Tips & Trick: Cara Mainkan Game Wii U Lewat SD Card

Apakah kamu memiliki SD Card nganggur yang tidak lagi kamu gunakan? Jika ya, cara mudah dan sederhana berikut ini bisa mengubah SD Card mu tersebut menjadi media penyimpanan eksternal untuk Wii U.

Nintendo selama ini sudah mengatakan bahwa kamu tidak bisa memainkan game Wii U lewat SD Card, melainkan harus lewat HDD internal atau eksternal. Dan memang, jika kamu memindahkan game ke SD Card, dan kemudian memasukkan SD Card tersebut ke slot yang tersedia di Wii U, game yang ada di SD Card tidak akan terbaca dan tidak bisa dimainkan. Tapi ada cara mudah untuk membuat game yang ada di SD Card bisa dimainkan. Untuk bisa menggunakan cara ini kamu harus memiliki USB Card Reader terlebih dahulu. Harganya tidak mahal kok, yang dibawah 50.000 juga ada. Setelah itu tinggal masukkan SD Card ke USB Card Reader, dan masukkan Card Reader ke slot USB dari Wii U. Presto, Wii U mu otomatis akan menganggap SD Card mu sebagai media penyimpanan external. Tapi ingat, walaupun cara ini mudah dan relatif murah, Nintendo tidak menganjurkan menggunakan cara ini untuk menyimpan data, jadi kalau terjadi error, resiko terpaksa kamu tanggung sendiri. Dan ada kemungkinan kamu akan sering mengalami error 150-1093, seperti yang sudah kami tulis di artikel ini. Berikut ini adalah video tutorial yang menunjukkan bagaimana tips & trick ini bisa dilakukan.

Share this article

TENTANG PENULIS
shin

Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.