MIRAI, ALL OTAKU STUFF IN ONE COMMUNITY

MIRAI

Otaku identik dengan mengurung diri di dalam kamar untuk menikmati anime-anime Jepang di layer computer. Otaku yang sering digambarkan di manga-manga juga selalu identik dengan hal tersebut. Namun tidaklah semua seperti itu.

Hari Sabtu (10/11) Duniaku.net berkesempatan mendatangi Mirai. Kunjungan yang awalnya hanya dadakan saja, dipersilahkan dengan sambutan sederhana dari Mirai. Lalu apakah Mirai itu? Komunitas ini merupakan sebuah  komunitas hobi asal Surabaya, yang boleh saya katakan seluruh anggotanya adalah otaku. Jadi pastinya hobi-hobi yang ada di komunitas ini berhubungan erat dengan hobi-hobi asal negeri sakura Jepang. Membawa nama mirai yang berarti masa depan, mereka mewadahi para otaku Surabaya untuk saling berbagi disana.

Mirai,  diwakili oleh beberapa personilnya, memberikan penjelasan banyak mengenai komunitas mereka ini. Saat Duniaku.net datang, kepengurusan inti dari Mirai  hampir semuanya berada di tempat. Aryo selaku ketua, didampingi oleh Asep sang bendahara, Ito sebagai humasnya, serta perwakilan dari divisi-divisi di Mirai, ada Mario dari divisi game, Ben dari divisi Art and Craft, dan Putri dari divisi Anime and Manga. Sayangnya, divisi J-Music dan Dorama belum  hadir ditempat.

Mungkin bagi Citizen yang berasal dari Surabaya sudah tahu bahwa ada tiga komunitas Jejepangan besar di kota pahlawan. Selain Mirai, ada Kojitsu dan Cosura. Awalnya mungkin agak sedikit bingung membedakan ketiganya. Salah satu hal yang membedakan ketiganya adalah ranah mereka. Kojitsu lebih bergerak pada dunia musik Jepang, Cosura bergerak di dunia cosplay, dan MIRAI bergerak pada otaku stuff. MIRAI sendiri merupakan komunitas termuda dari ketiganya, namun mereka lebih luas dibandingkan ketiganya. Divisi J-Music sendiri di MIRAI tidak sejauh Kojitsu yang lebih spesifik dalam dunia permusikan Jepang.

Berbicara mengenai divisi, salah satu yang cukup menarik perhatian adalah divisi Art and Craft. Pastinya sudah banyak sekali jenis ketrampilan-ketrampilan yang berasal dari Jepang. Divisi ini tentu saja mewadahi anggota-anggota MIRAI yang tertarik untuk mendalami ketrampilan-ketrampilan  tersebut Yang paling awal dapat dengan mudah didalami di divisi ini adalah Papercraft. Lalu ada pembuatan aksesoris-aksesoris cosplay, meskipun tidak terlalu mencolok.

Lalu selanjutnya ada divisi game. Berisi gamer-gamer professional yang juga turun di kompetisi-kompetisi game. Saat Duniaku.net datang, kedua anggotanya baru saja menyelesaikan salah satu kompetisi game online. Ini  memperlihatkan keseriusan mereka dalam menjalani hobi gamenya. Ditambah lagi, Mirai seringkali mengadakan bermain game bersama di tempat langganan mereka. Ini juga merupakan salah satu kegiatan dari divisi ini.

Divisi yang cukup popular adalah divisi Anime and Manga. Pastinya divisi ini tidak lepas dari yang namanya Anime dan Manga. Di divisi ini yang paling menonjol dilakukan para angggotanya adalah saling berbagi koleksi komik dan anime mereka. Ini tentu saja memudahkan para anggota, dengan tidak perlu repot-repot mengunduh, mereka cukup berkumpul dan berbagi bersama. Membahas berbagai macam kelebihan dan kekurangan anime dan manga yang mereka baca juga merupakan salah satu agenda rutin di divisi ini.

Koleksi manga di barak MIRAI

Tidak berbeda banyak dengan divisi Anime and Manga, divisi Dorama juga berisi para penggemar Dorama asal negeri Jepang. Sharing berbagai Dorama dan berbagi cerita seputar Dorama juga merupakan kegiatan rutin divisi ini. Kebanyakan penggemar dorama tentu saja para kaum hawa, namun demikian tidak menutup kemungkinan juga bagi penggemar dari kaum adam. Ini melihat banyak genre yang dibawakan dorama-dorama Jepang tidak sekedar cerita-cerita romantis, namun juga seperti action, supernatural, bahkan kisah yang sedikit ngaco, contohnya Arakawa Under the Bridge, diangkat pula kekisah dorama.

Divisi J-Music juga tidak berbeda jauh. Saling berbagi mengenai musik-musik dan seputar penyanyi-penyanyi Jepang.

Mirai sendiri telah melakukan berbagai macam kegiatan. Seperti mengisi stan-stan di acara bernuansa Jepang, dan yang terbaru adalah menjadi panitia gabungan bersama salah satu komunitasKoreadalam acara JK-Fest. Mirai juga pernah berperan dalam pembuatan animasi, dengan nama proyeknya Animasi Kazoku, dimana para subber-nya merupakan anggota Mirai.

Suasana membaca

Mengedepankan prinsip keterbukaan, saling berbagi merupakan misi utama di Mirai. Selain itu, meskipun dari luar terlihat di dominasi anggota laki-laki, namun faktanya ternyata jumlah anggota perempuan Mirai jauh lebih banyak dari anggota laki-lakinya.