Samsung Galaxy S II Dapatkan Jelly Bean, Galaxy S III Siap Jalankan Multi Window

Samsung Galaxy S II memang sudah lewat masanya. Namun smartphone terbaik tahun 2012 ini masih menjadi pilihan yang worthed dengan banyak opsi untuk ngoprek, aksesoris yang berlimpah, dan kinerjanya yang tidak kalah dibandingkan tipikal smartphone dual-core terbaru lainnya.

Kemudian kita juga mengetahui jika Samsung menyiapkan update software Android 4.1 Jelly Bean yang rencana awalnya dirilis September 2012 lalu. Namun sayangnya rencana meleset. Namun sepertinya tidak lama lagi Galaxy S II bakal mendapatkan update resminya, karena sudah ada bocoran firmware Jelly Bean resmi yang bisa kamu download dan install di Galaxy S II.

Seperti biasa, yang memberi bocoran firmware Galaxy-nya Samsung semacam ini adalah forum  underground XDA Developers. Mereka mengklaim jika firmware resmi yang leak ini sudah mencapai tahapan final dan siap untuk disebarkan ke setiap pengguna Galaxy S II — tentunya yang masih menggunakan firmware resmi. Dan seperti biasa, sebagai sebuah Jelly Bean kamu akan merasakan perbaikan kinerja antar muka begitu besar melalui Project Butter (dengan animasi yang lebih smooth), serta yang kelihatan nyata adalah hadirnya evolusi fitur Google Search yang kini menjadi Google Now.

Antar muka TouchWiz-nya pun dibuat mirip seperti pada Galaxy S III dan Galaxy Note II, hingga efek suara air bloop bloop ketika kamu berinteraksi dengan layarnya pun juga ada di sana. Selain itu, beberapa fitur keren Galaxy S III juga diinjeksikan ke dalamnya, seperti Direct Call, Smart Stay dan Pop-up Play. Detail firmware tersebut sebagai berikut:

Android Version: 4.1.2 – JZO54K (Jelly Bean)
PDA: I9100XXLSJ
CSC: I9100OXXLS1
MODEM: I9100XXLS6
Changelist: 462349
Build Date: 6th November 2012
Download: I9100XXLSJ/I9100OXXLS1/I9100XXLS6 (seperti biasa, kamu bisa mem-flashnya melalui ODIN)

Fitur baru yang bakal kamu dapatkan nantinya:
– Pergerakan antar muka yang lembut dan stabil melalui Project Butter
– TouchWiz Nature UX (seperti pada Galaxy S III dan Galaxy Note II)
– Layanan Cloud Samsung untuk mem-backup data contact, SMS, setting dll
– Direct Call, Smart Stay dan Pop-up Play
– Widget baru dari Galaxy S III
– 2 mode Home Screen (Basic dan Easy)
– Panel notifications baru
– Google Now

Galaxy S II – Android 4.1.2

Firmware Baru Galaxy S III Mendukung Multi Window

Selain bocoran firmware Jelly Bean resmi untuk Galaxy S II, kemarin juga muncul bocoran update firmware Jelly Bean untuk Galaxy S III. Memang Galaxy S III sudah menerima Jelly Bean sejak beberapa waktu lalu, namun banyak user melaporkan kinerjanya yang tidak sebaik Jelly Bean lainnya, terutama Galaxy Note II. Dan semoga saja melalui update firmware baru ini Galaxy S III menerima optimalisasi software serta lebih smooth kinerjanya. Plus yang sudah dirumorkan sebelumnya, dalam update ini juga sudah memasukkan fitur Multi Window ala Galaxy Note II.

Dengan fitur Multi Window tersebut, kamu bisa memanfaatkan layar yang lumayan lega dari Galaxy S III untuk memberi tampilan split-screen, memungkinkan dua aplikasi dijalankan bersamaan. Sebelumnya Samsung menjadwalkan update Multi Window ini meluncur Desember nanti, namun melalui bocoran firmware ini kamu sudah bisa mencobanya. Menurut Sammobile, seperti Galaxy S II di atas, firmware dengan kode I9300XXELK4 ini berjalan dengan baik, dan kamu bisa langsung download dan memflash melalui ODIN — oh ya, firmware tersebut juga sudah pre-ROOTED (enaknya menggunakan Android Samsung, banyak firmware resmi yang sudah dalam kondisi ROOT), jadi kamu bisa langsung meng-install BusyBox untuk mendukungnya, dan mulai menambahkan aplikasi pengakses system seperti Titanium Backup untuk me-restore data. Berikut detail firmware ini:

  • Android 4.1.2 – JZO54K
  • Multi-View (Multi Window Multitasking, seperti pada Galaxy Note II)
  • Page Buddy (otomatis memilih setting home screen seperti pada Galaxy Note II)
  • Notification Panel (shortcut-nya kini bisa dikustomisasi, kamu bebas membuang yang jarang diakses seperti Blocking Mode, All Share Cast atau NFC misalnya)
  • Smart Rotation (ini yang saya sukai, Galaxy S III mampu mendeteksi jika kamu sedang berbaring, dan mendegah layar berputar mengubah orientasi — sayang memanfaatkan kamera depan, jadi harus berada di ruangan yang terang :p )
  • Continues Input dalam Samsung Keyboard (fitur tambahan seperti Swipe atau Android 4.2 Keyboard, dimana kamu tinggal menyapukan jari ke arah setiap huruf untuk mengetik)
  • Paper Artist App (seperti dalam Galaxy Note II)
  • New Gallery App (ini juga keren, karena menu Gallery mendapatkan opsi 3D berputar – putar seperti pada Galaxy Note II — cek di artikel ini deh untuk lebih jelasnya)

Seperti biasa, karena firmware leak, dan juga pre-ROOTED, kamu pun mem-flash melalui ODIN dalam mode DOWNLOAD, maka akan menambah binary counter yang mengakibatkan batalnya masa garansi (walaupun bisa diakali menggunakan aplikasi Triangle Away). Namun jika kamu paham apa yang kamu lakukan, langsung saja download firmware-nya melalui link di bawah!

Android Version: 4.1.2 – JZO54K (Jelly Bean)
PDA: I9300XXELK4
CSC: I9300OJKELK5
MODEM: N/A

Region: Middle East
Carrier: Branded
Changelist: 487742
Build Date: 8th November 2012
Download: I9300XXELK4_I9300OJKELK5_ILO.zip (seperti biasa, kamu bisa mem-flashnya melalui ODIN)

Sumber: XDA Developers, Sammobile (1), (2)


SHARE
Previous articleTonton Launch Trailer ZombiU dan Pelajari Fitur-fitur Gamepad-nya!
Next articleTrailer Perdana The Mortal Instruments: City of Bones
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.