Dunia Kita Menjadi Setting Ingress, Game Augmented Reality Unik Dari Google

Masih ingat dengan Google Glass? Proyek keren Google yang memanfaatkan teknologi augmented reality (AR), menghadirkan “layar kedua” bagi smartphone Android kita. Memang belum terwujud, namun setidaknya ada mainan baru dari Google yang juga tidak jauh dari kata AR. Adalah Ingress, video game AR buatan Niantic Labs di Google yang baru dirilis 15 November kemarin di Google Play Store untuk smartphone Android mulai versi 2.3 Gingerbread.

Sehari kemudian, Niantic Labs dan Google resmi meluncurkannya, setelah selama 6 bulan para pegawai Google melakukan self test sebelum game ini dirilis resmi di Play Store. Walaupun sudah bisa dimainkan, namun tetap masih dalam tahap closed beta, dan kamu bisa langsung men-downloadnya melalui Google Play Store.

Sebelum bisa memainkannya, kamu perlu mendapatkan kode invitation dulu. Untuk me-request kodenya bisa dilakukan melalui website ofisial Ingress di sini: www.ingress.com. Memang kodenya terbatas, dan butuh waktu sebelum kodenya dikirimkan melalui emailmu, namun jika sudah mendapatkannya, langsung saja download dan mainkan.

Dalam game kamu bakal masuk ke lokasi tertentu dan meng-hack portal. Ada dua faction dalam game ini, Enlightened dan Resistance. Latar belakang ceritanya sendiri adalah karena sebuah percobaan ilmiah menjadi kacau dan mengeluarkan exotic matter (XM) di dunia, mengakibatkan terbentuknya portal di obyek – obyek dan lokaso seperti patung, museum dan ruang umum lainnya. Kedua faction kemudian berusaha menguasai portal tersebut, dan menempatkan resonator untuk menghasilkan lebih banyak tenaga. Dan ketika tiga portal saling terhubung, sebuah area khusus bakal terbentuk untuk melindungi di sekeliling portal dari “Shapers”.

Selama memainkannya, kamu harus mengumpulkan unit XM dengan cara berjalan di dunia nyata menggunakan smartphone Android-mu. Demikian dua faction tersebut saling berkompetisi menguasai lebih banyak portal, dan untuk melakukan itu, memaksamu untuk banyak berjalan di area umum dan menemukan portal. Sebenarnya aturan memainkannya simple kok, namun berikut kami berikan sedikit penjelasan.

Enlightenment
Faction yang berusaha membantu Shaper menguasai Bumi. Follower faction ini percaya jika Shaper bakal memberi pencerahan yang kuat dan mengangkat umat manusia.

Resistance
Faction yang mempertahankan Bumi dari ancaman Shaper yang berusaha masuk melalui portal. Oleh orang lain mereka dipandang sebagai pihak yang takut akan perubahan, namun Resistance percaya bahwa mereka justru berusaha melindungi umat manusia.

Bagaimana cara memainkannya?
► Temukan portal terdekat dengan masuk melalui map dari link berikut ini (perlu login, dan kamu sudah mengaktifkan akunmu untuk memainkannya): http://goo.gl/0uE4z
► Pergilah ke portal yang disebutkan di map
► Begitu mencapainya, dan berada pada jarak sekitar 50m dari portal, mulailah meng hack
► Hacking memberimu item seperti key, resonator, XMP dan lebih banyak lagi
► Deploy hingga 8 resonator, tambahkan mod atau link-kan portal
► Lanjutkan ke portal selanjutnya dan ulangi langkah tersebut

Membuat lebih banyak portal?
Ada cara membuat portalmu sendiri.
► Aktifkan GPS pada aplikasi kameramu (biasanya ini untuk fasilitas Geotag foto)
► Ambil gambar dengan aplikasi kameramu
► Gunakan opsi share dan share-kan dengan NIA Super OP
► Demikian kamu bakal mengirim email ke NIA Super OP untuk me-review gambar yang kamu ambil sebelumnya.

Jika gambar/foto yang kamu ambil tersebut memenuhi kriteria untuk menjadi portal, maka itu akan ditambahkan ke dalam game dalam waktu 2-3 minggu. Masuk ke link berikut untuk lebih jelasnya mengenai submit portal baru. http://goo.gl/xSpm3

Passcode rahasia
Masukkan kode berikut untuk menukarkannya dengan XM, item dan AP

  • Ingress Analysis File # 3ra8jarvisq3s9
  • Ingress Analysis File # 9uc8epiphanyx2y9y
  • Ingress Analysis File # 8qb2coverups5y5x
  • Ingress Analysis File # 9vh3higgsz7r7x
  • Ingress Analysis File # 8wg2portalp9t2w
  • Ingress Analysis File # 9rh7pandoraz7y8q
  • Ingress Analysis File # 9yf9creativer5v7u

Dan ketika kamu menjumpai portal yang bermusuhan, kamu bisa menyerangnya dengan XMP (bomb) sehingga kamu bisa meng-hack-nya kemudian untuk mengambil alihnya.

Untuk dukungan lain bisa langsung masuk ke support page developernya di sini: http://goo.gl/YxJFB
Official Website: www.ingress.com (dimana kamu bisa me-request code!)
Dan jika kamu ingin berganti faction, masuk ke link ini: http://goo.gl/qpTML
Dan masuk ke Google Play Store untuk mendownload-nya: Ingress

Ingress – It’s time to Move.


SHARE
Previous articleVideo Pertarungan Thor Vs. Malekith The Accursed
Next articleDua Tv Spot Terbaru Jack Reacher dari Paramount Pictures
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.