mentrasnfer data dari Wii ke Wii U menggunakan SD Card.


SHARE
Previous articleSiapa Protagonis dalam GTA V?
Next articleBonus Pre-Order GoW Judgement
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.