BlackBerry 10 Menunjukkan Respon Positif, Diluncurkan Serentak 30 Januari 2013

Samsung memimpin market share smartphone dunia pertengahan 2012 lalu dengan porsi 32% (dengan Android menyumbang jatah terbesar), diikuti Apple serta iOS-nya dengan jatah 15.5%. Namun keadaan berbeda dengan RIM, yang terus turun dari 19.4% pada 2009 kini menjadi hanya 4.2% saja as of kuartal ketiga 2012. Tiga tahun lalu RIM masih berkuasa menguasai lebih dari 50%. Namun melihat kenyataan saat ini, sebagian besar porsi RIM berpindah ke Android. Serta tidak ada yang bisa memprediksi apakah harapan baru RIM melalui BlackBerry 10 yang beberapa kali tertunda perilisan dan perkembangannya, mampu memperbaiki keadaan.

Namun tampaknya ada secercah harapan bagi RIM. Seperti yang kami ulas sebelumnya di sini, sistem operasi BlackBerry 10 tersebut memberi banyak perubahan dam lebih terfokus pada pengendalian touchscreen. Selain itu, pasca konfirmasi bahwa RIM memastikan event mereka bakal digelar 30 Januari 2013 mendatang mengungkap semua mengenak OS tersebut, dan juga dua BlackBerry ber-OS 10 juga dikonfirmasikan, membuat sahar RIM di bursa Toronto melejit sebesar 17,3%. Saham RIM menembus angka 12 dolar Kanada, kenaikan terbesar sejak bulan Mei 2012 lalu — walaupun masih jauh dari prestasi mereka pada tahun 2008 lalu yang mencapai 148 dolar. Sepertinya kenaikan ini dipicu prediksi analis yang bagus  menjelang peluncuran smartphone BlackBerry 10.

Informasi lainnya, event tersebut bakal berlangsung tidak di satu tempat saja. Namun peluncuran BlackBerry 10 bakal dilakukan di beberapa negara dan tempat secara bersamaan. Sayang detail negaranya masih belum diungkapkan. Namun jika melihat populasi BlackBerry di Indonesia yang sangat besar, bisa jadi salah satu lokasi peluncurannya dilakukan di Indonesia. Kamu yang belum mengenal BlackBerry 10, bisa membuka kembali artikel kami sebelumnya untuk mengetahui beberapa fitur seperti BlackBerry Flow, Hub dan Keyboard-nya. Dua fitur pertama tersebut menjadi bagian antar muka barunya yang menawarkan navigasi menyatu antara semua aplikasi yang terbuka, sedangkan Keyboard-nya sendiri diklaim bisa beradaptasi dengan bagaimana kemu menulis dan mengetik sehingga kamu bisa menulis lebih cepat dan akurat.

Sedangkan untuk dua smartphone yang bakal mereka kenalkan, kami menduga satu diantaranya berlayar sentuh dengan resolusi layar 1280×768-pixel, dan yang kedua menggunakan kombinasi keyboard QWERTY/layar sentuh dengan resolusi layar 720×720-pixel. Yah, semoga saja dua wakil pertamanya tersebut mampu membuat para pengguna smartphone yang tidak hanya menggunakan smartphone mereka untuk melakukan komunikasi BBM, bisa berpaling dan mencoba antar muka baru BlackBerry 10. Selain itu, jika RIM memang ingin meraih kembali pangsa pasar mereka yang hilang, bisa mulai menarget dan mengambil pasar Microsoft dengan Windows Phone, yang sampai saat ini pun masih menjadi underdog di kancah percaturan smartphone dunia. Walaupun Windows Phone 8 mereka pun menawarkan banyak kelebihan — yah, setidaknya setelah ekosistem Windows-nya terbentuk, Windows Phone 8 masih bisa mudah “diserang.”

Let’s hope the best untuk RIM dan BlackBerry deh… oh ya, berikut ada video terbaru peragaan BlackBerry 10 oleh Regional Senior Product Manager RIM, Claudio Roselli. Kamu bisa melihat beberapa bagian OS BlackBerry 10 melalui video tersebut. Bagaimana menurut kalian Citizen, apakah OS baru BlackBerry tersebut mampu sedikit mencuri pasar yang sudah dikuasai Android, iOS atau mungkin Windows Phone?

BlackBerry 10 Demo 10 Menit


SHARE
Previous articleVersi Mini The Hobbit: An Unexpected Journey
Next articleIndonesia Menjadi Target Terbaru Pemetaan Google Street View
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.