Samsung Dirumorkan Menyiapkan Galaxy S IV, Menghadang Langkah iPhone 6

Samsung Galaxy S III sudah beredar di pasaran sejak akhir Mei 2012 lalu, dan saat ini masih menjalani masa keemasannya karena penjualan yang terus meningkat. Telah terjual 20 juta unit dalam 3 bulan juga membuktikan posisinya sebagai flagship yang diminati. Namun yang mengejutkan, kabar yang pertama kali berhembus September 2012 lalu pasca iPhone 5 dirilis ternyata makin santer terdengar, bahwa Samsung segera menyiapkan penerusnya, Galaxy S IV.

Kabar ini sejalan dengan rencana Samsung yang mulai memproduksi masal layar dengan ukuran 4.99-inchi dan resolusi full HD 1920×1080-pixel dengan kerapatan 441-ppi. Menjadi salah satu indikator lain, bahwa trend smartphone berlayar 5-inchi bakal makin mendekati kenyataan selama tahun depan. Kemudian awalnya juga sempat disebutkan jika Samsung bakal mengkonfirmasikan Galaxy S IV ini pada Februari 2012 atau selama event Mobile World Congress 2013, dan diluncurkan Maret – Mei 2013 mendatang. Hmmm, jika benar demikian, itu hanya sembilan bulan sejak Galaxy S III dirilis, dan artinya masa hidup flagship Samsung di tahun 2012 tersebut makin pendek. Prediksi alasan Samsung memutuskan merilisnya lebih awal adalah untuk memberi Galaxy S IV waktu yang lebih panjang menikmati masa jual sebelum iPhone 6 muncul.

Kemudian rumornya, Galaxy S IV ini bakal datang dengan layar yang lebih besar, kemungkinan Super Amoled 4.99-inchi dengan resolusi full HD. Kemudian panel AMOLED-nya dipercaya juga sangat tipis dengan konsumsi daya yang sanat rendah  dan tingkat kontras serta refresh yang tinggi. Kerapatan pixel 441-ppi pun menjadi targetnya, sehingga mendekati kerapatan pixel yang setara mata manusia, yaitu 477-ppi. Oh ya, jatah RAM 2GB pun menjadi standar. Dan beberapa spekulasi spesifikasinya yang sudah kami gali antara lain:

  • Menggunakan chipset Adonis Exynos 5450 Series
  • Prosesor Cortex-A15
  • Kecepatan tiap core 2GHz
  • Kamera 13-megapixel
  • Layar 4.99-inch Full HD (1080×1920-pixel)
  • Baterai 2500mAh
  • Android 4.2/x
  • Bluetooth, NFC, Wi-Fi
  • microUSB (OTG enabled)
  • Ketebalan kurang dari 8mm
  • Berat sekitar 125g

Kemudian gambar yang kami pasang di artikel ini, semuanya sekadar mockup desain saja, namun siapa tahu nantinya mendekati desain final Galaxy S IV. Oh ya, satu hal lagi, seakan tidak mau kalah dengan Samsung, sebenarnya dari awal November 2012 lalu juga sudah muncul rumor bahwa Apple sedang menyiapkan peneris iPhone 5, yang bakal disebut iPhone 5S dengan rencana rilis juga pertengahan 2013. Hmmm, jadi makin singkat saja ya masa pakai gadget dan usia inovasi teknologi dewasa ini.


SHARE
Previous articleSamsung N7102 Galaxy Note II Dual-on Khusus Pasar China
Next articleResident Evil: Revelations Untuk PS3 dan Xbox 360 Dibocorkan Badan Rating Korea
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.