Aplikasi Control Panel dari Android 4.2 Kini Bisa Dinikmati di Semua Android

Selain Photo Sphere, fitur lain dari Android 4.2 Jelly Bean yang pertama kali dirasakan mereka pengguna LG Nexus 4 adalah quick settings control dalam panel notification — itu tuh, panel yang muncul ketika kamu menyapukan jari dari ujung atas layar ke bawah. Memang fitur semacam itu sudah banyak ditawarkan aplikasi pihak ketiga, seperti MoreQuicklyPanel1Tap Quick Bar -Quick Settings(gratis), hingga TogglePanel. Selain itu, jika kamu hobi ngoprek, fitur notification yang lebih banyak aksesnya tersebut sudah biasa diterapkan. Namun kini ada satu aplikasi yang dikembangkan secara gratisan oleh mereka para developer di XDADevelopers yang disebut Control Panel for Android. Aplikasi ini menghadirkan update panel notification menjadi mirip seperti yang ada dalam Android 4.2 Jelly Bean untuk semua versi Android lainnya mulai Android 2.2 Froyo.

Melalui Control Panel for Android, kamu mendapatkan total akses ke 16 setting standar sebuah Android, seperti untuk mengendalikan WiFi, Bluetooth, Sound, Vibrate, Auto-Brightness, Auto Rotation, Auto-Time, Screen Stay On, Sound Effect, Haptic Feedback, Dial Tone, Screen Timeout, Ringtone, Volume, Ring Mode, dan Brightness Level. Kebanyakan dari mereka berupa shotrtcut toggle on atau off saja, walaupun opsi kontrol seperti volume dan brightness level memberi kita kendali lebih jauh untuk mengatur seberapa keras suara speaker dan juga kecerahan layar.

Khusus untuk ringtone, brightness dan volume bisa dengan mudah diakses langsung dari panel notification. Sedangkan opsi lainnya memerlukanmu menyentuh ikon aplikasi ini di panel notification, yang kemudian memunculkan sisa opsi lainnya. Dan ketika tiap opsi setting tersebut kamu aktifkan, bakal terlihat dengan warna outline biru, sedangkan opso setting yang tidak mendapat outline berwarna artinya sedang tidak aktif. Menyentuh opsi yang tidak bisa sekadar di-toggle (seperti screen timeout) memberimu menu lain untuk mengaturnya lebih lanjut. Atau kamu bisa sentuh dan tahan tiap ikon, untuk mengakses setting yang sebenarnya di dalam menu Android Setting.

Kamu bisa mendapatkan Control Panel for Android ini secara gratis melalui Google Play Store, atau kamu bisa mendownload file .apk-nya dari link berikut ini.

Sumber: XDA Developers


SHARE
Previous articleTiga Banner Baru The Hobbit: An Unexpected Journey
Next articleTransformers 4 Mengambil Waktu Empat Tahun Setelah Dark of the Moon
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.